Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER 2. STANDAR KOMPETENSI Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER 2. STANDAR KOMPETENSI Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan."— Transcript presentasi:

1 BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER 2

2 STANDAR KOMPETENSI Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon

3 KOMPETENSI DASAR 6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan INDIKATOR : 1. Siswa dapat memahami pengertian menyampaikan pesan. 2. Siswa dapat menerima telepon dengan sopan. 3. Siswa dapat memahami langkah-langkah menyampaikan pesan dengan benar. 4. Siswa dapat mampu menyampaikan pesan sesuai isi pesan secara lengkap.

4 URAIAN MATERI PPPPengertian menyampaikan pesan melalui telepon EEEEtika Bertelepon LLLLangkah-langkah menyampaikan pesan yang didengar melalui telepon MMMMenyampaikan pesan yang didengar melalui telepon

5 Kamu pasti pernah menerima telpon dari orang lain, baik melalui telpon umum atau pribadi. Biasanya orang menelepon karena ada keperluan tertentu, keperluan inilah yan biasanya kita sebut dengan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh si penelepon. Pesan atau informasi inilah yang harus kita ingat untuk diri kita sendiri ataukah akan kita sampaikan ke orang lain. Untuk lebih jelas, coba kita perhatikan percakapan dalam telepon berikut ini. MATERI I BERTELEPON

6 Percakapan dalam telepon antara Safhira dan Kak Nadia Kak Nadia : “Halo, Assalamualaikum.” Safhira : “ Halo, Wa’alaikum Salam.” Kak Nadia : “ Selamat siang. Apakah saya bisa bicara dengan Santi?” Shafira : “ Kak Santi belum pulang. Maaf, saya bicara dengan siapa? Kak Nadia : “ Saya Nadia, teman kuliah Santi.” Shafira : “ Oh…..Kak Nadia! Ini Jeni, Kak. Ada pesan apa untuk Kak Santi?” Kak Nadia : “ Jeni, tolong sampaikan Kak Santi besok siang jam WIB. akan ada rapat panitia penerimaan siswa baru di kampus. Dia diharapkan datang sebelum jam tersebut. Jangan lupa sampaikan Kak Santi Ya.” Shafira : “ Baik, Kak Nadia, nanti Shafira sampaikan.” Kak Nadia : “Terimakasi. Wassalamualaikum.” Shafira : “ Sama-sama kak. Wa’alaikum salam. Dari contoh percakapan di atas kita, Shafira diminta Kak Nadia untuk menyampaikan pesan pada Kakaknya bahwa kakaknya, Santi, harus menghadiri Rapat Penerimaan Siswa Baru di kampusnya pukul WIB pada keesokan harinya dan kakaknya diharapkan datang sebelum jam tersebut.

7 MATERI II ETIKA BERTELEPON Hal-hal lain yang yang penting dalam berkomunikasi melalui telepon adalah: 1. Memberikan perhatian sepenuhnya dalam keadan apapun dan berbicara dengan sopan serta ramah 2. Menyediakan alat untuk mencatat seandainya ada yang harus dicatat 3. Menyebutkan identitas diri, “Selamat pagi, di sini keluarga Yudi”. 4. Menyebutkan nama penelepon yang telah menyebutkan identitasnya, misalnya, “Oh tante Nurul. Apa kabar?” 5. Menanyakan maksud penelepon dengan sopan. Contoh:” Maaf, saya belu maaf maksud bapak.” 6. Menjawab setiap pertanyaan dengan santun, seperti: Terimakasih, Pak”. 7. Mengusahakan tidak menutup pembicaraan terlebih dahulu sebelumpenelepon menyudahi pembicaraan. Dalam menerima telepon ada beberapa etika yang harus diperhatikan, yaitu: 1. Gunakan Bahasa yang efektif dan santun 2. Perhatikan siapa yang diajak bicara dan gunakan sapaan yang sesuai 3. Isi percakapan sebaiknya singkat dan jelas 4. Akhiri percakapan dengan salam penutup 5. Hindari pemakaian kata yang tidak perlu

8 MATERI III LANGKAH – LANGKAH MENYAMPAIKAN PESAN MELALUI TELEPON 1.Dengarkan pesan yang disampaikan penelepon dengan seksama 2.Ingat-ingatlah pesan tersebut dengan baik 3.Buatlah catatan-catatan kecil jika diperlukan 4.Sampaikan pesan sesuai dengan isi pesan yang disampaikan oleh si Penelepon secara lengkap

9 MATERI IV Menyampaikan Pesan yang lengkap sesuai dengan isi pesan yang di dengar Pesan yang lengkap harus mencangkup:  Isi pesan  Disebutkannya sumber pesan  Dijelaskannya waktu/ tempat penerimaan pesan Tuti : ”Halo, selamat pagi.” Ayah Andri : ”Selamat pagi.” Tuti : ”Apakah benar ini rumah Andri?” Ayah Andri : ”Benar, ini siapa?” Tuti : ”Saya Tuti, teman sekolah Andri.” Ayah Andri : ”O, Tuti. Saya ayahnya. Tuti : ”Apa Andri ada, Pak?” Ayah Andri : ”Sedang ke toko kue. Ada yang dapat Bapak bantu?” Tuti : ”Terima kasih, Pak. Kalau begitu, titip pesan buat Andri.” Ayah Andri : ”Boleh, pesannya apa?” Tuti : ”Andri ditunggu di rumah Kiki pukul 11 siang, akan ada latihan main drama.” Ayah Andri : ”Baiklah, nanti Bapak sampaikan pesannya.” Tuti : ”Terima kasih, Pak. Selamat pagi!” Perhatikan baik-baik percakapan dalam telepon berikut.

10 TUGAS SISWA Berdasarkan percakapan di atas, coba kerjakan pertanyaan berikut ini! 1. Tuti menelepon siapa? 2.Apa tujuan Tuti menelepon? 3.Apa pesan yang disampaikan Tuti? 4.Kepada siapa Tuti meninggalkan pesan ? 5.Mengapa Tuti meninggalkan pesan?

11 TUGAS TERSTRUKTUR 1. Bergabunglah dengan teman sebangkumu. 2. Buatlah percakapan dalam telepon. 3. Percakapan terjadi di siang hari. 4. Isi percakapannya adalah tentang rencana kamu dan temanmu pergi ke toko buku. 5. Dia mengajakmu ikut ke toko buku. Ketika tiba waktunya, tiba-tiba kamu tidak dapat ikut karena ada saudaramu yang sakit. Kamumemberi pesan kepada temanmu agar dia mau mencarikan majalahanak terbitan terbaru. 6. Gunakanlah bahasa yang jelas dan santun.

12 UJI KOMPETENSI 1.Halo, bisa bicara dengan Sigit?” Kutipan kalimat tersebut merupakan percakapan melalui.... a. surat b. telepon c. radio d. televisi 2. Jika terjadi salah sambung ketikamenerima telepon, sebaiknya kamu mengucapkan.... a. Salah sambung, nih! b. Eh, siapa ya? c. Maaf, salah sambung. d. Lihat-lihat, dong kalau mau menelepon 3(1) angkat gagang telepon (2) masukkan koin (3) ucapkan salam penutup (4) ucapkan salam pembuka (5) berbicara seperlunya (6) tunggu nada panggil (7) tekan nomor yang dituju.

13 Urutan cara pengguna telepon umum tersebut adalah.... a. (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7) b. (1), (3), (2), (4), (5), (6), (7) c. (1), (2), (4), (3), (5), (6), (7) d. (1), (2), (7), (6), (4), (5), (3) 4.Ciri penyampaikan pesan yang lengkap harus ada……. a. Waktu dan tempat penerimaan pesan b. Hubungan si penelepon dan si penerima telepon c. Pendapat kita tentang isi telepon d. Menyebutkan siapa yang memberi pesan 5.Kalimat percakapan biasanya ditandai dengan tanda baca….. a. ! b. : c. ? d., Percakapan berikut ini untuk pertanyaan nomor Ibu : Tita... Tita... Tita : Ya, Bu. Ibu : Apa ayah sudah telepon? Tita : Sudah, Bu. Ibu : Ayah bilang apa Tita ? Tita : Pesan ayah, Ibu diminta untuk masak nasi dan lauk yang banyak. Karena, nanti sore Om Arman sekeluarga mau datang.

14 Ibu : O, ya! Baiklah.Tapi Tita membantu Ibu, ya! Tita : Itu pasti, Bu! Tadi ayah juga bilang begitu. Ibu : Kamu memang anak manis,terima kasih, sayang. Tita : Sama-sama, Bu. 6.Siapa yang berbicara dengan ayah ditelepon? a.Ayah c. Ibu b. Tuti d. Tita 7.Pesan yang ayah sampaikan ditujukan kepada…. a.Ibu c. Kakak b.Tita d. Adik 8.Apa pesan ayah? a.Supaya ibu ke kantor c. Meminta ibu untuk memasak yang banyak b.Meminta Tita untuk membantu ib d. Memberi tahu kalau ayah akan pulang terlambat 9.Kapan Om Arman akan datang? a.Tadi pagi b. Nanti sore b.Besok pagi d. Besok pagi 10.Bagaimana cara Tita menyampaikan pesan ayah kepada ibunya? a.Mengatakan langsung pada ibunya b. Melalui telepon kembali b.Melalui SMS d. Melalui Surat

15 Kunci jawaban 1. B 2. C 3. D 4. D 5. D 6. D 7. A 8. C 9. B 10. A SKOR PENILAIAN : JUMLAH NILAI BENAR * 1 = 10


Download ppt "BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER 2. STANDAR KOMPETENSI Berbicara Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google