Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ENDANG WERDININGSIH, 4101407001 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN TPS PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ENDANG WERDININGSIH, 4101407001 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN TPS PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII."— Transcript presentasi:

1 ENDANG WERDININGSIH, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN TPS PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ENDANG WERDININGSIH - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - werdi_27 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Moch Chotim, MS - PEMBIMBING 2 : Drs. Suhito, M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN TPS PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII

4 Abstrak Hasil belajar peserta didik dalam bidang geometri cukup memprihatinkan. Banyak peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Semarang yang belum bisa memahami konsep-konsep geometri dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan geometri. Disamping itu, pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung monoton, sehinggga dapat mengurangi motivasi peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan penerapan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, yaitu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan TPS (Think Pairs Share). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan TPS pada materi pokok segiempat kelas VII. Sehingga, dari hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi pokok segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Semarang. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan TPS sama-sama mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Akan tetapi, proporsi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih dari proporsi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dengan model TPS. Pada pembelajaran dengan model CIRC peserta didik terlihat lebih aktif dan interaksi antar anggota kelompok dapat terjadi dengan baik, sehingga mereka mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Sedangkan pada pembelajaran TPS, peserta didik cenderung kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan interaksi antar anggota kelompok masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih efektif dari pada pembelajaran kooperatif tipe TPS, oleh karena itu guru matematika di SMP Negeri 30 Semarang hendaknya mencoba menerapkan model pembelajaran CIRC pada materi pokok segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

5 Kata Kunci CIRC, TPS, Materi Pokok Segiempat.

6 Referensi Ali, Lukman Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Anni, Chatarina Tri Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press. Arifin, Zainal Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Babay,R, dkk The Effect of Intervention on Accuracy of Students’ Responses and Reaction Times to Geometry Problems. International Journal of Science and Mathematics Education, 8: Burrill, dkk Merrill Geometry Applications and Connections.New York: Glencoe. Clemens, S.R Geometry with Applications and Problem Solving. Canada: Addison-Wesley Publising Company. Ibrahim, Muslimin, dkk Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press. Isjoni Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jihad, Asep Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo. Mulyati, S Representasi: Cara Menguasai Konsep, Definisi, dan Teorema Dalam Geometri. Dalam Jurnal Matematika atau Pembelajarannya no. 2 Tahun VI agustus 2000 hal Nuharini, Dewi Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Rahim, U Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Melalui Pendekatan Struktural Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VIII Smpn 4 Kendari. Available at PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA.pdf. Solihati Keefektifan pembelajaran TPS (Think Pair Share) berbantuan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Semarang pada materi pokok segiempat tahun pelajaran 2008/2009.Skripsi. Unnes:Tidak dipublikasikan. Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Suherman, Erman Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Skripsi. Bandung: JICA Sunardi Representasi: hubungan tingkat berpikir siswa dalam geometri dengan kemampuan siswa dalam geometri. Dalam jurnal Matematika Jurnal Matematika atau pembelajarannya No. 2 Tahun VI Agustus Hal Suyatno Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka. Trianto Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

7 Terima Kasih


Download ppt "ENDANG WERDININGSIH, 4101407001 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN TPS PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google