Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION Konsep perencanaan marketing komunikasi yang melibatkan semua bentuk komunikasi untuk mempengaruhi konsumen sehingga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION Konsep perencanaan marketing komunikasi yang melibatkan semua bentuk komunikasi untuk mempengaruhi konsumen sehingga."— Transcript presentasi:

1

2

3 INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION Konsep perencanaan marketing komunikasi yang melibatkan semua bentuk komunikasi untuk mempengaruhi konsumen sehingga bisa mendapatkan efek komunikasi jauh lebih besar.

4 Komunikasi Organisasi Komunikasi Kelompok Komunikasi Intra Persona Komunikasi Antar Persona Komunikasi Publik Komunikasi Massa Komunikasi Antar Budaya

5 1. KOMUNIKASI BISNIS 2. KOMUNIKASI PEMBANGUNAN 3. KOMUNIKASI POLITIK 4. KOMUNIKASI PENDIDIKAN 5. KOMUNIKASI SOSIAL 6. KOMUNIKASI INTERNASIONAL 7. KOMUNIKASI KELUARGA 8. KOMUNIKASI KESEHATAN 9. KOMUNIKASI TRADISIONAL 10. KOMUNIKASI HUKUM 11. DLL. FENOMENA KOMUNIKASI

6 1. Variable of Communication

7 KOMUNIKASI Komunikasi adalah proses berbagi makna secara berkesinambungan dan dinamis di antara pelaku-pelaku komunikasi melalui lambang-lambang verbal maupun nonverbal, bermedia ataupun tidak, dimana masing-masing pihak dapat saling memberikan pengaruh secara timbal balik.

8 Pengirim (source, sender, encoder, communicator, who) Penerima (receiver, audience, decoder, destination) Pesan (message, speech, says what) Saluran (channel, media) Konteks (context, setting) Umpan balik (feedback) Gangguan (noise) Hasil akhir (effect) Variabel-Variabel Komunikasi

9 VARIABEL SOURCE/KOMUNIKATOR (Dalam Komunikasi Pemasaran Terpadu) A. Kredibilitas (Credibility)  Keahlian (Expertness)  Dapat Dipercaya (Trustworthiness)  Keamanan (Safety)  Dinamisme (Dynamism)  Keterbukaan (Extroversion)  Ketenangan (Poise)  Koorientasi (Coorientation)  Sosiabilitas (Sociability)  Karisma (Charisma)  Sungguh-Sungguh (Seriousness) Ethos Komunikator KredibilitasAtraksi Kekuasaan

10 C. Kekuasaan (Power)  Informational Power  Reward Power  Coersive Power  Referent Power  Legitimate Power  Expert Power  Daya tarik fisik (Physical Attractiveness)  Kesamaan (Similarity)  Ganjaran (Reward)  Kemampuan (Competence)  Akrab/Dikenal (Familiarity)  Kedekatan (Proximity)  Keramahan (Friendship)  Sederhana (Moderation) B. Atraksi (Attractiveness)

11 VARIABEL RECEIVER (Dalam Komunikasi Pemasaran) A. Demographic Variables - Usia (Age) - Seks/Jenis Kelamin (Sex) - Agama (Religious) - Ras (Race) - Pendidikan (Education) - Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya (Politic), (Economy), (Social), (Culture) B. Personality Variables - Harga diri (Self Esteem) - Kegelisahan (Anxiety) - Kepercayaan (Dogmatism) - Punya Kekuatan(Authoritarianism) - Prejudis (Machiavellianism) C. Prior Commitment - Mendukung (Support) - Menghalangi (Hinder)

12 III

13 PEMASARAN (MARKETING) Kegiatan mendistribusikan produk dari para produsen pembuatnya ke para konsumen pemakainya meliputi tahapan dimulai dari penciptaan produk hingga ke pelayanan purna jual setelah transaksi penjualan itu sendiri terjadi.

14 BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) Product (4P) PlacePricePromotion (+ Power)

15 Unsur-Unsur Komunikasi Pemasaran (Bauran Promosi) 1.Periklanan (Advertising) 2.Promosi Penjualan (Sales Promotion) 3.Hubungan Masyarakat (Public Relations) 4.Publisitas (Publicity) 5.Referensi dari Mulut ke Mulut (Word of Mouth) 6.Penjualan Pribadi (Personal Selling) 7.Pemasaran Langsung (Direct Marketing) 8.Pensponsoran (Sponsorships) 9.Pameran (Exhibitions) 10.Identitas Perusahaan (Corporate Identity) 11.Pengemasan (Packaging) 12.Merchandising

16 The relation of the communications mix to the marketing mix Selling Advertising Sales promotion Direct marketing Publicity Sponsorship Exhibitions Corporate identity Packaging Point-of-sale and merchandising Word of mouth The communication mix (the promotion mix) Product Place Price Promotion The marketing mix

17 Gambar : Proses Pertukaran Agensi Periklanan Televisi: Tayangan Program dan Komersial Penerbit Perhatian, dukungan, berpotensi untuk membeli, dll Hiburan, kenikmatan, Informasi produk, dll Kesempatan menempatkan iklan pada program TV Rp. 20 juta BukuRp 9 Juta Rp. 17 juta Pemaparan produk di Media Massa Orang

18 IV

19 The Concepts of Marketing Communication

20 Semua bentuk komunikasi yang dipakai organisasi untuk menginformasikan suatu produk dan mempengaruhi tingkah laku membeli dari konsumen dan pelanggan yang sudah ada. KONSEP KOMUNIKASI PEMASARAN Komunikasi yang dirancang untuk memberitahu konsumen dan pelanggan mengenai manfaat dan nilai produk yang ditawarkan. Proses komunikasi yang dirancang dimulai dari “tahap sebelum penjualan, tahap penjualan, tahap pemakaian, dan tahap setelah pemakaian”.

21 KONSEP KOMUNIKASI PEMASARAN Program komunikasi yang dirancang untuk segmen, celah pasar, bahkan individu tertentu. Karena setiap konsumen dan pelanggan mempunyai karakter berbeda-beda. Komunikasi dirancang bukan hanya untuk “Bagaimana kita dapat menjangkau konsumen/pelanggan” akan tetapi juga “Bagaimana kita dapat menemukan cara yang memungkinkan para konsumen dan pelanggan kita dapat mencapai kita”.

22 Soemanagara 1. Merupakan aplikasi komunikasi yang ditujukan untuk membantu kegiatan pemasaran sebuah perusahaan. Aplikasi tersebut sangat dipengaruhi oleh berbagai bentuk media yang digunakan, daya tarik pesan, dan frekuensi penyajian.

23 Soemanagara 2. Kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen dan pelanggan dengan menggunakan sejumlah media dan berbagai saluran yang dapat dipergunakan dengan harapan terjadinya tiga tahapan perubahan, yaitu: perubahan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang dikehendaki.

24 Soemanagara 3. Kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang ditujukan untuk memberikan informasi kepada orang banyak dengan harapan agar tujuan perusahaan tercapai, yaitu terjadinya peningkatan pendapatan (laba) sebagai hasil penembahan penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.

25 The Essences of Marketing Communication

26 Strategi Komunikasi Perencanaan strategi marketing communication meliputi sejumlah strategi pesan dan visual, yang secara bertahap mengikuti alur perubahan dan perubahan tersebut harus diukur secara tepat melalui riset komunikasi pemasaran (marketing communication research).

27 Segmentasi Potensial Segmentasi memiliki ciri khusus yang dibatasi oleh: usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan batasan geografis. Segmentasi potensial adalah segmen yang memiliki demand. Kesalahan penetapan segmentasi potensial dapat berakibat terhadap penghamburan biaya promosi dan waktu yang sia-sia.

28 Perencanaan Media Pemilihan media dihubungkan dengan berapa besar biaya yang harus disiapkan berbanding dengan jumlah raihan. Hal tersebut dilakukan melalui penelitian media/riset media. Hasil riset dapat dijadikan input untuk membantu menetapkan kapan sebuah iklan diekspos (exposure), berapa lama (duration) waktu ekspos, dan berapa kali (frequency) iklan harus diekspos. Pada media luar ruangan (outdoor promotion) pemilihan lokasi yang tepat, ukuran, dan bentuk menjadi pertimbangan penting selain faktor pesan dan visual.

29 Kreatif Pesan dan Visual Pada media massa seperti media televisi, efek suara (sound effect), efek visual (visual effect), dan isi cerita (scenario), harus dirancang secara kreatif sehingga memiliki tingkat diferensiasi yang tinggi.

30 Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan Agar produk tidak gagal di pasar, maka strategi promosi harus dijaga secara terus menerus, dan strategi ini tentu akan berpengaruh terhadap penetapan belanja iklan dalam jangka menengah dan panjang.

31 Riset Komunikasi Pemasaran Riset tentang Ad. Likebility Riset tentang Media Effectiveness Riset tentang Sikap dan Perilaku Konsumen Riset tentang kompetitor (Marketing Communication Intelligence)

32 V

33 INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION Proses pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program komunikasi persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan.

34 TUJUAN IMC Mempengaruhi atau memberikan efek langsung kepada perilaku khalayak sasaran yang dimilikinya.

35 CIRI-CIRI UTAMA IMC 1.Mempengaruhi perilaku 2.Berawal dari pelanggan dan calon pelanggan (prospect) 3.Menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan ‘kontak’ 4.Berusaha menciptakan sinergi 5.Menjalin hubungan

36 Perubahan dalam Praktik Komunikasi Pemasaran 1.Mengurangi ketergantungan pada iklan di media massa 2.Meningkatkan kepercayaan pada metode komunikasi yang highly-targeted 3.Tingkat permintaan yang lebih tinggi akan supplier komunikasi pemasaran 4.Berbagai upaya untuk mengukur pengembalian modal (return on investment) dalam komunikasi

37 To Create Integrated Marketing Plan PelangganMerek Positioning Kelompok Sasaran Pesan-pesan Matriks Perencanaan Strategi Kampanye Promosi Pelaksanaan Peninjauan Kembali dan Perbaikan


Download ppt "INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION Konsep perencanaan marketing komunikasi yang melibatkan semua bentuk komunikasi untuk mempengaruhi konsumen sehingga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google