Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EDGE GENERASI SELANJUTNYA UNTUK LAYANAN DATA KECEPATAN TINGGI BAGI PELANGGAN SISTEM SELULER GSM Chandra Aan S M3304005 Teknik Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EDGE GENERASI SELANJUTNYA UNTUK LAYANAN DATA KECEPATAN TINGGI BAGI PELANGGAN SISTEM SELULER GSM Chandra Aan S M3304005 Teknik Komputer."— Transcript presentasi:

1 EDGE GENERASI SELANJUTNYA UNTUK LAYANAN DATA KECEPATAN TINGGI BAGI PELANGGAN SISTEM SELULER GSM Chandra Aan S M Teknik Komputer

2 Pengertian EDGE Enhanced Data rate for Global Evolution (EDGE) merupakan pengembangan dari jaringan GSM yang didesain untuk membagi sumber daya kanal radio secara dinamis antara layanan packet service dengan layanan circuit switch GSM EDGE memberikan akses data rate mencapai kbps, 3 kali jika dibandingkan generasi sebelumnya (GPRS) dalam hal pengirimkan data secara paket.

3 Arsitektur EDGE

4 Struktur Frame EDGE Alokasi dedicated timeslot EDGE (tipe ini digunakan oleh vendor nokia), yaitu menempatkan timeslot dedicated EDGE yang khusus untuk data dan common atau default timeslot yang dapat digunakan baik untuk suara atau data dimana jumlahnya lebih besar daripada timeslot dedicated, sedangkan jumlah timeslot dedicated tergantung aplikasi dari operator.

5 Sharing/interleaving timeslot EDGE dan GPRS yaitu menempatkan timeslot khusus untuk dipergunakan oleh EDGE dan GPRS. Apabila pada saat timeslot tersebut dipakai oleh EDGE dan ingin digunakan juga oleh GPRS maka akan terjadi sharing penggunaan timeslot.

6 Modulation Coding Scheme EGPRS/EDGE memperkenalkan sembilan macam MCS, yaitu MCS-1 sampai MCS-9 : SchemeModulation Maksimum Throughput per timeslot (kbps) MCS-98-PSK59.2 MCS-88-PSK54.4 MCS-78-PSK44.8 MCS-68-PSK29.6 MCS-58-PSK22.4 MCS-4GMSK17.6 MCS-3GMSK14.8 MCS-2GMSK11.2 MCS-1GMSK8.8

7 Link Adaptation Mekanisme LA EDGE hampir sama dengan LA GPRS yaitu berdasarkan kualitas link yang dideteksi sepanjang waktu. Keputusan LA didasarkan pada laporan pengukuran kanal oleh MS untuk downlink dan BTS untuk uplink. Kondisi radio dalam hal ini harga CIR menentukan coding scheme yang tepat untuk digunakan. Berbeda dengan GPRS, penggunaan MCS pada EDGE dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi radionya atau dengan kata lain MCS dapat beradaptasi sesuai kualitas linknya. Sistem ini dibuat untuk mengatasi masalah pada GPRS. Increamental Redudancy IR adalah mekanisme pengiriman data pada Air interface yang berulang-ulang sampai data dapat didecodekan dengan benar. IR bertujuan untuk mengkoreksi error, sehingga bisa meminimalkan kesalahan dan data yang dikirimkan agar bisa cepat sampai.

8 Parameter Kualitas Jaringan Carrier to Interfernce Ratio (CIR) Estimasi nilai CIR diperoleh dari pengukuran level sinyal yang diterima dari sel yang melayani dan sel-sel yang berada disekitarnya. Throughput Throughput didefinisikan sebagai ukuran yang menyatakan banyaknya data atau bit info yang diterima tanpa error dalam setiap satu sekon.

9 EDGE Dynamic Abis Pool (EDAP) EDGE dynamic Abis pool  Pool yang terdiri dari sejumlah kanal pada Abis resources yang dialokasikan sebagai tambahan untuk kanal EDGE. Abis pool bersifat dinamik karena besarnya sub timeslot yang dialokasikan atau dipergunakan dapat berubah-ubah bergantung pada kondisi link (CIR) dan MCS pada saat transfer data terjadi. EDAP akan dipakai pada saat suatu sel memerlukan tambahan alokasi kapasitas link transmisi Abis per TRX untuk EDGE, sehingga dapat digunakan bagi semua user yang membutuhkan sambungan EDGE yang berada dalam sel tersebut. Pada Abis PCM, alokasi statis 16 Kbps per TCH masih tetap digunakan, baik untuk suara / data. Dalam suatu panggilan paket data, sub timeslot yang dialokasikan pada TRX EDGE disebut kanal utama (master) Abis, dan apabila dibutuhkan, sistem dapat menyediakan alokasi empat ekstra slave Abis sub timeslot untuk kanal master tersebut dari dynamic pool. Pengalokasian permanen atau master sub timeslot dan pool

10 Kesimpulan Operator selular dapat memberikan layanan komunikasi data dengan kecepatan Iebih tinggi dibanding GPRS (General Packet radio Service), di mana GPRS hanya mampu melakukan pengiriman data dengan kecepatan sekitar 25 Kbps. Begitu juga bila dibandingkan platform lain, kemampuan EDGE mencapai 3-4 kali kecepatan akses jalur kabel telepon (biasanya sekitar kbps) dan hampir 2 kali lipat kecepatan CDMA X yang hanya sekitar kbps. Layanan berbasis teknologi EDGE berkemampuan memberikan berbagai aplikasi layanan generasi ketiga, yaitu : high quality audio streaming, video streaming, on line gaming, high speed download, high speed network connection, push to talk dan lain-lain. Sejak pertengahan tahun 2000, platform teknologi Internasional GERAN (GSM EDGE Radio Access Network) telah mengadopsi seluruh spesifikasi 3GPP (third Generation Project Partnersip), hal ini menjadikan teknologi EDGE masuk dalam kelompok teknologi yang memenuhi kualifikasi generasi ketiga UMTS 3G.


Download ppt "EDGE GENERASI SELANJUTNYA UNTUK LAYANAN DATA KECEPATAN TINGGI BAGI PELANGGAN SISTEM SELULER GSM Chandra Aan S M3304005 Teknik Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google