Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUDARTIK, 3352404536 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR SEMARANG MARGATAMA GUNADANA DI SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUDARTIK, 3352404536 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR SEMARANG MARGATAMA GUNADANA DI SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 SUDARTIK, PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR SEMARANG MARGATAMA GUNADANA DI SEMARANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SUDARTIK - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Pemasaran) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - suud_penariular pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : DRS. SUGIHARTO, M.Si - PEMBIMBING 2 : ARIEF YULIANTO, SE,MM - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR SEMARANG MARGATAMA GUNADANA DI SEMARANG.

4 Abstrak Bank Perkreditan Rakyat sebagai salah satu bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. BPR Semarang Margatama Gunadana Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan para nasabah yang menabung di PT BPR Semarang Margatama Gunadana selama tahun 2008 sebesar 300 responden. Sedangkan sampelnya adalah 75 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Berdasarkan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah adalah signifikan positif. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf α = 5 % atau 0,05 diperoleh nilai t hitung = 3,215 dan niali signifikansinya sebesar 0,002 < 0,05. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa pengaruh antara periklanan terhadap keputusan nasabah adalah signifikan positif. Hal ini dibuktikan pada taraf α = 5 % atau 0,05 diperoleh nilai t hitung = 8,934 dan nilai signifikansinya sebesar 0,00 < 0,05. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah secara bersama-sama adalah signifikan. Dengan nialai F hitung = 165,828 dan signifikansinya sebesar = 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hendaknya kualitas pelayanan tersebut harus ditingkatkan, terutama mengenai pengelolaan SDM yang dimiliki agar kinerja optimum, misalnya mengadakan pelatihan dan pengembangan karyawan, sebaiknya pihak manajemen perusahaan menyajikan iklan yang lebih menarik perhatian seperti seringnya frekuensi penayangan iklan, sehingga masyarakat tertarik dan ingin menjadi nasabah, dalam usaha meningkatkan keputusan nasabah untuk menabung, maka hendaknya pihak karyawan sering melakukan kontak dengan nasabah seperti pemberitahuan naiknya suku bunga bank, sehingga hal itu akan mengingatkan nasabah untuk tetap menabung.

5 Kata Kunci Kualitas Pelayanan, Periklanan, Keputusan Nasabah

6 Referensi Arikunto, Suharsimi, 2003, Prosedur Penelitian, Edisi Revisi IV, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Djarwanto Ps dan Pangestu Subagyo, 2000, Statistik Induktif, BPFE, Yogyakarta. Dendawijaya, Lukman, 2005, Manajemen Perbankan, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor Farid Wijaya, 1999, Manajemen Perbankan, Mediasoft Indonesia, Jakarta Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi kedua, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang Kusmuriyanto dan Martono, 2002, Daya Tarik Bauran Promosi Untuk Produk tabungan Plus BNI 1946 Analisis Keputusan Menabung Pada Bank BNI Cabang Semarang, Jurnal Ekonomi dan Manajemen Dinamika. Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2001, Metodologi Penelitian Bisnis (Untuk Akuntansi dan Manajemen), Yogyakarta, Edisi Pertama, BPFE – UGM Kotler, Philip 2001, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan dan Implementasi Dan Kontrol, Jilid I, Erlangga, Jakarta Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat Masri S & Sofian E, Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta. Mulyadi, 2002, Akuntansi Manajemen. YKPN, Yogyakarta Riduwan, 2005, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Penerbit Alfabeta, Bandung Sugiyono, 2001, Metodologi Penelitian, Alfa Beta, Jakarta Supranto, J., 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Stanton, William J., 2000, Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi 7, Erlangga, Jakarta Swastha, Basu, 2002, Azas-azas Marketing, Liberty, Yogyakarta. Swasta, Basu, dan Ibnu Sukotjo W, 2002, Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Liberty. Yogyakarta Swastha, Basu dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta. Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa. Edisi Pertama, Cetakan Kedua, ANDI, Yogyakarta. Umar, Husein, 2001, Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Cetakan Pertama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Yayah, 2005, “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Dinas Perhubungan Dan Telekomuniukasi Propinsi Jawa Tengah”.Skripsi, FE UDINUS, Semarang.

7 Terima Kasih


Download ppt "SUDARTIK, 3352404536 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR SEMARANG MARGATAMA GUNADANA DI SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google