Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bina Nusantara Perayaan Chun Jie ( 春节 ) Pertemuan 8 Matakuliah: E1112/ Mitos, Legenda dan Tradisi China Tahun: 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bina Nusantara Perayaan Chun Jie ( 春节 ) Pertemuan 8 Matakuliah: E1112/ Mitos, Legenda dan Tradisi China Tahun: 2007."— Transcript presentasi:

1

2 Bina Nusantara Perayaan Chun Jie ( 春节 ) Pertemuan 8 Matakuliah: E1112/ Mitos, Legenda dan Tradisi China Tahun: 2007

3 Bina Nusantara Cun Jie 春节 / Perayaan Musim Semi / Tahun Baru Imlek Definisi : Perayaan menyambut datangnya Musim Semi di China (awal tahun yang baru) berdasarkan perhitungan penanggalan bulan ( 阴历 yinli = imlek) Perhitungan tahun Yinli yang sekarang berlaku dimulai tahun 551 SM (kelahiran Konfusius 孔子 ) tahun 2000 M = 2551 Yinli/Imlek

4 Bina Nusantara Arti Perayaan Musim Semi : Asal mula : Penanggalan Yinli lebih cocok untuk kegiatan pertanian di wilayah China. Perayaan datangnya Musim Semi adalah untuk merayakan kembalinya kesuburan tanah awal kegiatan bercocok tanam. Secara umum dewasa ini : Untuk merayakan awal hidup baru di tahun yang baru. Dengan harapan akan mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan yang lebih besar.

5 Bina Nusantara 1.Perayaan Dewa Dapur. dan dewa-dewi naik ke khayangan. 2. Membersihkan rumah dan tempat ibadah. 3. Menyimpan benda tajam. 4. Warna Merah 5.Baju baru 6. Menjaga sikap dan bicara 7. Membayar hutang 8.Syair dan Karakter keberuntungan. 9.Meramal 10.Ritual untuk leluhur. Persiapan Perayaan Musim Semi

6 Bina Nusantara Ritual Tepekong Naik (23/24 bulan 12 Imlek) Yaitu “naiknya” para dewa di bumi ke Istana Para Dewa menghadap pimpinan para dewa : Yuhuang Dadi 玉皇大 帝 (Kaisar Giok) untuk melaporkan tugasnya di dunia selama setahun. Di rumah tangga di lakukan ritual upacara naiknya Dewa Dapur yang mengetahui keadaan rumah tangga tersebut. Sesajian ritual ini yang terasa manis-manis agar Dewa Dapur hanya melaporkan yang baik- baik tentang kelauarga tersebut hingga akan diturunkan rejeki melimpah ditahun yang baru.

7 Bina Nusantara Membersihkan Kelenteng dan sembahyang untuk leluhur Di kelenteng, ketika para dewa naik ke Istana Langit, maka dilakukan pembersihan altar dan arca para dewa. Mengirim leluhur: Leluhur juga ingin merayakan Tahun Baru, jadi keluarga juga mengirim keperluannya : biasanya koper berisi baju dan uang

8 Bina Nusantara Membersihkan rumah & Menyimpan Benda Tajam Menyambut Tahun Baru = Menyambut Rejeki Baru. Rejeki datang ke tempat yang bersih, terang dan harum. Untuk itu..: Persiapan tahun baru adalah MEMBERSIHKAN RUMAH, Menyapu rumah harus ke arah dalam agar rejeki tidak tidak terbuang keluar. Kegiatan ini pantang dilakukan pada hari raya imlek karena malah dianggap membuang rejeki dan keberuntungan yang telah datang Menyimpan benda-benda tajam, agar tidak menakut-nakuti/ memotong rejeki yang masuk.

9 Bina Nusantara Membersihkan diri dan hati & Baju Baru Membersihkan diri : Keramas & potong kuku, sebagai lambang membersihkan diri dan memutus ketidakberuntungan. Kegiatan ini pantang dilakukan pada hari raya imlek karena malah dianggap membuang rejeki dan keberuntungan yang telah datang Membersihkan hati : Menjaga ucapan dan perilaku Membeli baju baru : lambang penampilan & sikap baru

10 Bina Nusantara Menghias dengan Warna Merah Warna merah lambang kegembiraan dan keberuntungan dipercaya mengusir roh jahat (berasal dari legenda monster ‘nian’ yang takut warna merah) “Walaupun bulan purnama terang, jangan berjalan sendirian tanpa lampion merah!” Saat Tahun Baru ; Hiasan rumah, bunga, lampion, syair, angpao/hongbao, baju sampai tempat makanan makanan semua bernuansa warna merah. Sebagai lambang : menyambut keberuntungan dan menolak bala (roh-roh jahat)

11 Bina Nusantara “Membayar Hutang” & “Membelanjakan Uang Kecil untuk memancing uang besar” Membayar Hutang : membayar hutang sebelum hari raya dipercaya menghilangkan ketidakberuntungan di tahun yang baru. Ada 3 kesempatan : Chunjie, Duanwu Jie & Zhongqiu Jie. Membelanjakan uang kecil : Pepatah “Kalau uang kecil tidak keluar, bagaimana uang besar akan masuk?” Alasan ini digunakan untuk membelanjakan uang demi menyambut Tahun Baru dan datangnya Dewa kekayaan.

12 Bina Nusantara Meramal Perhitungan shio dipercaya mempengaruhi hal-hal penting dalam kehidupan seseorang seperti kelahiran, pernikahan,usaha, dan pemakaman. Kepercayaan inilah yang mendorong banyak orang yang MENGUNJUNGI PARA PERAMAL untuk mendapatkan acuan untuk menentukan saat yang baik untuk melakukan dan tidak melakukan sesuatu di tahun yang baru.

13 Bina Nusantara Menempelkan Syair Tahun Baru ( 贴春联 ) Menjelang tahun baru Imlek, terdapat kebiasaan untuk MENEMPELKAN SEPASANG SYAIR TAHUN BARU ( 春联 ) di kedua sisi pintu gerbang rumah yang biasanya berisi harapan baik di tahun yang baru bisa ditulis sendiri, dipesan ke ahli kaligrafi yang menjual pernak-pernik Imlek.

14 Bina Nusantara Menempelkan Gambar Dewa Pintu ( 贴门神 ) Dewa Pintu 门神 adalah sepasang dewa yang menjaga dan melindungi rumah dari roh jahat. Menempelkan gambar Dewa Pintu menyambut Tahun Baru adalah untuk melindungi rumah dari roh jahat dan kesialan sepanjang tahun.

15 Bina Nusantara 贴年画

16 Bina Nusantara 贴福倒字 福倒 = 福到

17 Bina Nusantara Makan Malam Tahun Baru 团年 Petang menjelang malam tahun Baru tiba, dengan mengenakan baju baru berwarna cerah yang melambangkan keberuntungan, para anggota keluarga besar akan datang berkumpul untuk makan malam bersama. Acara makan malam tahun baru ini sangat penting karena tidak sekedar makan enak tetapi disebut dengan 团年 atau saatnya berkumpul keluarga. Bahkan para leluhur atau anggota keluarga yang telah meninggal pun diundang untuk hadir makan bersama dengan cara memberikan sesajian dengan makanan yang sama dengan makan malam di di altar meja abu mereka.

18 Bina Nusantara Sikap dalam Makan Malam Tahun Baru Walaupun makan malam tahun baru keluarga sambil bercakap dan bergurau tetapi tetaplah wajib berhati-hati agar makanan tidak tumpah atau ada peralatan makan yang pecah. Hal ini selain dianggap menjadi pertanda buruk. Tumpahan makanan atau pecahan gelas misalnya, harus dibersihkan dan tidak boleh dibuang keluar rumah. Karena mulai dari malam tahun baru sampai hari ke-5 setelah tahun baru ada pantangan untuk tidak menyapu dan membuang sampah keluar rumah yang akibatnya dikuatirkan akan ikut menyapu keluar keberuntungan yang masuk sudah ke rumah.

19 Bina Nusantara Menu Tahun Baru MIE Bentuk mie yang panjang melambangkan harapan panjang umur. 寿面 Karena itu, ketika makan mie pantang untuk memotongnya karena dianggap memotong umur sendiri.

20 Bina Nusantara Menu Tahun Baru 年年有余 余 bersisa/berlebih 1. 余 homofon dengan 鱼 (ikan) 余 SISA homonim 乘 homofon 生 Makan ikan = 余生 = makan untuk umur panjang dan banyak rejeki. 2. 余 homofon dengan 雨 (hujan) = malam tahun baru sebaiknya hujan, semakin deras semakin banyak rejeki di tahun mendatang.

21 Bina Nusantara Makanan Tahun Baru Jeruk 橘 homofon dengan 吉 keberuntungan : 大吉大利 Apel 苹 ( 果 ) homofon dengan 平(安) keselamatan & kedamaian Red melon seed - dyed red to symbolize joy,happiness, truth and sincerity * Lychee nut - strong family relationships * Cumquat - prosperity (gold) * Coconut - togetherness* Peanuts - long life * Longnan - many good sons * Lotus seed - many children

22 Bina Nusantara 年糕 Nian gao (kue keranjang) 糕 homofon 高 =tinggi Lambang harapan akan “status” yang lebih tinggi. Seringkali disusun bertingkat. Bentuk bundar melambangkan berkumpulnya dan kerukunan keluarga. Lengket dan manis melambangkan erat dan manisnya hubungan keluarga dan pertemanan Tahan lama : sebagai makanan cadangan makanan bila panenan gagal.

23 Bina Nusantara Menunggu Malam Tahun Baru Setelah acara makan malam, semua anggota keluarga berkumpul, bercengkerama dan bercanda atau iseng-iseng bermain kartu. Berjaga tidak tidur Ada kepercayaan terjaga menanti sampai tengah malam tahun baru tiba. kalau seseorang sampai tertidur sebelum datangnya tahun baru makan dikurangilah umurnya. Orang tua juga harus mengingatkan anaknya agar tidak tertidur, karena kalau seorang anak sampai tertidur maka umur orangtuanyalah yang dipotong.

24 Bina Nusantara Di kelenteng-kelenteng, datangnya tahun baru disambut bunyi bedug dan lonceng yang mengiringi sembahyang malam tahun baru bersama. Pada saat bersamaan, di beberapa tempat, beberapa keluarga menyambut datangnya Tahun baru dengan meluncurkan kembang api, dan langit malam pun terang berwarna-warni. Selain berdoa memohon berkah, mereka juga menyalakan lilin merah persembahan yang bertuliskan lian berisi harapan keluarga atau pribadi. Kesempatan ke kelenteng ini biasanya juga digunakan para umat untuk bersedekah. Selain untuk beramal, mereka kuatir kalau-kalau Dewa Chikung yang sering menyamar jadi pengemis hadir di antara mereka.Dan kalau sampai ketahuan tidak bersedekah, maka mereka takut dewa Chikung pun tidak akan melimpahkan rejeki di tahun yang baru.

25 Bina Nusantara Sembahyang Tengah Malam Tahun Baru Maksud lain dari sembahyang ini juga menyambut turunnya Dewa Kekayaan 财神爷 untuk menyebarkan rejeki Oleh sebab itu terdapat tradisi di masyarakat Tionghoa di Indonesia untuk memberikan sesajiannya khusus yang manis-manis seperti manisan dan tebu serta buah srikaya yang melambangkan kekayaan. Dewa Kekayaan 财神爷 akan mendatangi rumah yang harum, bersih dan terang, sehingga selain menjaga kebersihan dan kerapian, sepanjang malam tahun baru lampu dan lampion tetap dinyalakan, beberapa pintu dan jendela pun dibiarkan tetap terbuka. Harum Hio sembahyang dibiarkan menyebar ke seluruh ruangan. Dilakukan pukul Sembahyang ini ditujukan kepada, untuk itu altarnya harus menghadap ke langit terbuka, biasanya di lakukan di halaman atau teras. Setelah sembahyang tengah malam berakhir, beberapa anggota keluarga masih akan menunggu sampai hio sembahyang habis terbakar, sambil terus berjaga menanti datangnya sang dewa kekayaan.

26 Bina Nusantara 拜年 :恭喜發財 Pagi hari raya tahun baru Imlek. Sambil mengenakan baju berwarna cerah atau bernuansakan warna merah, mengawali perayaan dengan ritual sembahyang leluhur. Di hadapan meja abu leluhur, seluruh keluarga bersembahyang dan mengucapkan selamat tahun baru imlek kepada para leluhur. Setelah sembahyang kepada leluhur, saatnya saling mengucapkan selamat tahun baru dari yang muda kepada yang tua. 恭喜發財 Selamat Tahun Baru, Semoga dilimpahi banyak rejeki dan kesejahteraan”

27 Bina Nusantara Hongbao 紅包 Acara saling mengucapkan selamat inilah yang ditunggu anak-anak, karena setelah mengucapkan selamat biasanya mereka mendapatkan angpao ( 紅包) Bukan hanya uangnya yang penting tapi warna merah amplopnya juga menyimbolkan harapan keberuntungan dan kemakmuran bagi si pemberi maupun penerima. Dalam adat kebiasaan masyarakat Tionghoa,pada umumnya angpao diberikan oleh mereka yang lebih tua kepada yang lebih muda dan oleh yang sudah menikah kepada yang belum menikah.

28 Bina Nusantara Setelah acara saling mengucapkan selamat selesai, menurut tradisi lama, seluruh anggota keluarga akan berjalan beriringan keluar halaman rumah sambil membunyikan petasan untuk mengusir -roh-roh jahat. Atraksi tarian naga dan singa atau liong samsi wajib tampil dalam perayaan Tahun Baru Imlek karena mereka juga simbol harapan baik. Tarian Naga atau Liong 龍舞 menyimbolkan kejayaan dan keberuntungan, sementara tarian samsi atau barongsai menjauhkan kemalangan dan mengundang datangnya keberuntungan.

29 Bina Nusantara Berkunjung ke Sanak Famili Mengunjungi sanak famili untuk saling ucapkan selamat. Biasanya anak berkunjung ke orang tua dan saudara yang lebih muda akan mendatangi saudaranya yang lebih tua. Acara saling berkunjung dan mengucapkan selamat ini biasanya akan berlangsung sampai hari kedua hari raya Imlek. Salah satu oleh-oleh khas tahun baru adalah buah jeruk (橘= 吉), Apalagi kalau buahnya besar dan berwarna kuning keemasan 大金吉, maka memberikan oleh- oleh jeruk adalah sama artinya dengan mengucapkan ”Semoga Anda sekeluarga diberkahi rejeki yang melimpah!”

30 Bina Nusantara 胡同游 生词 课文 回答课文问题第八页 词语用法 – 随 - 引起 – 至今 - 之所以。。。是因为 – 穿 - 加以 – 使 - 简直


Download ppt "Bina Nusantara Perayaan Chun Jie ( 春节 ) Pertemuan 8 Matakuliah: E1112/ Mitos, Legenda dan Tradisi China Tahun: 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google