Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Actuarial Methods Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Actuarial Methods Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk."— Transcript presentasi:

1 Actuarial Methods Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk

2 Tingkat diskonto dan faktor diskonto 1. Faktor diskonto dan tingkat diskonto atas satu satuan waktu 2. Diskonto tunggal atas beberapa satuan waktu 3. Instrument diskonto 4. Tingkat diskonto efektif dan nominal 5. Hubungan antara bunga yang dapat dibayar tiap bulan dan tunggakan 6. Majemuk berlanjut: Kekuatan bunga

3 Faktor diskonto dan tingkat diskonto atas satu satuan waktu

4 Lanjutan

5 Lanjutan - Contoh

6 Diskonto tunggal atas beberapa satuan waktu

7 Lanjutan - Contoh

8 Lanjutan Maturitas (maturity) adalah waktu di mana suatu instrumen keuangan, seperti promes atau obligasi, menjadi jatuh tempo. Nilai Nominal (face value) adalah nilai pokok dari suatu obligasi yang akan diterima oleh pemegang obligasi pada saat obligasi tersebut jatuh tempo. (www.kamusbisnis.com)

9 Instrument Diskonto Kupon merupakan pembayaran bunga yang dibuat oleh penerbit. Hal ini berdasarkan face value atau nominal value. face value biasanya dibayarkan kembali saat jatuh tempo, tetapi terkadang dibayarkan dalam beberapa pembayaran. Jumlah kupon diakumulasikan dari face value. Yield merupkan tingkat bunga yang dapat dihasilkan pada suatu investasi. Hal ini diakibatkan oleh harga pasar saat ini untuk suatu ivestasi. Hal ini berbeda degan kupon yang didasarkan pada tingkat kupon dan face value.

10 Lanjutan Instrumen diskonto merupakan instrumen keuangan yang tidak dapat mempengaruhi sebuah kupon. Karena hal ini tidak disertai bunga, maka terjual saat kurang dari face value. Dengan kata lain terjual saat diskonto. Pada kasus ini, Treasure Bill dapat terjual, karena hanya sekali pembayaran, sehingga bunga tunggal digunakan untuk mengkalkulasikannya. Treasury Bills (T-Bills) adalah obligasi berjangka pendek (jatuh tempo kurang dari satu tahun) yang dijamin oleh Pemerintah AS. (www.kamusbisnis.com)

11 Contoh

12 Formula kunci

13 Lanjutan Berikut merupakan hasil dari berbagai buku yang memberi penjelasan dengan kata-kata: Formula MatematikaFormula dengan kata-kata

14 Lanjutan-Contoh

15 thx


Download ppt "Actuarial Methods Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google