Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OBLIGASI Imam Malik S.. Pengertian Obligasi Obligasi merupakan sebuah sertifikat penerbit hutang dari peminjam. Berupa perjanjian untuk pembayaran sejumlah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OBLIGASI Imam Malik S.. Pengertian Obligasi Obligasi merupakan sebuah sertifikat penerbit hutang dari peminjam. Berupa perjanjian untuk pembayaran sejumlah."— Transcript presentasi:

1 OBLIGASI Imam Malik S.

2 Pengertian Obligasi Obligasi merupakan sebuah sertifikat penerbit hutang dari peminjam. Berupa perjanjian untuk pembayaran sejumlah uang saat penetapan tanggal (berapa kali saat angsuran). Jika suatu perusahaan atau agen pemerintahan ­­­­ingin meminjam uang, dapat pergi ke bank atau terbitan obliagsi dan menjual ke investor. Obligasi biasanya diterbitkan untuk nilai 100 pound dalam U.K dan 1000 dolar dalam U.S ini disebut face value dari obligasi.

3 Pegertian lain Maturitas (maturity) adalah waktu di mana suatu instrumen keuangan, dalam hal ini obligasi, menjadi jatuh tempo. Kupon merupakan pembayaran bunga yang dibuat oleh penerbit. Hal ini berdasarkan face value atau nominal value. face value biasanya dibayarkan kembali saat jatuh tempo, tetapi terkadang dibayarkan dalam beberapa pembayaran. Jumlah kupon diakumulasikan dari face value. Yield merupkan tingkat bunga yang dapat dihasilkan pada suatu investasi. Hal ini diakibatkan oleh harga pasar saat ini untuk suatu ivestasi. Hal ini berbeda degan kupon yang didasarkan pada tingkat kupon dan face value.

4 Treasure Bills (T-Bills) adalah obligasi berjangka pendek (jatuh tempo kurang dari satu tahun) yang dijamin oleh Pemerintah AS. Sedangkan, Treasure Notes adalah obligasi berjangka panjang yang dijamin oleh pemerintah AS.

5 Contoh Tentukan harga dari obligasi 5 tahun dengan face value 100 pound dan kupon 8% per tahun pembayaran setengah tahunan. Obligasi dapat ditebus pada nilai nominal dan dibelikan untuk yield 5%.

6 Jawab 3.5.1

7 Alasan yang sama ditunjukkan bahwa harga yang dibayarkan untuk mencapai yield pada i untuk obligasi dengan face value pada F dan pembayaran kupon tiap setengah tahun saat suku pada D per satuan tertentu, dapat ditebus saat nilai nominal didalam n tahun, adalah

8

9 Dengan demikian, jika suku yield sama dengan suku kupon, harga pada obligasi sama dengan face value. Dalam kasus ini, obligasi dikatakan dijual saat nilai nominal. Jika suku yield i menurun, nilai saat ini pada kupon dan nilai penebusan naik. Dengan demikian, harga pada obligasi lebih tinggi dari pada nilai face value jika suku kupon lebih tinggi dari pada suku yield. Ini terdapat pada Contoh kita katakan bahwa menjual obligasi saat premi (pembeli obligasi membayar premi diatas face value dan memperoleh kupon yang lebih tinggi dalam pengembalian). Dalam keadaan yang berbeda, dimana suku kupon lebih rendah dari pada suku yield dan harga pada obligasi lebih rendah dari pada face value, obligasi dapat dikatan dijual saat diskon.

10

11

12

13 Konsekuensinya berhubungan terbalik diantara harga dan yield pada suatu obligasi bahwa obligasi menjadi murah jika suku bunga (lebih tepat, diharapkan suku bunga dalam masa depan) naik. Sumber utama dari fluktuasi dalam pasar obligasi. Contoh diatas menunjukkan bagaimana penghitungan harga pada obligasi memberikan suku yield. Penghitungan sebaliknya, dimana suku yield diperoleh dengan memberikan harga, dapat dilakukan sebagaimana diterangkan dalam 3.2: tulisan kaki persamaan pada nilai dan diselesaikan untuk suku i. Biasanya, kita dapat cari hanya solusi aproksimasi, menggunakan teknik seperti interpolasi linier.

14 Contoh Obligasi dengan face value 100 pound dan kupon 8% pertahun pembayaran tiap setengah tahun dapat ditebus dalam 5 tahun saat nilai nominal. Tentukan yield jika obligasi dibelikan untuk pound

15


Download ppt "OBLIGASI Imam Malik S.. Pengertian Obligasi Obligasi merupakan sebuah sertifikat penerbit hutang dari peminjam. Berupa perjanjian untuk pembayaran sejumlah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google