Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang I Ferry Prasetyia, SE., MAppEc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang I Ferry Prasetyia, SE., MAppEc."— Transcript presentasi:

1 EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang I Ferry Prasetyia, SE., MAppEc

2 Kebijakan Perdagangan di Negara Berkembang Import substituting industrialization Trade liberalization 1985 Export oriented industrialization

3 F Kenapa di sebut negara berkembang? F Tidak ada defini yang pasti namun beberapa pendapat mengelompokan negara berkembang berdasarkan pendapatannya (rendah dan menengah) Kriteria Negara Berkembang

4 Gross Domestic Product Per Capita, 2005 (dollars) Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)

5 Kebijakan Import Substituting Industrialization (ISI) F ISI diadopsi beberapa negara berkembang sebelum tahun 1980an. F Tujuan ISI untuk mendorong pertumbuhan industri domestik dengan membatasi kompetisi dari pihak luar F Hal ini terjadi karena ada anggapan negara kaya akan mengeksploitasi negara miskin melalui keuangan dan perdagangan internasional. Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)

6 F Prinsip utama dari ISI adalah argument infant industry : –Negara mungkin mempunyai keunggulan komparatif dalam beberapa industri, namun industri tersebut belum siap untuk berkompetisi. –Agar bisa berkompetisi, pemerintah harus mendorong industri tersebut untuk berkembang dan dapat berkompetisi secara internasional Kebijakan Import Substituting Industrialization (ISI) Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)

7 Masalah dengn Argumen Infant Industry 1. Akan menjadi sia-sia untuk mendukung industri saat ini yang akan memperoleh keunggulan komparatif dimasa depan. 2. Dengan proteksi, industri bayi tidak akan pernah tumbuh dan dapat bersaing. 3. Peran pemerintah dan market failure argument Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)

8 Effective Protection of Manufacturing in Some Developing Countries (percent) Sumber: Krugman and Obsfeld (2008)


Download ppt "EKONOMI INTERNASIONAL I Pertemuan XIV : Kebijakan Perdagangan Internasional dan Negara Berkembang I Ferry Prasetyia, SE., MAppEc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google