Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEORI ANTRIAN Analisis Kinerja SIstem. Definisi Antrian terdapat pada kondisi apabila obyek-obyek menuju suatu area untuk dilayani, namun kemudian menghadapi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEORI ANTRIAN Analisis Kinerja SIstem. Definisi Antrian terdapat pada kondisi apabila obyek-obyek menuju suatu area untuk dilayani, namun kemudian menghadapi."— Transcript presentasi:

1 TEORI ANTRIAN Analisis Kinerja SIstem

2 Definisi Antrian terdapat pada kondisi apabila obyek-obyek menuju suatu area untuk dilayani, namun kemudian menghadapi keterlambatan disebabkan oleh mekanisme pelayanan mengalami kesibukan. Antrian timbul karena : Adanya ketidakseimbangan antara yang dilayani dengan pelayanannya.

3 Sifat fundamental problema antrian mencakup suatu imbangan antara waktu menunggu dan waktu pelayanan (service)

4 SASARAN Bagaimana cara mengubah waktu menunggu demikian rupa hingga diperoleh biaya total ‘menunggu’ yang terendah.

5 PROSES PADA ANTRIAN 1.Proses Stokastik Suatu aktifitas atau proses outputnya acak atau tidak dapat hanya ditentukan berdasarkan input. Sistem stokastik di wakili oleh variabel-variabel acak Contoh variabel acak : Kecepatan angin yang dapat bervariasi dengan batas tertentu.

6 Fungsi Probabilitas Diskret (1)

7 Contoh Variabel Acak dalam Simulasi Jenis barang yang dibeli oleh pelanggan dalam suatu toko, jika dalam toko ada N macam barang. Terminal yang dipakai dalam suatu instalasi komputer, jika setiap terminal diberi nomor 1 sampai dengan N

8 Tabel Banyaknya barang yang dibeli Banyaknya Jenis Barang X i Jumlah Pembeli n i Distribusi Probabilitas p(x i ) Distribusi Kuimulatif p(x i ) 1250, ,510, ,190,8 4380,150, ,051 Jumlah N = 250

9 Fungsi Distribusi Probabilitas

10 Fungsi Distribusi Kumulatif

11 Fungsi Probabilitas Kontinu

12

13 F(x) =

14 Kumulatif Kepadatan F(x) =


Download ppt "TEORI ANTRIAN Analisis Kinerja SIstem. Definisi Antrian terdapat pada kondisi apabila obyek-obyek menuju suatu area untuk dilayani, namun kemudian menghadapi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google