Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RISCHA AGUSTINA, 3201405014 PERSEPSI GURU IPS TENTANG KONSEP DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RISCHA AGUSTINA, 3201405014 PERSEPSI GURU IPS TENTANG KONSEP DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN."— Transcript presentasi:

1 RISCHA AGUSTINA, PERSEPSI GURU IPS TENTANG KONSEP DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RISCHA AGUSTINA - NIM : PRODI : Pendidikan Geografi - JURUSAN : Geografi - FAKULTAS : Ilmu Sosial - de_wie_are pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Erni Suharini, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Sunardi, M.M - TGL UJIAN :

3 Judul PERSEPSI GURU IPS TENTANG KONSEP DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

4 Abstrak Pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan yang tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, karena visi pendidikan sekarang lebih ditekankan pada pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru IPS terhadap konsep dan penerapan pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui persepsi guru IPS terhadap konsep dan penerapan pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengan metode kuantitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa prosentase dan akan dianalisis dengan uji statistik parametrik yaitu uji t-Test berpasangan. Dengan sampel sebanyak 15 guru IPS SMP Se-Kecamatan Mejobo. Dari hasil penelitian responden didapatkan bahwa ada perbedaan antara persepsi guru IPS terhadap konsep dan penerapan pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, dengan p value sebesar Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa persepsi guru IPS terhadap konsep pembelajaran IPS terpadu sebagian besar adalah dalam kategori baik, yaitu sebesar 66,7% dan kategori kurang baik sebesar 33.30%. Sedangkan untuk persepsi guru IPS terhadap penerapan pembelajaran IPS terpadu sebagian besar adalah dalam kategori baik yaitu sebesar 53,30%, dan kurang baik sebesar 46.70%. Saran dalam penelitian ini adalah: Bagi guru, diharapkan untuk lebih memahami mengenai konsep dan pelaksanaan IPS Terpadu agar tidak timbul adanya kesulitan menerapkan pembelajaran IPS Terpadu dan mau belajar disiplin ilmu sosial lain yang bukan latar belakang pendidikannya atau para guru mau melanjutkan studi S2 IPS.Perlu adanya peningkatan partisipasi MGMP IPS, organisasi profesi, LPTK serta peran masyarakat dalam upaya penyelesaian permasalahan pembelajaran terpadu. Perlu adanya sosialisasi tentang penerapan IPS terpadu kepada masyarakat dan praktisi pendidikan. Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu di sekolah.

5 Kata Kunci Persepsi, Konsep, dan Penerapan

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Daldjoeni Pengantar Geografi. Bandung: Alumni. Depdiknas Panduan Penembangan IPS Terpadu. Jakarta: Depdiknas. Hamalik, Oemar Pendidikan Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hamalik, Oemar Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara. Irwanto, dkk Psikologi Umum. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum. Koentjaraningrat ‘Metode Wawancara’. Dalam Koentjaraningrat (Ed.). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia. Kuntowijoyo Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Aditya Media. Mashud, Musta’in ‘Teknik Wawancara’. Dalam Bagong Suyanto dan Sutinah (Ed.). Metode Penelitian Sosial ; Berbagai Alternati Pendekatan. Jakarta: Kencana. Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Puskur Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Depdiknas. Rosyidi, Suherman Pengantar Ilmu Ekonomi. Surabaya: Duta Jasa. Soekanto, Soerjono Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Soemantri, Muhammad Numan Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono Statistika. Bandung: CV. ALFABETA Suparyogi, dkk Pendidikan Ilmu Sosial. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Sutikno Pengantar Geografi. Jakarta: Dikti Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka. Trianto Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tenteng Guru dan Dosen. Wahab. Aziz Evaluasi Pendidikan PMP, Bandung: LPPMP FPIPS IKIP. Walgito, Bimo Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset. Wiryohandoyo, Soedarno dkk Pendidikan Ilmu Sosial. Semarang: Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial IKIP Semarang.

7 Terima Kasih


Download ppt "RISCHA AGUSTINA, 3201405014 PERSEPSI GURU IPS TENTANG KONSEP DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google