Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DWI PRASETYO NUGROHO, 3354303020 Fungsi Internal Hubungan Masyarakat Pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DWI PRASETYO NUGROHO, 3354303020 Fungsi Internal Hubungan Masyarakat Pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah."— Transcript presentasi:

1 DWI PRASETYO NUGROHO, Fungsi Internal Hubungan Masyarakat Pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DWI PRASETYO NUGROHO - NIM : PRODI : Manajemen Perkantoran - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - trisula_trisakti pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Murwatiningsih, M.M. - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul Fungsi Internal Hubungan Masyarakat Pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah

4 Abstrak Pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah, fungsi internal hubungan masyarakat yaitu kegiatan manajemen, hubungan dengan karyawan dan Public Relations Counseling. Masalah yang dikaji adalah: (1) Bagaimana penerapan fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng, (2) Apa hambatan-hambatan humas Perum Bulog Divre Jateng dalam menerapkan fungsi internal pada Perum Bulog Divre Jateng. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan fungsi internal humas pada Perum Bulog Divre Jateng, (2) Untuk mengetahui hambatanhambatan humas Perum Bulog Divre Jateng dalam menerapkan fungsi internal pada Perum Bulog Divre Jateng. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode studi pustaka, dan metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui fungsi internal hubungan masyarakat Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional telah diterapkan dengan melaksanakan kegiatan manajemen, hubungan dengan karyawan dan Public Relations Counseling. Hambatan-hambatan yang dihadapi adalah: (1) Terdapat karyawan humas yang menginjak usia pensiun, (2) Telepon dan perangkatnya serta pengeras suara yang terkadang mengalami kerusakan, kurangnya papan pengumuman/informasi serta penempatanya yang kurang strategis, (3) Kurangnya keberanian karyawan untuk memulai Public Relations Counseling. ix Simpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa fungsi internal hubungan masyarakat Perusahaan Umum Bulog Divisi Regonal Jawa Tengah telah diterapkan dengan baik. Saran yang diajukan penulis adalah: (1) Humas dapat menyelenggarakan administrasi keuangan sendiri dan memberikan nasihat kepada pimpinan, serta dapat melaksanakan hubungan dengan karyawan mengenai perasaan karyawan yang diakui, (2) Jika terdapat karyawan yang akan pensiun hendaknya ditempatkan pada bagian yang memiliki tingkat pekerjaan yang ringan, serta pemberian sanksi pada karyawan yang sering datang terlambat, (3) Penggantian telepon dan perangkatnya serta pengeras suara yang sudah termakan usia, sehingga tidak mudah rusak, serta penambahan papan pengumuman/informasi dan diletakan pada tempat yang strategis, (4) Humas hendaknya sering mengadakan sosialisasi mengenai arti pentingnya Public Relations Counseling agar karyawan berani untuk memulainya.

5 Kata Kunci Fungsi Internal, Hubungan Masyarakat

6 Referensi Abdurrachman, Oemi Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Anggoro, M. Linggar Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi aksara. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Djaja, Danan Peranan Humas dalam Perusahaan. Bandung: Alumni Offset. Hadi, Sutrisno Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Hasan, M. Iqbal Pokok- Pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia. Kusumastuti, Frida Dasar – Dasar Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Ghalia Indonesia. Moleong, Lexy J Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Moore, H. Frazier Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ruslan, Rosady Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Uchjana, Onong Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

7 Terima Kasih


Download ppt "DWI PRASETYO NUGROHO, 3354303020 Fungsi Internal Hubungan Masyarakat Pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google