Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WAHYU ADHI NUGROHO, 6301406062 PENGARUH LATIHAN SET UP STATIS DAN DINAMIS TERHADAP HASIL MENYUNDUL BOLA DENGAN MELONCAT PADA PEMAIN SEPAKBOLA KLUB TERSONO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WAHYU ADHI NUGROHO, 6301406062 PENGARUH LATIHAN SET UP STATIS DAN DINAMIS TERHADAP HASIL MENYUNDUL BOLA DENGAN MELONCAT PADA PEMAIN SEPAKBOLA KLUB TERSONO."— Transcript presentasi:

1 WAHYU ADHI NUGROHO, PENGARUH LATIHAN SET UP STATIS DAN DINAMIS TERHADAP HASIL MENYUNDUL BOLA DENGAN MELONCAT PADA PEMAIN SEPAKBOLA KLUB TERSONO FC KABUPATEN BATANG TAHUN 2010

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : WAHYU ADHI NUGROHO - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - Harjo_Barat pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : DRS. WAHADI M.Pd - PEMBIMBING 2 : DRS. M. NASUTION M.Kes - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH LATIHAN SET UP STATIS DAN DINAMIS TERHADAP HASIL MENYUNDUL BOLA DENGAN MELONCAT PADA PEMAIN SEPAKBOLA KLUB TERSONO FC KABUPATEN BATANG TAHUN 2010

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh latihan sit-up statis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat?, 2) Apakah ada pengaruh latihan sit-up dimamis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat ?, dan 3) Manakah yang lebih baik pengaruhnya antara latihan sit-up statis dan dinamis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh latihan sit-up statis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat, 2) Pengaruh latihan sit-up dinamis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat, dan 3) Bentuk latihan mana yang lebih baik antara sit-up statis dan dinamis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemain klub TErsono FC Kabupaten Batang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu latihan sit-up statis dan dinamis sebagai variabel bebas dan hasil menyundul bola dengan meloncat sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes menyundul bola dengan meloncat. Selanjutnya untuk keperluan analisis data digunakan uji beda (t-test). Hasil uji beda data pre test dengan post test kelompok eksperimen 1 diperoleh nilai thitung = 5,93 > ttabel = 2,20, berarti ada pengaruh latihan sit-up statis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat. Uji beda data pre test dengan post test kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai thitung = 8,60 > ttabel = 2,20, berarti ada pengaruh latihan sit-up dinamis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat. Uji beda data post test kelompok eskperimen 1 dengan eksperimen 2 diperoleh nilai nilai thitung = 3,07 > ttabel = 2,20, berarti ada perbedaan pengaruh latihan sit- up dinamis dan statis terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat di mana latihan sit-up dinamis pengaruhnya lebih baik dibandingkan latihan sit-up statis. Saran yang dapat peneliti ajukan berdasarkan hasil penelitian di atas yaitu : bagi pelatih hendaknya tidak hanya memberikan program latihan teknik dasar menundul bola dengan meloncat kepada pemain saja tetapi perlu juga melakukan latihan komponen kondisi fisik yang menunjang seperti kekuatan otot perut atau yang lain karena terbukti berpengaruh terhadap hasil menyundul bola dengan meloncat, dan bagi peneliti lain yang berminat meneliti kembali permasalahan ini, disarankan untuk dapat membandingkan latihan kekuatan otot perut menggunakan sit-up dengan bentuk latihan lain agar diperoleh informasi tentang bentuk latihan kekuatan otot perut yang efektif dalam meningkatkan hasil menyundul bola dengan meloncat.

5 Kata Kunci

6 Referensi Djawal dkk, Dasar Bermain Sepakbola, Edisi Kedua. Yogyakarta : Intan. Harsono, Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching, Jakarta : Depdikbud. Luxbacher, A. Josep, Sepakbola Taktik & Teknik Bermain (Terjemahan oleh Agusta Wibawa dari Soccer Practice Games), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Mc. Clenaghan, dkk Dasar-Dasar ilmu kepelatihan. Semarang: Press IKIP Semarang M. Sajoto, Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik. Semarang : Dahara Prize. Nurhasan, Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta : Direktorat Jendral Olahraga. Raven, Atlas Kinisioligi. Semarang : Dhahara Prize. Rozikin, 2008, Sumbangan Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Perut dan Kelentukan Togok Terhadap Kemampuan Menyundul Bola Dengan Meloncat Pada SSB Pati Unus Demak. Semarang : FIK UNNES. Soccer, Tak Bakal Dipakai, VI Juni Hlm 19 _______, Dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. VI Juli Hlm 08 Sucipto, dkk., 1999/2000. Sepakbola Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Suharno HP Ilmu Coaching Umum. Yogyakarta : FK IKIP Yogyakarta. Suharsimi Arikunto : Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Sukatamsi Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo : Tiga Serangkai. Sukintaka, Permainan dan Metodik. Jakarta : Depdikbud. Sutrisno, Hadi Statistika Jilid I. Jogjakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM. ____________ Metodologi Research Yogyakarta:Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM. WJS. Poerwadarminta Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka. Dasar Pelatihan Conditioning Dalam Olahraga.pdf.

7 Terima Kasih


Download ppt "WAHYU ADHI NUGROHO, 6301406062 PENGARUH LATIHAN SET UP STATIS DAN DINAMIS TERHADAP HASIL MENYUNDUL BOLA DENGAN MELONCAT PADA PEMAIN SEPAKBOLA KLUB TERSONO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google