Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Jaringan Penjelasan Umum Nyimas Artina, S. Kom, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Jaringan Penjelasan Umum Nyimas Artina, S. Kom, M.Si."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Jaringan Penjelasan Umum Nyimas Artina, S. Kom, M.Si

2 Kompetensi Penilaian Aturan | Sanksi Penjelasan Umum Nyimas Artina, S. Kom, M.Si

3 Kompetensi Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Mengenal konsep pemrograman jaringan dan menerapkannya menggunakan framework Visual Basic.NET untuk melakukan proses komunikasi melalui TCP,UDP, Socket, FTP, SMTP, P2P dan MultiThread Socket.

4 Penilaian Nyimas Artina, S. Kom, M.Si TUGAS 20 % KUIS 10 % UJIAN TENGAH SEMESTER 30 % UJIAN AKHIR SEMESTER 40 % BENTUK SOAL Kasus – kasus dan Essay

5 Aturan Nyimas Artina, S. Kom, M.Si 1. Dilarang mengenakan baju kaos oblong & sandal pada saat mengikuti perkuliahan ini. 2. Dilarang makan & minum didalam kelas perkuliahan ini. 3. Bagi yang membawa handphone, tolong dimatikan / disilent. 4. Keterlambatan diberikan toleransi waktu sebanyak 15 menit, kecuali kondisi hujan toleransi waktu diberikan 30 menit. 5. Apabila dosen tidak hadir dalam 20 menit awal,perkuliahan dibubarkan.

6 Sanksi Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Melanggar aturan pada point 1 dan 3, dapat dikeluarkan dari kelas. Melanggar point 2, sanksinya membawa makanan/minuman untuk satu kelas pada pertemuan berikutnya. Melanggar point 4, sanksinya tidak diperbolehkan masuk ke kelas & mengikuti perkuliahan pada waktu tersebut.

7 Nyimas Artina, S. Kom, M.Si

8 Refreshing Your Mind Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Sebutkan 3 topologi jaringan ? Apa itu IP Adress ? Berapa nilai biner dari 192 ? Ada Berapa Class IP Adress ?

9 Konsep Dasar Nyimas Artina, S. Kom, M.Si 1. TCP UDP 2. Network Tools

10 Konsep Dasar Nyimas Artina, S. Kom, M.Si

11 Protokol Transport Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Protokol transport adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antarmesin dalam sebuah jaringan. Setiap proses pada aplikasi harus mendefinisikan protokol transport mana yang akan digunakan. Contoh : HTTP, FTP, SMTP menggunakan TCP. Sedangkan DNS dan Internet Telephony menggunakan UDP.

12 Perbedaan TCP | UDP Nyimas Artina, S. Kom, M.Si TCP( Transmission Control Protocol ) adalah salah satu jenis protokol transfer data. TCP mempunyai karakteristik sebagai protokol yang berorientasi koneksi (Connection oriented). Sebelum terjadi proses tranfer data, maka yang pertama dilakukan adalah kedua belah pihak melakukan caal request dan call accept

13 Perbedaan TCP | UDP Nyimas Artina, S. Kom, M.Si TCP >Berorientasi sambungan (connection- oriented). > Dapat diandalkan (reliable) > Memiliki layanan flow control > Melakukan segmentasi terhadap data yang datang dari lapisan aplikasi.

14 Perbedaan TCP | UDP Nyimas Artina, S. Kom, M.Si TCP >Berorientasi sambungan (connection- oriented). > Dapat diandalkan (reliable) > Memiliki layanan flow control > Melakukan segmentasi terhadap data yang datang dari lapisan aplikasi.

15 Perbedaan TCP | UDP Nyimas Artina, S. Kom, M.Si UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol transfer data. TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antarhost dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

16 Perbedaan TCP | UDP Nyimas Artina, S. Kom, M.Si UDP - Connectionless (tanpa koneksi) - Unreliable (tidak andal): - Tidak Memiliki layanan flow control - UDP tidak menyediakan mekanisme segmentasi data yang besar

17 TCP vs UDP Nyimas Artina, S. Kom, M.Si

18 Tools & Implementasi Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Network Tools traditional: telnet, ftp, rsh, rlogin, SMTP, Internet Tools gopher,HTTP,NTP,Chat rooms Collaborative Tools Application Sharing Desktop Conferencing Distance Learning, Synchronizer Distributed Object Computing SUN RPC, CORBA, JAVA RMI Distributed Databases Oracle, SQLserver

19 Pemrograman Jaringan Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Dengan jaringan, sebuah program jaringan dapat menerima informasi dari seluruh komputer yang ada diseluruh dunia. Program jaringan yang simple dan terkenal adalah client server, Contoh: browser-web server,chatting/messenger, multiplayer games, peer-to-peer applications seperti uTorrent.

20 Pemrograman Jaringan Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Chatting

21 Pemrograman Jaringan Nyimas Artina, S. Kom, M.Si FTP

22 Pemrograman Jaringan Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Game Online

23 Pemrograman Jaringan Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Conference

24 Nyimas Artina, S. Kom, M.Si

25


Download ppt "Pemrograman Jaringan Penjelasan Umum Nyimas Artina, S. Kom, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google