Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TANTRA DI TIMUR DISUSUN OLEH TEJO ISMOYO SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA BUDDHA (STIAB) JINARAKKHITA BANDAR LAMPUNG 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TANTRA DI TIMUR DISUSUN OLEH TEJO ISMOYO SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA BUDDHA (STIAB) JINARAKKHITA BANDAR LAMPUNG 2008."— Transcript presentasi:

1 TANTRA DI TIMUR DISUSUN OLEH TEJO ISMOYO SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA BUDDHA (STIAB) JINARAKKHITA BANDAR LAMPUNG 2008

2 PENGERTIAN TANTRA Tantra adalah ilmu pengetahuan kerohanian yang untuk pertama kalinya diajarkan di India. Tantra berasal dari kata ‘Tan’ barasal dari akar kata Sansekerta yang berarti "perluasan", dan Tra berarti "pembebasan"? Dengan demikian Tantra merupakan latihan rohani yang mengangkat manusia ke dalam suatu proses yang memperluas pikirannya. Tantra menghantar manusia dari suatu keadaan tidak sempurna menjadi sempurna, dari keadaan kasar menjadi halus, dari kemelekatan menjadi terbebaskan.

3 TANTRA DITIMUR Tantra Timur adalah Tantra yang berkembang di daratan China dikenal sejak abad IV Masehi,setelah Srimitra yang berasal dari Kucha (sekarang Xinqiang-China) berhasil menerjemahkan sebuah kitab Tantrayana yang berisi mantra-mantra, pengobatan, doa pemberkahan dan ilmu gaib lainnya. Hal tersebut sesungguhnya belum mencerminkan nilai-nilai agung dari aliran Tantrayana itu sendiri, kata Mr. Chauming (filosofi).

4 Tantra Timur berkembang di China pada abad VII, ketika dikunjungi oleh tiga orang Maha Acharya Tantrayana dari India, yakni:  Subhakarsinha ( M), beliau tiba di Ch'an An setelah belajar di Nalanda (India) pada tahun 716 M. Kemudian bersama-sama dengan I Ching menerjemahkan Sutra Tantra yang terkenal, yakni Maha Vairocana Sutra pada tahun 725 M.  Vajra Bodhi ( M), beliau juga pernah belajar di Nalanda (India) dan kemudian menerjemahkan Vajrasakhara pada tahun 720 M.  Amoghavajra ( M), beliau adalah siswa dari Vajrabodhi yang tiba di Ch'an pada tahun 756 M. Selanjutnya,perkembangan mazhab Tantrayana di China sangat pesat selama lebih kurang tiga abad, antara abad V hingga abad VIII Masehi.

5 PEMBAGIAN TANTRA DI TIMUR Tantra Timur terbagi dua yaitu: 1. Tantra yang ada pada sekte Tien Tai Sekte ini terbentuk di Tiongkok dengan mengambil nama sebuah gunung di provinsi Ce Ciang yaitu Gunung Tien Tai (yang berarti "panggung surgawi"). Di Gunung Tien Tai ini secara resmi Bhiksu Ce Khai ( ) yang disebut juga Ce Yi atau Che ce mendirikan sekte ini. Sebelum beliau telah ada dua orang bhiksu intelektual lainnya yang meratakan jalan dan merintis berdirinya aliran ini yaitu Bhiksu Hui Wen ( ) dan Bhiksu Hui She ( )

6 2.Tantra pada sekte Cen Yen yang kemudian dibawa ke Jepang dengan nama Shingon Syu.

7 -.-. TANTRA DI JEPANG - Yang Arya Mahabhikshu Hui Kuo, murid Amoghavajra serta guru Kobo Daishi; yang merupakan sesepuh agung aliran Tantra Timur (Shingon) pernah mengatakan bahwa,ajaran Tantra sungguh rumit dan penyampaiannya hanya mungkin dilakukan melalui seni. -Tantra Jepang adalah Shigon Syu, dengan pelopornya Honen Shonin dengan pusat di TOJI temple di Kyoto, tetapi perkembangan terluasnya ada di SHIKOKU island dengan bayak kuil yang didirikan oleh Honen Shonin,

8 AJARAN TANTRA TIMUR Tantra Timur disebut esoterik (rahasia/tersembunyi), karena dalam penyebarannya tidaklah bersifat terbuka. Tantra diajarkan oleh seorang guru pada siswanya setelah melalui upacara-upacara ritual dan berbagai bentuk ujian.

9 Aspek Latihan Dalam Tantra Buddhisme esoterik (Tantrayana) dibagi dua kategori, latihan yakni: aspek teoritis (kyoso) dan aspek praktikal (jiso). Hal ini dapat diumpamakan dengan dua roda kereta atau sepasang sayap seekor burung,Dengan demikian, teori dan praktek jelas sekali merupakan dua hal yang tak terpisahkan, Jadi tidak ada yang lebih penting dibandingkan dengan yang lainnya. Berdasarkan analogi kereta dan sepasang sayap seekor burung, apabila salah satu roda kereta lebih besar dibandingkan yang lain, maka kereta itu tidak akan dapat berjalan dengan baik. Hal yang sama berlaku pada seekor burung, jika salah satu sayapnya lebih besar dibandingkan yang lainnya, maka burung itu juga tidak dapat terbang dengan baik. Jadi teori dan praktek adalah dua hal yang tak terpisahkan dan harus dilakukan secara seimbang. ya akan diulas apakah yang akan terjadi bila terdapat ketidak-setimbangan di antara keduanya.

10 SEKIAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA


Download ppt "TANTRA DI TIMUR DISUSUN OLEH TEJO ISMOYO SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA BUDDHA (STIAB) JINARAKKHITA BANDAR LAMPUNG 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google