Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembedaan Benda  Lihat pasal 503-505 BW a. Benda berwujud dan benda tidak berwujud b. Benda bergerak dan tidak bergerak c. Benda yang dapat dihabiskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembedaan Benda  Lihat pasal 503-505 BW a. Benda berwujud dan benda tidak berwujud b. Benda bergerak dan tidak bergerak c. Benda yang dapat dihabiskan."— Transcript presentasi:

1

2 Pembedaan Benda  Lihat pasal BW a. Benda berwujud dan benda tidak berwujud b. Benda bergerak dan tidak bergerak c. Benda yang dapat dihabiskan dan benda yang tidak dapat dihabiskan  Perbedaan yang terpenting adalah benda bergerak dan benda tak bergerak

3 Benda Bergerak 1. Benda bergerak karena sifatnya dapat dipindahkan atau dapat pindah dengan sendirinya (509 BW). Misal : meja, hewan ternak 2. Benda bergerak karena ketentuan UU ( 511 BW) adalah hak-hak atas benda bergerak. Misal :hak memungut hasil, hak pemakaian, saham-saham

4 Benda Tak Bergerak 1. Benda tak bergerak karena sifatnya. Misalnya tanah dan segala sesuatu yang melekat diatasnya 2. Benda tak bergerak karena tujuannya. Misalnya mesin atau alat-alat pabrik 3. Benda tak bergerak menurut ketentuan uu, yaitu meliputi hak-hak atas benda tak bergerak. Misalnya hak memungut hasil atas benda tak bergerak, hak pakai, hipotik, dsb

5 Tujuan Pembedaan benda 1. Cara memperolehnya 2. Cara penyerahannya 3. Cara pembebanannya 4. Mengenai daluwarsa

6 1.Cara perolehannya  Lihat pasal 1977 dan 1963  Untuk menjadi pemilik atau memperoleh hak milik atas benda bergerak, cukup dengan menguasai ( BEZIT ) benda tersebut

7 2.Cara Penyerahannya  Mengenai cara penyerahannya (levering) untuk benda bergerak dapat dilakukan penyerahan nyata ( 612 BW )  Mengenai benda tak bergerak dilakukan dengan balik nama atau alas hak atau akta ( 613,616 )

8 3.Cara Pembebanannya (bezwaring)  Untuk benda bergerak dapat dibebankan gadai (pand) (pasal 1150 BW)  Untuk benda tak bergerak dapat dibebankan hipotek (pasal 1162 BW)

9 4.Daluwarsa ( Verjaring )  Terhadap benda-benda bergerak tidak dikenal verjaring  Hanya berlaku bagi benda-benda tak bergerak ( 1963 BW )


Download ppt "Pembedaan Benda  Lihat pasal 503-505 BW a. Benda berwujud dan benda tidak berwujud b. Benda bergerak dan tidak bergerak c. Benda yang dapat dihabiskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google