Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HABITAT DAN NICHE Habitat: tempat hidup organisme, Tempat dimana seseorang pergi untuk dapat menemukannya (Odum) Niche (relung ekologis) : ruang fisik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HABITAT DAN NICHE Habitat: tempat hidup organisme, Tempat dimana seseorang pergi untuk dapat menemukannya (Odum) Niche (relung ekologis) : ruang fisik."— Transcript presentasi:

1 HABITAT DAN NICHE Habitat: tempat hidup organisme, Tempat dimana seseorang pergi untuk dapat menemukannya (Odum) Niche (relung ekologis) : ruang fisik yang diduduki oleh suatu organisme berikut peranan fungsionalnya. Grinnel: niche = mikrohabitat Charles Elton: Niche : status fungsional suatu organisme dalam komunitasnya Habitat: tempat hidup organisme, Tempat dimana seseorang pergi untuk dapat menemukannya (Odum) Niche (relung ekologis) : ruang fisik yang diduduki oleh suatu organisme berikut peranan fungsionalnya. Grinnel: niche = mikrohabitat Charles Elton: Niche : status fungsional suatu organisme dalam komunitasnya

2 habitat Berdasarkan variasi habitat menurut waktu dibagi menjadi 4 macam (Kramadibrata,1996) yaitu : 1. Habitat yang konstan Yaitu habitat yang kondisinya terus-menerus relatif baik atau kurang baik. 2. Habitat yang bersifat memusim Yaitu habitat yang kondisinya relatif teratur berganti-ganti antara baik dan kurang baik. 3. Habitat yang tidak menentu Yaitu habitat yang mengalami suatu periode dengan kondisi baik yang lamanya bervariasi diselang-selingi oleh periode dengan kondisi kurang baik yang lamanya juga bervariasi sehingga kondisinya tidak dapat diramal. 4. Habitat yang efemeral Yaitu habitat yang mengalami periode dengan kondisi baik yang berlangsung relatif singkat diikuti oleh suatu periode dengan kondisi yang kurang baik yang berlangsungnya lama sekali. ( Kramadibrata, 1996 ).

3 PENJELASAN Tempat yang paling sesuai tersebut dinamakan mikrohabitat. Di mikrohabitat tersebut HEWAN akan terkonsentrasi dan beradaptasi baik secara fisiologi, struktural dan perilaku yang sering disebut relung ekologi. Relung ekologi suatu makhluk hidup tidak hanya tergantung pada tempat hidup tetapi juga pada apa yang diperbuat. Hewan yang dapat beradaptasi paling baik akan dapat memanfaatkan sumber daya secara optimal.

4 Niche: Niche spatial : Longitudinal Vertikal horizontal Niche fisikokimia pH, oksigen, suhu, kecepatan arus, dll Niche Tropik Niche temporal Diurnal, nokturnal, periodisitas

5 Prinsip-prinsip hewan-hewan yang overlap nichenya akan berkompetisi semakin banyak overlapnya, kompetisi akan semakin keras hewan menghindari kompetisi untuk menghindari kompetisi adaptasi perilaku dengan mengarah mensegregasi nichenya.

6 Apa yang terjadi jika 2 spesies berada dalam satu niche? satu spesies akan mengeklusi spesies yang lain dari niche tersebut berbagi niche (sedikit overlap)

7 Diskusikan Mengapa pada suatu habitat dapat dihuni banyak spesies? Mengapa pada terumbu karang banyak dihuni spesies?


Download ppt "HABITAT DAN NICHE Habitat: tempat hidup organisme, Tempat dimana seseorang pergi untuk dapat menemukannya (Odum) Niche (relung ekologis) : ruang fisik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google