Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 4 : Ardian Zuhanta Irkham Abdul Rozak Sriyanto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 4 : Ardian Zuhanta Irkham Abdul Rozak Sriyanto."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 4 : Ardian Zuhanta Irkham Abdul Rozak Sriyanto

2 SONET adalah salah satu teknologi broadband,ada juga ATM, xDSL, VPN, dsb. Broadband dideskripsikan sebagai komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi dan kapasitas tinggi, menggunakan media transmisi DSL, Modem Kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W- LAN, V-SAT, dsb

3 Synchronous Optical Network (SONET) atau Synchronous Digital Hierarchy (SDH) adalah standar protokol multiplexing yang mentransfer beberapa aliran bit digital lebih dari serat optik dengan menggunakan laser atau dioda pemancar cahaya (LED) atau bisa juga diartikan sebagai sebuah jaringan teknologi lapisan fisik dirancang untuk membawa volume besar lalu lintas jarak yang relatif lama pada kabel serat optik. SONET dan SDH prinsip kerjanya hampir sama karena menggunakan data rate yg sama.

4 SONET awalnya dirancang oleh American National Standards Institute (ANSI) untuk jaringan telepon umum di Amerika Serikat pertengahan 1980-an. SONET (dikenal di luar AS sebagai hirarki digital sinkron atau SDH) adalah teknologi jaringan yang dibangun di sekitar cincin serat optik ganda. Jika satu cincin gagal, jaringan dirancang untuk segera beralih ke cincin lalu lintas lainnya. Pada intinya, SONET menggunakan time- division multiplexing untuk memindahkan data pada kecepatan hingga 2.488G bit / sec. SONET menyediakan adalah struktur framing canggih untuk operasi, administrasi dan pemeliharaan dalam jaringan.

5 Salah satu karakteristik SONET yang paling menarik adalah dukungan untuk topologi cincin. Gambar diatas mengilustrasikan konsep cincin SONET. Biasanya, salah satu bagian dari serat – working ring - menangani semua lalu lintas data, tetapi bagian kedua serat – protection ring tetap siaga. Jika working ring gagal maka SONET mampu untuk secara otomatis mendeteksi kegagalan dan kontrol transfer ke protection ring dalam waktu yang sangat singkat

6

7 1)SONET MAMPU mendefinisikan standar interoperabilitas yang jelas antara produk vendor yang berbeda 2)SONET dapat melakukan hampir semua protokol tingkat tinggi (termasuk IP), dan 3)SONET termasuk built-in mendukung untuk memudahkan manajemen dan pemeliharaan.

8 Definisi antara Sonet dan SDH 1)Synchronous Digital Hierarchy (SDH) standar pada awalnya didefinisikan oleh ETSI atau Eropa Standards Institute Telekomunikasi 2)Synchronous Optical Networking (SONET) standar seperti yang didefinisikan oleh GR-253-CORE dari Telcordia dan T1.105 dari American National Standards Institute

9 SONET dan SDH, yang pada dasarnya adalah sama, pada awalnya dirancang untuk mengangkut modus komunikasi rangkaian dari berbagai sumber yang berbeda. Kesulitan utama dalam melakukan ini sebelum SONET / SDH adalah bahwa sumber sinkronisasi dari sirkuit yang berbeda berbeda. Ini berarti setiap sirkuit sebenarnya beroperasi pada tingkat yang sedikit berbeda dan dengan fase yang berbeda. SONET / SDH diizinkan untuk pengangkutan simultan dari berbagai rangkaian yang berbeda asal dalam satu protokol framing tunggal.

10 Dibandingkan dengan kabel Ethernet yang mencakup jarak hingga to100 meter (328 kaki), SONET umumnya berjalan lebih jauh lagi. Bahkan link jangkauan pendek rentang hingga 2 kilometer (1,2 mil)

11


Download ppt "Kelompok 4 : Ardian Zuhanta Irkham Abdul Rozak Sriyanto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google