Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan Basis Data Relasional (ERD) bag.2 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan Basis Data Relasional (ERD) bag.2 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 7."— Transcript presentasi:

1 Perancangan Basis Data Relasional (ERD) bag.2 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 7

2 Pokok Bahasan / GBPP (SILABUS) : Langkah-langkah dalam perancangan ERD. Konversi ERD ke dalam bentuk Relasional. Studi Kasus

3 Tahapan Pembuatan ERD 1. Mengidentifikasi dan menetapkan seluruh himpunan entitas yang akan terlibat. 2. Menentukan atribut-atribut key dari masing-masing himpunan entitas. 3. Mengidentifikasi dan menetapkan seluruh himpunan relasi di antara himpunan-himpunan entitas yang ada beserta foreign key nya. 4. Menentukan derajat/ kardinalitas relasi untuk setiap himpunan relasi. 5. Melengkapi himpunan entitas dan himpunan relasi dengan atribut-atribut deskriptif (non key).

4 STUDI KASUS

5 Latihan 1  Sebuah perusahaan menjual mobil, dimana mobil yang dijual terdiri dari berbagai tipe. Setiap karyawan dapat menjual 1 atau lebih mobil dari berbagai tipe dalam 1 hari. Pekerjaan karyawan pada akhir bulan akan diberikan kompensasi berupa gaji + bonus ditentukan berdasarkan jumlah kendaraan mulai dari Rp untuk 1 mobil dan berlaku kelipatannya.

6 Latihan 2  Sebuah Universitas memiliki beberapa fakultas pendidikan dimana setiap fakultas memiliki minimal 2 jurusan. Setiap jurusan tentunya menaungi banyak mahasiswa yang ditempatkan dalam banyak kelas. Satu fakultas dikepalai oleh seorang Dekan yang membawahi banyak dosen-dosen pengajar. Walaupun seorang dosen dapat mengajar banyak kelas, tetapi setiap dosen hanya diizinkan mengajar satu jenis mata kuliah.

7 Latihan 3  Suatu lembaga penerapan teknologi memiliki beberapa departemen dalam mengelola kegiatannya. Departemen-departemen tersebut mengerjakan proyek yang ada. Pegawai-pegawai yang bekerja di lembaga tersebut harus terdaftar untuk satu departemen dan setiap departemen pasti memiliki sejumlah pegawai. Walaupun untuk satu departemen dapat mengerjakan beberapa proyek namun tidak semua departemen mengerjakan proyek serta untuk satu proyek harus dikerjakan oleh satu departemen.

8 Renni Angreni, M.Kom.


Download ppt "Perancangan Basis Data Relasional (ERD) bag.2 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google