Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Step by Step ERD Perancangan Basis Data (by Normandito W, S.Kom)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Step by Step ERD Perancangan Basis Data (by Normandito W, S.Kom)"— Transcript presentasi:

1 Step by Step ERD Perancangan Basis Data (by Normandito W, S.Kom)

2 Step 1 Knows element-element of ERD 1. Enitity 2. Relationship 3. Atribut

3

4 Step 2 Knows Cardinality Adalah Derajat hubungan 1. 1:1 2. 1:M 3. M:N

5 Cardinality 1:1

6 Cardinality 1: M

7 Cardinality M: N

8 Contoh Setiap dosen mengajar 1 matakuliah. Tiap matakuliah diajarkan oleh seorang dosen Maka diagram hubungan atar entitas (entity)

9 Dari diagram sebelumnya dapat dibuat E-R nya :

10  Jika terjadi kasus Setiap dosen harus mengajar satu mata kuliah. Tiap mata kuliah mungkin diajarkan oleh seorang dosen dan mungkin belum ada yang mengajar.

11  Atau jika Seorang dosen harus boleh mengajar satu mata kuliah dan seorang dosen boleh tidak mengajar. Tiap mata kuliah harus diajarkan oleh seorang dosen.

12 Step 3 Follow this instructions

13 Contoh kasus  Sebuah perusahaan memiliki beberapa departemen.  Setiap departemen terdiri dari seorang supervisor dan paling sedikit satu orang pegawai.  Pegawai dapat bekerja paling tidak di satu departemen, tapi mungkin juga lebih dari satu departemen.  Sedikitnya satu orang pegawai diikutsertakan dalam sebuah proyek  seorang pegawai mungkin berlibur dan tidak diikutsertakan dalam proyek apapun.

14 Identifikasi Entitas  Entitas dalam sistem ini adalah Departemen, Pegawai, Supervisor dan Proyek.

15 Tentukan Relationship

16 Gambar Kasar (rudges) ERD

17 Tentukan Kardinalitas Berdasarkan deskripsi permasalahan, dapat diketahui bahwa:  Setiap Departemen dipimpin oleh satu Supervisor  Seorang Supervisor hanya memimpin satu Departemen  Setiap Departemen memiliki paling sedikit satu Pegawai  Setiap Pegawai bekerja paling sedikit pada satu Departemen  Setiap Proyek paling sedikit melibatkan satu orang Pegawai  Seorang Pegawai dapat terlibat dalam beberapa Proyek atau bahkan tidak sama sekali.

18

19 Tentukan Kunci Utama Kunci utama (primary keys) adalah Nama Departemen (NmDept), Nomor Supervisor (NoSpv), Nomor Pegawai (NoPeg) dan Nomor Proyek (NoPryk)

20 Menentukan Atribut


Download ppt "Step by Step ERD Perancangan Basis Data (by Normandito W, S.Kom)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google