Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KATERING Catering Calypso Oleh Dina Maya Anggraini105100701111029 Ganggas Prasidya105100701111034 Feri Surya Erlangga105100707111002.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KATERING Catering Calypso Oleh Dina Maya Anggraini105100701111029 Ganggas Prasidya105100701111034 Feri Surya Erlangga105100707111002."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN KATERING Catering Calypso Oleh Dina Maya Anggraini Ganggas Prasidya Feri Surya Erlangga

2 Pernikahan adalah salah satu momen berharga yang tak tergantikan dalam hidup. Dengan semakin berkembangnya jaman, para calon pengantin ingin menghadirkan sesuatu yang unik dalam momen penting mereka. Untuk itu maka, usaha catering harus menyesuaikan keinginan pihak penyelenggara acara termasuk ide dan konsep yang diinginkan beserta kemampuan mereka terutama dari segi financial, dengan kemampuan yang dimiliki oleh pihak catering untuk merealisasikannya. Sinergi tersebut merupakan tantangan terbesar bagi pihak catering untuk memuaskan semua pihak.

3 Tujuan dari dibuatnya perencanaan bisnis ini adalah untuk memberi gambaran terhadap usaha jasa penyediaan makanan dan minuman (catering) yang memiliki konsep unik serta bagaimana penilaian kelayakannya dari segi manajemen dan bisnis.

4 Pimpinan Catering Divisi Pemasaran Divisi Personalia dan Produksi Divisi Keuangan Sekretaris

5 Konsep Khoser Catering “Under The Sea” Tantangan dalam konsep Untuk ketersediaan bahan baku, tantangan yang pertama adalah ketersediaan beberapa jenis bahan baku yang terbatas. Tidak seperti ikan hasil penangkaran, ikan laut merupakan hasil tangkapan murni sehingga kuantitas yang didapat tidak selalu sama setiap waktu. Kedua, daya simpan bahan yang sangat terbatas menyebabkan bahan baku yang digunakan harus didatangkan dalam kondisi segar.

6 Strategi usaha yang diterapkan mencakup PRODUCT, PLACE, PRICE dan PROMOTION. Gambaran umum strategi yang akan diterapkan dapat dilihat seperti gambar berikut : Price Product Place Promotion

7 StrengthWeaknessOpportunityThreat

8 Dari segi kekuatan (Strenght), catering Calypso memiliki konsep yang unik yang berkonsep “Under the Sea” semua hidangan yang disajikan mengandung komponen yang berasal dari laut. Konsep ini merupakan konsep yang sederhana namun tidak mudah untuk direalisasikan. Hal ini disebabkan karena bahan makanan yang berasal dari laut memiliki daya simpan yang singkat. Pengolahan lebih lanjut seperti frozing maupun chilling atau proses lain yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya simpan akan sangat mempengaruhi tekstur dan rasa bahan baku yang digunakan.

9 Kelemahan (Weakness) dalam konsep ini jarang dilakukan di Indonesia dan jarang terkenal, selain itu konsep ini jarang terpikirkan di Indonesia sendiri. Selain itu konsep ini terlalu mewah dan jelas membutuhkan budget yang besar dan tentu membutuhkan waktu yang lama dalam penyediaan dekorasi.

10 Dari Segi Opportunity, dari catering yang berkonsep unik ini kita dapat tampil beda dari pada catering catering yang lainnya. Dan jelas konsep ini memberikan kesan yang berbeda dan pengalaman baru pada konsumen. Selain itu kesempatan yang didapat dari catering ini yaitu memberikan kesan penasaran dari konsumen, sehingga konsumen pun menjadi penasaran seperti apa konsep yang dibuat oleh catering ini.

11 Threat atau ancaman, catering ini berpotensi untuk tergusur atau tersingkirkan oleh pesaing lain. Dikarenakan konsep ini masih baru, dan belum populer oleh masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Selain itu konsep ini memiliki harga yang mahal sehingga akan mudah dikalahkan oleh usaha katering yang lebih murah.

12 Paket LIKE Paket ini merupakan paket yang diterapkan dengan harga Rp ,- per kepala dengan pesanan minimum 500 orang. Adapun isi dari paket tersebut adalah : Kepiting Asam Manis (Diameter kepiting 8-10 cm dengan standar porsi 1 ekor untuk 1 orang undangan) Cumi Bumbu Kari (Ukuran standar porsi) Kerapu Pedas Manis (Ukuran standar porsi) Sup Asparagus Kepiting (Ukuran standar porsi) Nasi putih Snack (Fish Chips / Nugget Ikan dan Tempura) 2 buah Joglo (Lontong Kupang dan Bubur Manado) Puding Vla (3 varian rasa, yaitu coklat, vanilla atau strawberi) Es Kelapa Air Putih

13 Paket LOVE Paket ini merupakan paket yang diterapkan dengan harga Rp ,- per kepala dengan pesanan minimum 500 orang. Adapun isi dari paket tersebut adalah : Kepiting Saus Tiram (Diameter kepiting cm dengan standar porsi 1 ekor untuk 1 orang undangan) Cumi Balado (Ukuran standar porsi) Kerapu Saus Tauco (Ukuran standar porsi) Sup Krim Udang (Ukuran standar porsi) Nasi putih / Nasi Hainan (Dapat dipilih) Snack (Tuna Sandwich dan Sate Kerang) 2 buah Joglo (Kung Satay / sate seafood ala Thailand dan Bakso Ikan) Fruit and Vegetable Salad Es Buah Air Putih

14 Paket AFFECTION Paket ini merupakan paket yang diterapkan dengan harga Rp ,- per kepala dengan pesanan minimum 500 orang. Adapun isi dari paket tersebut adalah : Kepiting Saus Telur Asin (Diameter kepiting cm dengan standar porsi 1 ekor untuk 1 orang undangan) Calamari Vietnamesse (Ukuran standar porsi) Kerapu Steam (Ukuran standar porsi) Sup Bibir Ikan (Ukuran standar porsi) Nasi putih / Nasi Hainan (Dapat dipilih) Snack (Mocktail Snack yaitu Shrimp Cyclades dan Tomato Salmon) 2 buah Joglo (Sushi California Maki dan Tiram Rebus) Ice Cream Pudding Es Kopyor Air Putih

15 Paket LIKE BEP=Rp ,- : [ 1 – ( Rp ,- : Rp ,-) =Rp ,- : =Rp ,- Paket LOVE BEP=Rp ,- : [ 1 – ( Rp ,- : Rp ,-) =Rp ,- : =Rp ,-

16 Beberapa Menu Catering Calypso Under The Sea Sop Asparagus Kepiting Asam Manis Cumi Kari Sup Krim Udang Kerapu Steam Asam Pedas

17 TERIMA KASIH


Download ppt "MANAJEMEN KATERING Catering Calypso Oleh Dina Maya Anggraini105100701111029 Ganggas Prasidya105100701111034 Feri Surya Erlangga105100707111002."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google