Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ADVERTISING NURUL MUSTAWATIRA P.. PENILAIAN Kehadiran (20%) Keaktifan (10%) Tugas (30%) UTS (20%) UAS (20%)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ADVERTISING NURUL MUSTAWATIRA P.. PENILAIAN Kehadiran (20%) Keaktifan (10%) Tugas (30%) UTS (20%) UAS (20%)"— Transcript presentasi:

1 ADVERTISING NURUL MUSTAWATIRA P.

2 PENILAIAN Kehadiran (20%) Keaktifan (10%) Tugas (30%) UTS (20%) UAS (20%)

3 WARNING !!! STOP MENGELUH KERJA

4 PERTEMUAN 1 PENGANTAR PERIKLANAN

5 MATERI Pengertian Iklan Sejarah Periklanan Fungsi dan tujuan Periklanan Advertising Agencies

6 APA ITU ADVERTISING????

7 PENGERTIAN IKLAN MENURUT PARA AHLI Menurut Jefkins pengertian iklan adalah advertising aims to persuade people to buy. Menurut Otto Klepper, Istilah advertising berasal dari bahasa latin yaitu ad- vere yang berarti mengoperkan pikiran dan gagasan kepada pihak lain. Dunn dan Barban : Iklan merupakan bentuk kegiatan komunikasi non personal yang disampaikan lewat media dengan membayar ruang yang dipakainya untuk menyampaikan pesan yang bersifat membujuk (persuasive) kepada konsumen oleh perusahaan, lembaga non komersial maupun pribadi yang berkepentingan.

8 PENGERTIAN IKLAN Periklanan merupakan penyebaran informasi tentang suatu gagasan, barang atau jasa, untuk ‘membujuk’ orang agar berfikir, bersikap atau bertindak sesuai dengan keinginan pengiklan.

9 SEJARAH PERIKLANAN 4000 SM Mesir menggunakan papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster- poster

10 SEJARAH PERIKLANAN ABAD KE 17 Iklan mulai muncul di koran mingguan di Inggris. Iklan cetak awal ini digunakan terutama untuk mempromosikan buku dan surat kabar. ABAD KE 18 Koran Prancis La Presse adalah yang membuat program iklan yang dibayar di perhalaman-halamannya, yang memungkinkan untuk menurunkan harga, memperluas pembaca dan meningkatkan perusahaan profitabilitas dan formula itu segera ditiru oleh semua kalangan. AWAL 1920-an Penyebaran iklan melalui radio AWAL 1950 Penyebaran iklan melalui televisi

11 FUNGSI PERIKLANAN Fungsi iklan menurut Bovee (1985) dalam Excellence Advertising, sebagai berikut : Mendiferensikan produk Mengkomunikasikan informasi produk Mendorong pemakaian produk Mengembangkan distribusi Meningkatkan preferensi dan loyalitas merek Mengurangi harga penjualan

12 TUJUAN PERIKLANAN Tujuan Iklan Sudut padang perusahaan Sudut pandang konsumen

13 TUJUAN PERIKLANAN Sudut pandang perusahaan 1.Menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide. 2.Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya. 3.Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.

14 TUJUAN PERIKLANAN Sudut pandang konsumen Iklan dipandang sebagai suatu media penyedia informasi tentang kemampuan, harga, fungsi produk maupun atribut lainnya yang berkaitan dengan suatu produk.

15 SECARA UMUM TUJUAN IKLAN SEBAGAI BERIKUT: Iklan Informatif Iklan Persuasif Iklan Pengingat Iklan Penambah Nilai Iklan Bantuan Aktivitas Lain

16 DEFINISI ADVERTISING AGENCIES (BIRO IKLAN) Perusahaan yang memberikan jasa untuk membantu merencanakan dan melaksanakan kampanye periklanan

17 SUMBER PENDAPATAN Agency fee (biaya periklanan) Diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan periklanan Agency commission (komisi periklanan). Potongan sebesar 15% yang diberikan oleh media kepada perusahaan periklanan terhadap pembelian media.

18 JENIS-JENIS BIRO IKLAN Full-Service Agencies: berbagai tenaga profesional memenuhi keinginan promosi yang diperlukan klien. Contoh: Matari, Lowe. Creative Boutique: menitikberatkan pada pengembangan konsep kreatif, penulisan naskah iklan, dan jasa artistik dari klien. Keuntungannya: karena lebih spesifik, kemampuan mereka lebih hebat lagi. Contoh: Leboye. Interactive Media: membuat komunikasi pemasaran melalui media baru, seperti: internet. In-House Agencies: bagian dari sebuah perusahaan, yang bertanggungjawab untuk merencanakan dan mempersiapkan materi untuk iklan. Media Specialist: mengkhususkan pada pembelian waktu dan tempat media serta menawarkan konsultasi strategi media, baik kepada biro iklan dan pemasang iklan. Contoh: Mindshare.

19 TIPE-TIPE BIRO IKLAN The Global Agency Gabungan dari berbagai jenis advertising agency dan mempunyai cabang dan anak perusahaan yang tersebar di seluruh dunia. Klien-klien yang diperoleh merupakan klien yang sama dengan kantor pusat. The International Affiliate Kerja sama antara advertising agency local dengan luar. Bertujuan untuk menarik multinasional klien. Advertising agency luar hanya bertindak sebagai silent partner. The Local Agency Merupakan advertising agency yang seratus persen di dirikan oleh tenaga- tenaga lokal.

20 WASSALAM…


Download ppt "ADVERTISING NURUL MUSTAWATIRA P.. PENILAIAN Kehadiran (20%) Keaktifan (10%) Tugas (30%) UTS (20%) UAS (20%)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google