Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Pemasaran Terpadu (Intergrated Marketing Communication) Pertemuan 06 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Pemasaran Terpadu (Intergrated Marketing Communication) Pertemuan 06 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Komunikasi Pemasaran Terpadu (Intergrated Marketing Communication) Pertemuan 06 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009

3 Bina Nusantara University 3 Komunikasi Pemasaran Terpadu (Intergrated Marketing Communication) Pertemuan 06

4 Bina Nusantara University 4 Definisi Komunikasi Pemasaran Terpadu (1) Suatu konsep managemen pemasaran yang dibuat untuk menggunakan semua aspek komunikasi pemasaran seperti pembuatan iklan, promosi, humas, dan pemasaran langsung sebagai satu kesatuan baik menggunakan sarana online maupun offline. Komunikasi Pemasaran Terpadu ditujukan untuk mempromosikan suatu produk/ jasa dengan meningkatkan kesadaran konsumen

5 Bina Nusantara University 5 Definisi Komunikasi Pemasaran Terpadu (2) Dalam proses manajemen pemasaran ini menggabungkan metode online dan offline sebagai sarana pemasaran iklan. Sarana pemasaran online meliputi berbagai online media internet, mulai dari Search Engine Optimazation, afiliasi internet, , web banner, web seminar blog, RSS, podcast, internet TV dan lain-lain. Sarana pemasaran offline menggunakan tradisional media cetak,seperti iklan koran, majalah, hubunngan masyarkat, iklan radio, billboard, iklan televisi dan lain-lain.

6 Bina Nusantara University 6 Pengenalan Media Iklan: Iklan Lini Atas (Above-The-Line) Media Iklan Lini Atas (Above-The-Line) adalah tipe pemasaran iklan dengan menggunakan berbagai media yang sangat dominan, iklan jenis ini, dikuasai oleh lima media yang berhak mengatur pengakuan dan pembayaran komisi kepada biro-biro iklan, seperti Televisi, Radio, Media Cetak (koran dan majalah), media Iklan Outdoor (Banner/ Billboard), dan Sinema. Sebagian besar media iklan lini atas lebih dikenal dengan penggunaan Televisi dan Radio. Tipe komunikasi ini lebih konvesional dan kurang personal terhadap konsumen.

7 Bina Nusantara University 7 Pengenalan Media Iklan: Iklan Lini Bawah (Below-The-Line) Media Iklan Lini Bawah (Below-The-Line) merupakan tipe pemasaran media jenis non-konvesional untuk mempromosikan suatu merek yang lebih spesifik dibuat untuk konsumen dengan periode iklan yang cukup singkat. Pada umumnya, Iklan Lini Bawah memiliki bugdet yang terbatas, sehingga tipe ini sangat fokus terhadap respon dari konsumen. Media Iklan Lini Bawah merupakan media iklan selain Iklan Lini Atas, seperti direct mail, , public relations, dan promosi pemasaran lainnya yang memiliki list target konsumen yang ditujukan untuk memaksimalkan rating respon konsumen.

8 Bina Nusantara University 8 Pembedaan Iklan Media Lini Atas dan Bawah Pada awalnya istilah Lini Atas dan Bawah ini muncul dari istilah akuntansi dan digunakan oleh Procter and Gamble, salah satu klien periklanan besar didunia. Pada tahun 1950an dan 1960an, P&G harus membayar biaya biro periklanan yang sangat besar dengan booking komisi dari media Televisi, yakni Above-The-Line. Hal selain ini P&G harus membayar komisi untuk Below-The-Line. Perbedaan yang sangat mendasar dari Below-The-Line Advertising, adalah penggunaan non-konvensional branding strategi, seperti direct maildan media cetak yang umumnya tidak menggunakan motion graphics.

9 Bina Nusantara University 9 Pengenalan Media Alternatif Iklan Seiring dengan perkembangan teknologi, pemasaran dalam bentuk iklan pun mengalami evolusi media pemasaran alternatif. Contoh media alternatif: SMS, RSS, , Ambience Media, Mobile Advertising, Web-seminar, Blog, Sponsorhips, Internet TV, Pay-per-click internet banner, podcast, dan lain-lain.

10 Bina Nusantara University 10 Tugas 1.Pilih salah satu media alternative yang Anda sukai, berikan pendapat Anda apakah media tersebut merupakan media iklan yang efektif? 2.Dengan menggunakan media alternative yang Anda sudah pilih pada pertanyaan No.1, menurut Anda apakah media tersebut termasuk didalam jenis iklan Above or Below The Line? 3.Apabila Anda memiliki suatu perusahaan Waralaba, jenis iklan apa yangakan Anda gunakan untuk mempromosikan perusahaan Anda? Jelaskan dengan kata-kata Anda sendiri!


Download ppt "Komunikasi Pemasaran Terpadu (Intergrated Marketing Communication) Pertemuan 06 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google