Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OTONOMI KHUSUS (Otonomi khusus NAD, Papua, DKI Jakarta dan Yogyakarta)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OTONOMI KHUSUS (Otonomi khusus NAD, Papua, DKI Jakarta dan Yogyakarta)"— Transcript presentasi:

1 OTONOMI KHUSUS (Otonomi khusus NAD, Papua, DKI Jakarta dan Yogyakarta)

2 Dasar pembentukan  Pasal 2 ayat 8 Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan undang-undang.  Pasal 2 ayat 8 Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3 Definisi kawasan khusus 1.NAD 2.DKI Jakarta 3.DI Yogyakarta 4.Papua Kawasan khusus adalah bagian wilayah dalam provinsi dan/atau kabupaten/kota yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan fungsi-fungsi pemerintahan yang bersifat khusus bagi kepentingan nasional.

4 Pembentukan kawasan khusus  Syarat-syarat (lihat pasal 5 UU ) : 1.Administratif : disetujui DPRD (kabupaten/kota) dan Bupati/walikota, DPRD Provinsi, Gubernur dan Mendagri. 2.Teknis : kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, kependudukan, luas daerah, pertahanan, keamanan dan faktor lain. 3.Fisik kewilayahan : Min 5 kab. Utk pembentukan provinsi, Min 5 kec. Utk pembentukan kabupaten, Min 4 kec utk pembentukan kota, lokasi calon ibu kota, sarana, dan prasarana pemerintahan.


Download ppt "OTONOMI KHUSUS (Otonomi khusus NAD, Papua, DKI Jakarta dan Yogyakarta)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google