Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perkembangan Arsitektur 1950 -1970 Gb.1/ 10 : Judul Pertemuan 09 Matakuliah: SEJARAH ARSITEKTUR II Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perkembangan Arsitektur 1950 -1970 Gb.1/ 10 : Judul Pertemuan 09 Matakuliah: SEJARAH ARSITEKTUR II Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Perkembangan Arsitektur Gb.1/ 10 : Judul Pertemuan 09 Matakuliah: SEJARAH ARSITEKTUR II Tahun: 2009

3 Bina Nusantara University 3 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9. Gb.2 / 10  Kurun waktu adalah kelanjutan dari perkembangan dunia yang dari segi politik terbagi dalam Blok Barat yang Kapitalist dengan Amerika Serikat dan Inggris serta sekutu- sekutunya, berhadapan dengan Blok Timur yaitu Rusia dengan sekutu-sekutunya yang berhaluan Komunis.Ada beberapa negara yang terbelah di dalam dua blok tersebut seperti Jerman dan Korea.  Dari segi perkembangan kebudayaan termasuk arsitekturnya pun demikian. Bilamana negara2 yang terkelompok Blok Barat lebih terbuka dan melanjutkan arsitektur modern dan mengembangkan teknologi yang inovatif; maka arsitektur di negara2 di Blok Timur cenderung besifat arsitektur politis dan anti-modern yang dikendalikan oleh pemerintah, atau ‘kebebasan berekspresi yang dibatasi’.  Amerika Serikat khususnya yang semula hanya mitra Eropa, mulai menunjukkan menjadi kekuatan sebagai sebuah adi negara dunia. Para arsitek yang hijrah dari Eropa mulai berkiprah dan membuat nama di dunia arsitektur internasional.  Benua Amerika mulai menampakkan perkembangan arsitektur dengan karya-karya yang harus diperhitungkan, termasuk Brasilia ibukota Brasil di tengah hutan.  Di Asia, beberapa arsitek Jepang mulai dikenal di dunia internasional.

4 Bina Nusantara University 4 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9. Gb.3 / 10 Gb.kiri: Bangunan pemerintah dengan patung raksasa sebagai mahkotanya. Gb.atas: Perumahan masal yang megah,namun sepi.Jalan yang lebar hanya untuk keperluan pawai pada hari- hari upacara kenegaraan. Citra tipikal dari Arsitektur Blok Timur - Komunis

5 Bina Nusantara University 5 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9. Gb.4 / 10 Sumbangan Le Corbusier dalam arsitektur modern: - Konsep Rumah adalah mesin manusia - Modular - Cite Radieuse - Brutalisme – - Fungsionalisme

6 Bina Nusantara University 6 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9. Gb.5 / 10  Tahun an merupakan puncak arsitektur modern yang dibantu dengan perncangan arsitektur yang dibantu dengan komputer dan teknologi bangunan canggih lainnya a.l. konstruksi beton untuk mengekspresikan bentuk.  Gb.Kanan adalah Dulles Airport di Washington karya Eero Saarinen 1956, gambar bawah juga karya arsitek Saarinen,TAW airport New York, di tahun yang sama 1956 G.Bawah kanan Gd.Parlemendi kota Brasilia, karya Oscar Niemeyer 1958.

7 Bina Nusantara University 7 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9. Gb. 6 / 10 Untuk arsitektur yang lebih sederhana seperti perumahan perorangan, sejak pemulaan abad ke XX sampai ke tahun 1970-an, banyak desain bangnunan rumah yang khas, antara lein seperti yang terkelompok apa yang di sebut Ad Hoc Architecture seperti contoh di gambar-gamber sebelah.

8 Bina Nusantara University 8 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9.Gb.7 / 10 Arsitektur Metafora adalah arsitektur yang dari segi bentuknya dapat mengingatkan atau diinterpretasikan sebagai bentuk yang berlainan dari bentuk aslinya. Contoh bentuk atap dari Gd.Opera di Sydney, ada yang melihat sebagai layar berkembang, ada yang seakan-akan 3 kura-kura berdiri, dsb. Begitu juga gambar kanan, bangunan yang seperti dadu itu bukanlah untuk manusia hidup, tetapi pemakaman atau rumah abu di Modena karya A.Rossi, 1960-an

9 Bina Nusantara University 9 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9.Gb.8 / 10 Teknologi dalam arsitektur masuk karena kebutuhan pembangunan yang rasional di tahun2 pasca PD II. Tingkat terapannya sangat pesat apalagi dengan bantuan komputer. Selain itu penemuan bahan bangunan baru serta teknologi konstruksi bangunan yang inovatif telah mewujudkan bangunan2 yang luar biasa dari segi bentuk dan strukturnya karya arsitek terkemuka dunia. Beberapa contoh ditampilkan di gambar sebelah: Struktur tenda, atap membran tekstil, sambungan enam sudut, konstruksi rangka ruang (space frame), sistim pembangunan gedung tinggi dan apartemen., dsb.

10 Bina Nusantara University 10 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9.Gb. / 10 Gb.atas: Interior dari langit-langit/ kubah dari Mesjid di Roma / Pusat Kebudayaan Islam; karya Portoghesi ( ). Konstrksi kubah yang dekoratif memadukan citra Islam modern yang terinspirasi ayat2 Al Quran, An Nuur (Cahaya), dan dari struktur pohon palm. Gb.Bawah : Gedung Pompidou Center di Paris; karya Renzo Piano dan Richard Rogers ( ).Ekpressi struktur dengan ‘menelanjang- kan’ semua fungsi ruang, bentuk dan struktur dengan penataan warna berdasarkan tri-colour bendera Perancis. Bentuk bangunan sangat kontrast dengan lingkungannya yang merupakan kawasan tua yang bangunan2-nya bergaya abad XVIII –XIX.

11 Bina Nusantara University 11 Sejarah Arsitektur 2 Pertemuan 9.Gb.10 / 10 Gb.Kiri : Gd.Grand Arch yang dibangun untuk memperingati 200 th.revolusi sosial Perancis. Karya J.O.v Spreckelsen Th.1988.Gd ini berada di satu sumbu dengan Gd Louvre di mana ada piramid gelas karya Pei dari periode yang sama. Gb.Kanan: Gd.Institut Konstruksi Ringan di Stuttgart jerman karya Frei Otto, Th.1976.Konstuksi dengan sistem membran ringan yang terbuka ini diterapkan juga di stadion Olimpiade Munich, dan di beberapa pameran arsitektur di Montreal dll. oleh ybs.

12 Bina Nusantara University 12 SELESAI


Download ppt "Perkembangan Arsitektur 1950 -1970 Gb.1/ 10 : Judul Pertemuan 09 Matakuliah: SEJARAH ARSITEKTUR II Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google