Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN VIII. MENENGOK PERKEMBANGAN SEJARAH HOTEL DUNIA Sejarah hotel tidak berbeda jauh dengan cerita sejarah - tempat-tempat lain yang umumnya menceritakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN VIII. MENENGOK PERKEMBANGAN SEJARAH HOTEL DUNIA Sejarah hotel tidak berbeda jauh dengan cerita sejarah - tempat-tempat lain yang umumnya menceritakan."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN VIII

2 MENENGOK PERKEMBANGAN SEJARAH HOTEL DUNIA Sejarah hotel tidak berbeda jauh dengan cerita sejarah - tempat-tempat lain yang umumnya menceritakan asal- usul sebuah tempat. Hotel yang memang dirasa cukup – membantu ini, terlebih bagi mereka yang memang sang- at hobi melakukan perjalanan.

3 SEJARAH HOTEL – MASA ROMAWI Menurut beberapa sumber tertulis, sejarah hotel sudah ada mulai masa Romawi. Saat itu telah muncul rumah-rumah penginapan yang disebut “mansiones” di sepanjang jalan-jalan utama kota yang disewakan untuk para pelancong. Mansiones itu sendiri berarti flat. Antara satu mansiones dengan mansiones lainnya biasanya berjarak hingga puluhan kilometer.

4 Persinggungan antara Barat dan Timur dalam Perang Salib (dimulai 1096 M) berperan penting dalam melahirkan kota-kota baru di sepanjang Asia kecil, yaitu wilayah Turki yang memanjang ke Syiria dan akhirnya Palestina. Peperangan ini secara tidak langsung juga ikut “menyumbang cerita” pada perjalanan sejarah hotel dunia. Di sepanjang jalur ini, ada banyak peginapan yang diperuntukkan bagi para prajurit dan pejiarah yang ingin berkunjung ke Palestina. Bahkan pada abad pertengahan, kehadiran rumah-rumah penginapan menapat dukungan dari otoritas gereja untuk kepentingan pejiarah

5 Setela abad pertengahan, rumah-rumah penginapan tidak hany menyediakan fasilitas penginapan, tetapi juga mulai melengkapinya dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti : bar, salon, dan kedai makanan. Jumlah kamar pun mulai diperbanyak hingga mencapai puluhan. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya hotel dalam makna sebenarnya, yaitu gedung tempat singgah yang menyediakan fasilitas lengkap.

6 SEJARAH HOTEL – LAHIRNYA HOTEL-HOTEL MODERN Sejarah hotel dimulai pada abad ke-18, di kota-kota besar Eropa dan Amerika yang menjadi awal lahirnya hotel-hotel modern sekarang ini. Tahun 1774 : Hotel Covent Garden di London Tahun 1794 : City Hotel di New York, Amerika Industri perhotelan berkembang pesat pada abad ke- 19., semacam London, Paris, New York, Boston, San Fransisco, dan lainnya.

7 Para pengelola hotel-hotel ini, sekaligus pelaku dari sejarah hotel ini tidak hanya menawarkan paket pelayanan tempat tinggal sementara tetapi juga menyediakan tempat pertemuan dan konferensi beserta perangkat teknologi terbaru, semacam telepon, dan televisi. Akhir abad ke-19 memunculkan hotel-hotel dengan label khusus, misalnya Ellsworth Statler Hotel di New York yang didirikan tahun 1880, hotel ini merupakan Chain hotel alias jaringan hotel pertama di dunia.

8 Pada masa berlangsungnya Perang Dunia ke-2, bisnis perhotelan berkembang pesat. Para pengelola lebih memilih untuk mengembangkan hotel yang ada, baik dari segi fasilitas, kuantitas pelayanan, dan manajemen, termasuk berpindahnya kepemilikan hotel dari pribadi ke dalam sebuah korporasi. Dalam perkembangan sejarah hotel selanjutnya, industri hotel-hotel besar di Amerika mulai melebarkan sayapnya dengan menggunakan sistem Franchise. Lahirlah jaringan hotel-hotel besar di bawah korporasi besar, Hilton, Hyatt, JW Marriott, dan sebagainya.

9 SELESAI


Download ppt "PERTEMUAN VIII. MENENGOK PERKEMBANGAN SEJARAH HOTEL DUNIA Sejarah hotel tidak berbeda jauh dengan cerita sejarah - tempat-tempat lain yang umumnya menceritakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google