Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GAMBARAN UMUM STUDISTUDI KELAYAKAN BISNIS STUDI. PENDAHULUAN Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Pentingnya Menanam lnvestasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GAMBARAN UMUM STUDISTUDI KELAYAKAN BISNIS STUDI. PENDAHULUAN Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Pentingnya Menanam lnvestasi."— Transcript presentasi:

1 GAMBARAN UMUM STUDISTUDI KELAYAKAN BISNIS STUDI

2 PENDAHULUAN Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Pentingnya Menanam lnvestasi Pentingnya Menanam lnvestasi Tujuan Dilakukan Studi Kelayakan Proyek Tujuan Dilakukan Studi Kelayakan Proyek Perbedaan lntensitas Studi Kelayakan Proyek Perbedaan lntensitas Studi Kelayakan Proyek Lembaga-lembaga yang Membutuhkan Studi Kelayakan Proyek Lembaga-lembaga yang Membutuhkan Studi Kelayakan Proyek

3 APA ITU STUDI KELAYAKAN PROYEK. Manfaat ekonomis proyek tersebut bagi proyek itu sendiri Manfaat ekonomis proyek tersebut bagi proyek itu sendiri Manfaat ekonomis proyek tersebut bagi negara tempat proyek itu dilaksanakan Manfaat ekonomis proyek tersebut bagi negara tempat proyek itu dilaksanakan Manfaat sosial proyek tersebut bagi masyarakat sekitar pembangunan proyek tersebut. Manfaat sosial proyek tersebut bagi masyarakat sekitar pembangunan proyek tersebut.

4 Pentingnya Menanam lnvestasi Penyerapan tenaga kerja yang kita datangkan; Penyerapan tenaga kerja yang kita datangkan; Peningkatan output yang dihasilkan baik kualitas maupun kuantitas; Peningkatan output yang dihasilkan baik kualitas maupun kuantitas; Penghematan devisa ataupun penambahan devisa negara, dan lain sebagainya. Penghematan devisa ataupun penambahan devisa negara, dan lain sebagainya.

5 Pengeluaran modal mempunyai konsekuensi jangka panjang. Pengeluaran modal mempunyai konsekuensi jangka panjang. Pengeluaran modal umumnya menyangkut jumlah yang sangat besar. Pengeluaran modal umumnya menyangkut jumlah yang sangat besar. Komitmen pengeluaran modal tidak mudah untuk diubah. Komitmen pengeluaran modal tidak mudah untuk diubah.

6 Tujuan Dilakukan Studi Kelayakan Proyek Ruang lingkup kegiatan proyek, Ruang lingkup kegiatan proyek, Dengan cara bagaimana kegiatan proyek dilakukan akan dilakukan. Di sini ditentukan apakah proyek akan ditangani sendiri, ataukah akan diserahkan pada (beberapa) pihak lain. Siapa yang akan menangani proyek tersebut? Dengan cara bagaimana kegiatan proyek dilakukan akan dilakukan. Di sini ditentukan apakah proyek akan ditangani sendiri, ataukah akan diserahkan pada (beberapa) pihak lain. Siapa yang akan menangani proyek tersebut? Evaluiasi terhadap aspek-aspek yang akan menentukan berhasilnya seluruh proyek yang akan dilakukan. Di sini perlu diidentifikasikan faktor-faktor kunci keberhasilan usaha semacam ini, Teknik yang bisa dipergunakan adalah dengan meng­indentifikasikan "underpinnings" untuk usaha semacam ini Evaluiasi terhadap aspek-aspek yang akan menentukan berhasilnya seluruh proyek yang akan dilakukan. Di sini perlu diidentifikasikan faktor-faktor kunci keberhasilan usaha semacam ini, Teknik yang bisa dipergunakan adalah dengan meng­indentifikasikan "underpinnings" untuk usaha semacam ini Sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pembangunan proyek, diamana menyangkut bukan hanya kebutuhan seperti: material, tenaga kerja, dan sebagainya, tetapi termasuk juga fasilitas-fasildas pendukung, seperli : jalan raya, transponasi, dan sebagainya. Sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pembangunan proyek, diamana menyangkut bukan hanya kebutuhan seperti: material, tenaga kerja, dan sebagainya, tetapi termasuk juga fasilitas-fasildas pendukung, seperli : jalan raya, transponasi, dan sebagainya. Hasil yang diharapkan dengan dilakukan kegiatan pembangunan proyek tersebut, serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan/ditang­gung untuk memperoleh hasil tersebut. Hasil yang diharapkan dengan dilakukan kegiatan pembangunan proyek tersebut, serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan/ditang­gung untuk memperoleh hasil tersebut. Akibat-akibat yang bisa memberikan bermanfaat maupun yang tidak dari adanya pembangunan proyek tersebut. Hal ini sering disebut juga sebagai manfaat dan pengorbanan ekonomis dan sosial. Akibat-akibat yang bisa memberikan bermanfaat maupun yang tidak dari adanya pembangunan proyek tersebut. Hal ini sering disebut juga sebagai manfaat dan pengorbanan ekonomis dan sosial. Langkah-langkah rencana untuk mendirikan proyek, beserta jadwal dari masing-masing kegiatan tersebut, sampai dengan proyek investasi siap berjalan. Langkah-langkah rencana untuk mendirikan proyek, beserta jadwal dari masing-masing kegiatan tersebut, sampai dengan proyek investasi siap berjalan.

7 Perbedaan lntensitas Studi Kelayakan Proyek Besarnya dana yang akan ditanamkan Besarnya dana yang akan ditanamkan Tingkat ketidakpastian proyek. Semakin sulit kita memperkirakan Tingkat ketidakpastian proyek. Semakin sulit kita memperkirakan Kompleksftas Kompleksftas

8 Lembaga-lembaga yang Membutuhkan Studi Kelayakan Proyek Investor Kreditur/Bank. Kreditur/Bank. Pemerintah Pemerintah

9 RINGKASAN Pengertian studi kelayakan dan ukuran bagaimana menguntungkan tidaknya suatu proyek. Pengertian studi kelayakan dan ukuran bagaimana menguntungkan tidaknya suatu proyek. Menguntungkan tidak­nya suatu proyek Menguntungkan tidak­nya suatu proyek Pentingnya investasi Pentingnya investasi Laporan studi kelayakan tersebut bisa berbeda intensitasnya tergantung pada dana yang tertanam Laporan studi kelayakan tersebut bisa berbeda intensitasnya tergantung pada dana yang tertanam Ketidakpastian taksiran dan kompleksitas faktor-faktor yang mempe­ngaruhi proyek tersebut.. Ketidakpastian taksiran dan kompleksitas faktor-faktor yang mempe­ngaruhi proyek tersebut..


Download ppt "GAMBARAN UMUM STUDISTUDI KELAYAKAN BISNIS STUDI. PENDAHULUAN Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Apa Itu Studi Kelayakan Proyek Pentingnya Menanam lnvestasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google