Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Matakuliah: Jaringan Komputer 2 Versi:1.0.0 Materi: Email Server Penyaji: Zulkarnaen NS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Matakuliah: Jaringan Komputer 2 Versi:1.0.0 Materi: Email Server Penyaji: Zulkarnaen NS."— Transcript presentasi:

1 Matakuliah: Jaringan Komputer 2 Versi:1.0.0 Materi: Server Penyaji: Zulkarnaen NS

2 (Electronic Mail) merupakan layanan yang utama di internet selain web. Dalam sistem operasi Windows 2003 Server menyediakan service tanpa harus menggunakan software khusus seperti Microsoft Exchange. service di Windows 2003 Server mendukung 2 protokol utama yaitu POP3 (Post Office Protocol version 3) digunakan untuk mengambil diserver yang bekerja di Port TCP 110 dan SMTP (Simple Mail Transfer Protokol) digunakan untuk mengirim ke tujuan yang bekerja di port TCP 25. Untuk mengirim ke suatu tujuan maka diperlukan address. Adapun address memiliki format sebagai berikut: (Misal: dibaca zulkarnaen_ns at mycomphany dot com) Dalam proses pengiriman dan penerimaan user bisa menggunakan client yang terinstall di sistem operasi Windows Maupun Linux misalnya, Microsoft Outloox, Mozilla Thunderbird, Eudora dan program lainnya.

3 Instalasi Server di Windows 2003 Server 1.Pilih Start >Control Panel > Add or Remove Programs 2.Pillih Add/Remove Windows Components 3.Pilih Services dengan memberikan tanda centang pada E- mail Services

4 4.Tunggulah hingga proses penginstalaan component selesai, setelah itu pilih tombol Finish.

5 Konfigurasi Server 1.Buka POP 3 Service Console dengan memilih Start > Administrative Tools > POP3 Service Maka akan tampil POP3 Service seperti gambar dibawah ini :

6 2.Piih pada nama server untuk contoh pada gambar dibawah ini nama server adalah MEYZO dan pada Jendela sebelah kanan pilih New Domain. Maka akan tampil kotak dialog Add Domain..

7 3.Isi nama domain (misal: mycomphany.com) pada windows Add Domain kemudian pilih OK. 4.Langkah selanjutnya membuat Account Mailbox untuk setiap user. Dengan cara memilih pada domain mycomphany.com yang telah dibuat tadi

8 5.Dijendela sebelah kanan pilih menu Add Mailbox. Maka akan muncul kotak dialog Add Mailbox 6.Isi nama mailbox untuk user beserta passwordnya kemudian pilih OK.

9 7.Setelah itu akan muncul account mailbox yang telah dibuat. 8.Untuk menambahkan account mailbox lainnya bisa dilakukan dengan dari langkah 5 sd 6.

10 Test & Konfigurasi Client Pastikan IP Client satu jaringan dengan serverPastikan IP Client satu jaringan dengan server Pada Preferred DNS Server masukkan IP Server (misal: )Pada Preferred DNS Server masukkan IP Server (misal: ) Pilih OkPilih Ok

11 Buka program client Outlook Express dengan cara memilih Start > Program > Outlook ExpressBuka program client Outlook Express dengan cara memilih Start > Program > Outlook Express Setelah Outlook Express terbuka pilih menu Tools > Accounts.Setelah Outlook Express terbuka pilih menu Tools > Accounts. Setelah muncul dialog Internet Account pilih Tab MailSetelah muncul dialog Internet Account pilih Tab Mail Pilih tombol Add > MailPilih tombol Add > Mail

12 Masukan nama lengkap user , kemudian pilih Next.Masukan nama lengkap user , kemudian pilih Next.

13 Isikan address user yang telah terdaftar di account Mailbox pada mail server, kemudian pilih Next.

14 Isikan Incoming mail server dan outgoing mail server sesuai dengan alamat mail server anda (domain atau IP Public server anda jika ada) misalnya : , kemudian pilih Next.

15 Isikan Account Name sesuai dengan account mailbox yang dibuat misalnya kemudian isikan password-nya, kemudian pilih Next

16 Pilih Finish kemudian pilih close untuk menutup jendela internet account. Selesai konfigurasi Client menggunakan Outlook Express. Sekarang dapat mengirim dan menerima dengan menggunakan outlook express.

17 Selesai


Download ppt "Matakuliah: Jaringan Komputer 2 Versi:1.0.0 Materi: Email Server Penyaji: Zulkarnaen NS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google