Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jaringan CPM Sejarah CPM Pada tahun 1956 Morgan Walker dari DuPont Company, mencari cara yang lebih baik dalam penggunaan komputer Univac milik perusahaan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jaringan CPM Sejarah CPM Pada tahun 1956 Morgan Walker dari DuPont Company, mencari cara yang lebih baik dalam penggunaan komputer Univac milik perusahaan,"— Transcript presentasi:

1

2 Jaringan CPM Sejarah CPM Pada tahun 1956 Morgan Walker dari DuPont Company, mencari cara yang lebih baik dalam penggunaan komputer Univac milik perusahaan, kerjasamanya dengan James E. Kelly dari group perencana konstruksi internal Remington Rand dalam menggunakan komputer Univac untuk melakukan penjadwalan konstruksi menghasilkan metode yang rasional, tertib, dan mudah untuk menggambarkan proyek dalam komputer. Pertama kali metode ini disebut William – Kelly method, dan akhirnya disebut Critical Path Method (CPM). Jaringan CPM Sejarah CPM Pada tahun 1956 Morgan Walker dari DuPont Company, mencari cara yang lebih baik dalam penggunaan komputer Univac milik perusahaan, kerjasamanya dengan James E. Kelly dari group perencana konstruksi internal Remington Rand dalam menggunakan komputer Univac untuk melakukan penjadwalan konstruksi menghasilkan metode yang rasional, tertib, dan mudah untuk menggambarkan proyek dalam komputer. Pertama kali metode ini disebut William – Kelly method, dan akhirnya disebut Critical Path Method (CPM).

3 , arrow, bentuknya merupakan anak panah yang artinya aktivitas/kegiatan : adalah suatu pekerjaan atau tugas dimana penyelesaiannya membutuhkan “duration” (jangka waktu tertentu) , node/event, bentuknya merupakan lingkaran bulat yang artinya saat, peristiwa atau kejadian : adalah permulaan atau akhir dari satu atau lebih kegiatan-kegiatan , arrow, bentuknya merupakan anak panah yang artinya aktivitas/kegiatan : adalah suatu pekerjaan atau tugas dimana penyelesaiannya membutuhkan “duration” (jangka waktu tertentu) , node/event, bentuknya merupakan lingkaran bulat yang artinya saat, peristiwa atau kejadian : adalah permulaan atau akhir dari satu atau lebih kegiatan-kegiatan

4 , double arrow, anak panah sejajar, merupakan kegiatan di lintasan kritis (Critical Path) , dummy, bentuknya merupakan anak panah terputus-putus yang artinya kegiatan semu atau aktivitas semu : adalah bukan kegiatan / aktivitas tetapi dianggap kegiatan / aktivitas yang tidak membutuhkan duration tertentu. , double arrow, anak panah sejajar, merupakan kegiatan di lintasan kritis (Critical Path) , dummy, bentuknya merupakan anak panah terputus-putus yang artinya kegiatan semu atau aktivitas semu : adalah bukan kegiatan / aktivitas tetapi dianggap kegiatan / aktivitas yang tidak membutuhkan duration tertentu.

5 1. Waktu mulai bekerja dan waktu penyelesaian yang paling awal. Apabila kita mengambil nol sebagai waktu untuk mulai melaksanakan proyek, maka setiap kegiatan mempunyai waktu mulai bekerja paling awal (ES = Earliest Starting time) yang berkaitan erat dengan waktu untuk mulai melaksanakan proyek. 1. Waktu mulai bekerja dan waktu penyelesaian yang paling awal. Apabila kita mengambil nol sebagai waktu untuk mulai melaksanakan proyek, maka setiap kegiatan mempunyai waktu mulai bekerja paling awal (ES = Earliest Starting time) yang berkaitan erat dengan waktu untuk mulai melaksanakan proyek.

6 Diasumsikan bahwa target waktu yang telah ditetapkan untuk menyelesaikan suatu proyek ialah waktu “yang sesingkat mungkin”. Ini dinamakan “waktu penyelesaian yang paling lambat (LF = Latest Finish time)” untuk proyek maupun untuk kegiatan penyelesaian terakhir. Waktu mulai bekerja paling lambat (LS = Latest Start time) ialah waktu paling lambat yang menjadi awal pelaksanaan suatu kegiatan.

7

8  Garis Edar melalui jaringan pembangunan Rumah  Jaringan Dengan waktu tercepat kejadian

9

10

11

12

13

14 Gambar Jaringan untuk membangun sebuah rumah

15  Jaringan Dengan waktu aktivitas normal dan aktivitas biaya akselerasi mingguan

16  Jaringan yang telah direvisi dengan aktivitas 1  2 Dipercepat

17 TERIMAKASIH


Download ppt "Jaringan CPM Sejarah CPM Pada tahun 1956 Morgan Walker dari DuPont Company, mencari cara yang lebih baik dalam penggunaan komputer Univac milik perusahaan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google