Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI ORGANISASI NON VERBAL Pertemuan 10 Mata kuliah: 00282 / KOMUNIKASI ORGANISASI Tahun : 2008 / 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI ORGANISASI NON VERBAL Pertemuan 10 Mata kuliah: 00282 / KOMUNIKASI ORGANISASI Tahun : 2008 / 2009."— Transcript presentasi:

1

2 KOMUNIKASI ORGANISASI NON VERBAL Pertemuan 10 Mata kuliah: / KOMUNIKASI ORGANISASI Tahun : 2008 / 2009

3 Bina Nusantara University 3 Learning Objectives Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa dapat menyimpulkan pengertian, tujuan dan wujud dari komunikasi non verbal yang selalu dipentingkan dalam organisasi. Tujuan komunikasi non verbal dalam organisasi, diantaranya adalah menyediakan informasi, mengatur alur percakapan, mengekspresikan emosi, memberikan sifat (melengkapi, mengembangkan pesan verbal), mempengaruhi penerima pesan dan mempermudah tugas-tugas khusus.

4 Bina Nusantara University 4 Pengertian Komunikasi non Verbal dalam Organisasi Menurut teori antropologi, sebelum kata berkembang manusia berdagang hanya berkomunikasi non verbal. Komunikasi Non Verbal digunakan sebagai proses mengemukakan ide tanpa menggunakan kata-kata. Dalam hal-hal tertentu, komunikasi non verbal lebih dipercaya dan lebih efisien dibadingkan dengan komunikasi verbal. Dalam transaksi perbankan, pegawai menggunakan sinyal non verbal, untuk menopang dan memperjelas komunikasi verbal.

5 Bina Nusantara University 5 Fungsi Komunikasi non Verbal dalam Organisasi Fungsinya sebagai: pengulangan, pelengkap, pengganti, memberikan penekanan dan memberdayakan. Karakteristiknya lebih dapat dipercaya, harus selalu ada dalam suatu organisasi, dan ini tergantung pada konteks (maka harus dijaga dan dipelihara supaya tidak terjadi konflik). Tipe komunikasi non verbal dalam suatu organisasi adalah volatile, sering dilakukan dengan gerakan mata, ada sentuhan, digunakan dalam ruangan tertentu karena jarak menentukan hubungan pengirim dan penerima pesan; serta pertimbangan penggunaan waktu yang tepat dapat menentukan sasaran penyampaian pesan komunikasi non verbal.

6 Bina Nusantara University 6 Arti Komunikasi non Verbal dalam Organisasi 1. Ekspresi wajah dan sorot mata yang menarik perhatian tertentu saat berkomunikasi, dapat memukau pelanggan dan sukses bertansaksi. 2. Gerakan isyarat dan bahasa tubuh mengungkapkan banyak hal mengenai emosi dan sikap seseorang. Ingatlah anda sedang membina komunikasi, jadi hal tersebut harus anda sadari. 3. Karakteristik vokal suara, agar seimbang dengan topik yang dibicarakan pada tingkat kesadaran tertentu anda dapat menciptakan berbagai kesan, bukan bergumul. 4. Penampilan fisik memberikan kontribusi pada identitas seorang pejabat dalam berkomunikasi non verbal; maka potongan rambut, pemilihan busana dan gaya pribadi mampu memberikan kesan pada audiensi.

7 Bina Nusantara University 7 Cara Memperbaiki Ketrampilan Komunikasi Non Verbal Belajarlah berpikir sebelum anda berbicara Tersenyum dengan tulus mencairkan suasana tegang (senyuman palsu jelas terlihat karena tidak tepat waktu) Hormatilah status dengan kontak mata anda. Gunakan jabatan tangan yang sesuai dengan kepribadian dan maksud anda. Waspadalah bahwa ada audiensi yang mungkin memberikan petunjuk non verbal yang palsu. Bahasa tubuh digunakan untuk memperkuat kalimat yang anda sampaikan, jangan terlalu berlebihan.

8 Bina Nusantara University 8 Closing Agar sukses dalam karir pada suatu perusahaan, seoarang pegawai harus terampil dalam komunikasi lisan. Keterampilan mereka terus menerus diuji, baik ketika mereka berhadapan dengan pelanggan untuk menaikan nilai perusahaan (value creation) maupun ketika berpartisipasi dalam rapat perusahaan.


Download ppt "KOMUNIKASI ORGANISASI NON VERBAL Pertemuan 10 Mata kuliah: 00282 / KOMUNIKASI ORGANISASI Tahun : 2008 / 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google