Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROCESSOR  Agung Kuswantoro  Alvian Ali Maskuri  Danang Surya Atmaja  Ricky Tri Wahyudi PROCESSOR KOMPUTER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROCESSOR  Agung Kuswantoro  Alvian Ali Maskuri  Danang Surya Atmaja  Ricky Tri Wahyudi PROCESSOR KOMPUTER."— Transcript presentasi:

1 PROCESSOR  Agung Kuswantoro  Alvian Ali Maskuri  Danang Surya Atmaja  Ricky Tri Wahyudi PROCESSOR KOMPUTER

2 Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh kompunen lainnya. w w Processor – Internet Web Browser Processor Giggle Search Processor

3 Bahan Processor Bahan processor adalah Pasir, seperempat bagiannya terbentuk dari silikon. Setelah memperoleh mentahan dari pasir dan memisahkan silikonnya, materiil yang kelebihan dibuang. Lalu, silikon dimurnikan secara bertahap. w w Processor – Internet Web Browser Processor Giggle Search

4 Fungsi Processor Secara garis besar CU (Control Unit) Bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit ini mengatur lalulintas data dari memory utama untuk dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke memory utama, untuk ditampilkan pada layar monitor ALU (Arithmatic and Logical Unit) Bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika). Tugasnya yang lain adalah mengambil keputusan dari suatu operasi logika sesuai perintah program. Register media penyimpanan yang kecil tetapi kecepatan akses yang sangat tinggi. Disinilah data dieksekusi/diproses sedangkan data-data yang lain masih antri menunggu di memory utama.

5 Perkembangan Processor Generasi 1 Processor 8088 (1978) merupakan CPU 16 bit pertama intel yang menggunakan bus sistem 16 bit. Tetapi perangkat keras 16 bit seperti motherboard saat itu terlalu mahal, dimana komputer mikro 8 bit merupakan standar.

6 Generasi 2 (Processor 80286) juga merupakan processor 16 bit. Processor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah.

7 Generasi 3 (Processor DX) Processor merupakan CPU 32 bit pertama

8 Generasi 4 (Processor DX) Processor dikeluarkan 10 april 1989

9 Processor Cyrix 486 SLC Cyrix telah membuat serangkaian chip 486SLC. Chip chip tersebut menggunakan kumpulan perintah yang sama seperti 486DX, dan bekerja internal 32 bit.

10 Processor IBM 486SLC2 IBM mempunyai chip 486 buatannya sendiri. Serangkaian chip terssebut diberi nama SLC2 dan SLC3. yang terakhir dikenal sebagai blue lightning.

11 Generasi 5 Pentium Classic (P54C) Chip ini dikembangkan oleh intel Cyrix 6x86 Chip dari perusahaan Cyrix AMD K5 AMD menggunakan teknologi teknologi mereka sendiri

12 Generasi 6 Pentium Pro Pentium II Pentium II Celeron Pentium II Celeron A Pentium II PPGA Pentium II Xeon Pentium III Katmai AMD K6-3

13 Generasi 7 AMD K-7 Athlon diperkenalkan Agustus 1999 Pentium 4 dikeluarkan oleh Intel pada tahun 2001

14 Jenis Processor di Pasaran Ada dua produsen utama Processor komputer. Intel dan Advanced Micro Devices (AMD) memimpin pasar dalam hal kecepatan dan kualitas.

15 Intel VS AMD Dari segi kinerja, AMD memiliki kinerja yang lebih baik daripada Intel (AMD lebih cepat), hal ini salah satunya disebabkan karena Pipeline yang di miliki Intel lebih panjang dari Pipeline milik AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD. Dari segi temperature, AMD lebih cepat panas di banding Intel. Dari segi penggunaan Sumber Daya, Intel lebih hemat energi. Dari segi harga, Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.


Download ppt "PROCESSOR  Agung Kuswantoro  Alvian Ali Maskuri  Danang Surya Atmaja  Ricky Tri Wahyudi PROCESSOR KOMPUTER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google