Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 sangat besar dan terintegrasi.  Model umum :  Entitas (contoh: Mahasiswa, Ruang)  Relasional (contoh: eko menempati ruang b-105)  Database Management.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " sangat besar dan terintegrasi.  Model umum :  Entitas (contoh: Mahasiswa, Ruang)  Relasional (contoh: eko menempati ruang b-105)  Database Management."— Transcript presentasi:

1

2  sangat besar dan terintegrasi.  Model umum :  Entitas (contoh: Mahasiswa, Ruang)  Relasional (contoh: eko menempati ruang b-105)  Database Management System (DBMS) merupakan perangkat lunak yang didesain untuk penyimpanan dan pemeliharaan kumpulan data.

3  Memori yang besar.  Program khusus untuk setiap query.  Harus melindungi data dari perubahan yang tidak konsisten yang diakses secara konkuren.  Pengembalian data saat terjadi kerusakan atau crash.  Pengamanan dan akses kontrol.

4  Kemandirian data dan efisien.  Waktu pengembangan aplikasi terkurangi.  Integritas dan keamanan data.  Administrasi data.  Akses konkuren dan crash recovery.

5  Perpindahan dari komputasi ke informasi  Himpunan elemen data semakin banyak dan beragam  DBMS mencakup bidang ilmu lain  Sistem operasi, bahasa pemrograman, teori komputasi, AI, logika, multimedia.  DBMS meliputi sebagian besar dari “ilmu komputer”

6  data model adalah kumpulan konstruksi diskripsi data.  skema adalah diskripsi data dalam model data.  Kebanyakan Sistem Manajemen Database saat ini didasarkan pada model relasional.  Konsep utama: relasi, yang pada dasarnya berupa “tabel” yang terdiri dari sejumlah “baris” dan “kolom”  Setiap relasi mempunyai skema, yang mendiskripsikan kolom atau field.

7  Data dalam DBMS dibagi dalam 3 level Abstraksi :  Skema eksternal, bagaimana user melihat data  Skema konseptual, mendefinisikan struktur.  Skema fisik, mendiskripsikan data/record dan index. * Skema didefinisikan dengan DDL; data dimodifikasi dengan DML.

8  Skema konseptual :  Mahasiswa (nim:int,nama:string, umur : int)  Fakultas (f_id: int, f_nama : string)  Matakuliah (mt_id: int, mt_nama : string)  Skema Fisik :  Buat index kolom pertama dari mahasiswa  Skema Eksternal  Buat view dengan pemasaran matakuliah : matakuliah_pemasaran (f_id : int, mt_id)

9  Aplikasi disekat dari bagaimana data disimpan dan distrukturkan  Kemandirian data logika : perlindungan dari perubahan dalam struktur data logika.  Kemandirian data fisik : perlindungan dari perubahan dalam detail skema fisiknya. * One of the most important benefits of using a DBMS!

10  3 kelompok bahasa basis data:  Data Definition Language (DDL) Mendefinisikan struktur database & table.  CREATE, ALTER, DROP  Data Manipulation Language (DML) ‏ Memanipulasi data dalam table.  SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE  Data Control Language (DCL) Saat ini sudah melekat pada DBMS berupa fasilitas- fasilitas pemberian hak akses user pada struktur database.  GRANT, REVOKE, COMMIT, ROLLBACK Ingat: Penggunaan SQL dalam kasus database…!!!

11  Eksekusi bersamaan dari beberapa user program, merupakan ukuran performansi yang utama dari suatu DBMS.  Penyisipan aksi dari user yang berbeda dapat membuat data tidak konsisten. misal : Seorang user diperbolehkan membaca nilai saldo sebelum seorang user lain selesai melakukan perubahan nilai saldo tersebut  DBMS memastikan permasalahan diatas tidak terjadi dengan cara membuat sistem seolah- olah para pengguna DBMS sedang menggunakan sebuah “single-user system”.

12  Konsep kuncinya adalah transaksi, merupakan urut- urutan atomic dari aksi basis data (baca/tulis).  Tiap transaksi dijalankankan sampai selesai, dan basis data harus tetap dijaga agar tetap dalam keadaan yang konsisten.  User dapat menentukan beberapa batasan integritas (integrity constraint) yang sederhana pada data, dan kemudian DBMS akan mengusahakan batasan ini.  Selain dari itu, DBMS tidak benar-benar mengerti semantic dari data(contoh : tidak tahu cara menghitung bunga bank, atau tidak tahu cara menetapkan nilai jual barang yang ada di gudang … misalnya).  Sehingga untuk memastikan transaksi berlangsung secara konsisten,seluruhnya berada pada tanggung jawab user. !

13  DBMS memastikan bahwa eksekusi dari {T1, …, Tn} adalah sama denga eksekusi serial T1’ … Tn’  Sebelum membaca/menulis obyek, transaksi meminta lock pada obyek dan menunggu sampai DBMS memberikan lock. Semua lock akan dilepas (direlease) pada akhir dari transaksi  Ide dasar: Jika aksi dari T1 (missal menulis X) mempengaruhi Tj (missal membaca X), salah satu dari mereka, missal T1, akan mendapatkan lock pada X pertama kali dan Tj akan menunggu sampai aksi T1diselesaikan.  Apa yang terjadi jika TJ telah memiliki lock kemudian setelah itu T1 meminta (request) lock Y ? (Deadlock akan terjadi, maka T1 atau Tj harusdi-abort atau di- restart).

14  DBMS memastikan sifat atomic (semuanya atau tidak ada property).  Ide dasar : Simpan log (history) semua aksi yang dijalankan oleh DBMS pada saat menjalankan himpunan aksi X.  Sebelum perubahan dibuat terhadap basis data, maka log entry harus berkorespondensi dengan lokasi yang aman (system operasi seringkali tidak mendukung secara penuh hal seperti ini).  Setelah terjadi crash (tabrakan), akibatnya sebagian transaksi yang telah dieksekusi tidak lagi dikerjakan dengan menggunakan log.

15  Pemakai akhir dan vendor DBMS  Programmer aplikasi basis data  Misal : webmaster yang canggih  Administrator Basis Data (Database Administrator)  Desain skema Logikal/Fisikal  Menangani pengamanan dan kewenangan  Ketersediaan data, perbaikan crash  Penyesuaian oleh Basis Data *Yang penting mengerti bagaimana cara DBMS mengerjakan semua itu

16  Biasanya DBMS memiliki arsitektur layer.  Gambar disamping tidak menunjukkan kontrol proses serentak (concurrency control) dan komponen perbaikan (recovery).  Gambar tersebut adalah salah satu dari beberapa kemungkinan arsitektur : tiap system memiliki variasinya sendiri.

17  DBMS digunakan untuk pemeliharaan himpunan query yang sangat banyak.  Keuntungan dari penggunaan DBMS meliputi perbaikan dari system yang crash,  akses serentak, pengembangan aplikasi secara cepat, keamanan dan integritas data.  Level abstraksi memberikan kebebasan data.  Umumnya DBMS memiliki arsitektur per layer  DBMS adalah salah satu bidang yang paling banyak diminati dalam ilmu komputer


Download ppt " sangat besar dan terintegrasi.  Model umum :  Entitas (contoh: Mahasiswa, Ruang)  Relasional (contoh: eko menempati ruang b-105)  Database Management."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google