Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOFTWARE. Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOFTWARE. Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan."— Transcript presentasi:

1 SOFTWARE

2 Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan aktifitas-aktifitas pengolahan perintah pada sistem komputer. Jadi software merupakan komponen abstrak dari susunan sistem komputer. Tanpa software, komputer adalah rongsokan elektronik, jadi komputer adalah susunan atas hardware dan software yang saling bekerjasama. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki fungsi jika digunakan bersama-sama dengan software-nya.

3 Evolusi Perangkat Lunak Evolusi perangkat lunak secara garis besar dibedakan menjadi era sebelum adanya komputer dan setelah adanya komputer.  Era perangkat lunak sebelum adanya komputer di bedakan menjadi dua era yaitu :  Era primitif (+ 300 SM), dimana perangkat lunak dibuat dengan melakukan petunjuk- petunjuk sederhana dengan menggunakan kode-kode gerak sejenis semaphore.  Era Mekanis (1840-an – 1930-an) yang diterapkan pada peralatan Analytical Engine dan pemakaian mesin kartu plong (punch card).  Sedangkan era perangkat lunak setelah adanya komputer yang berarti menggunakan teknologi elektronis dibedakan menjadi :  Era Pioner (1940 – 1960), bentuk perangkat lunak masih berupa sambungan- sambungan kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Ciri-ciri lain dari era pioneer ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch), distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.  Era Stabil ( ), komputer sudah diproduksi secara massal dan perangkat lunak sudah bisa menjalankan beberapa fungsi proses secara serampak (multitasking). Ciri yang lain dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan secara terpisah, sudah menggunakan sistem database.  Era Mikro ( ), perangkat lunak diproduksi untuk kebutuhan komputer jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak digunakan untuk kebutan pribadi (home), bersifat automasi untuk kecerdasan buatan (artifical intelegent).  Era Modern ( ? ), memiliki ciri perangkat lunak berbasis multimedia, desktop dan portable, berteknologi objek, sistem pakar, pemrosesan paralel, dan dapat berkomunikasi jaringan global.

4 Secara umum fungsi dari software komputer yang utama adalah :  Melakukan aktifitas bersama-sama dengan hardware  Menyediakan segala sumber daya yang bisa digunakan pada sebuah komputer  Bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware) untuk melakukan aktifitas dengan perintah yang harus dilakukan dalam software komputer.

5  James A. O’Brien berpendapat bahwa jenis software komputer dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu 1.perangkat lunak sistem (system software) Perangkat lunak sistem terdiri dari Program untuk manajemen sistem (System Management Program) dan Program untuk pengembangan sistem (System Development Program). Perangkat lunak sistem terdiri dari Program untuk manajemen sistem (System Management Program) dan Program untuk pengembangan sistem (System Development Program). 2. perangkat lunak aplikasi (application software). terdiri dari program aplikasi untuk tujuan umum (general purpose application program) dan program untuk aplikasi khusus (Application Special Program).

6 Software Komputer Software Aplikasi Software Sistem Program Aplikasi untuk Tujuan Umum Program untuk Aplikasi Khusus Program untuk Manajemen Sistem Program untuk Pengembanga n Sistem Melakukan tugas Mengolah Informasi untuk End-user Mengelola dan mendukung operasi sistem komputer dan jaringan - Software Suites - Web Browser - Electronic Mail - Pengolah Kata - Lembar Kerja - Database Managers - Presentasi Grafis - Personal Information Manager - GroupWare - Bisnis – Akuntansi, pengolah transaksi, Perencanaan sumber daya perusahaan, perdagangan elektronik, dll - Ilmu pengetahuan dan teknik - Pendidikan, Entertainment, dll - Sistem Operasi - Program pengelola jaringan - DBMS (database management system) - Sistem Utilitas - Monitoring Unjuk kerja Sistem - Monitoring Keamanan -Bahasa Program Translator (compiler) -Pemrograman Editor dan Tools - Paket CASE (Computer Aided Software Engineering) Struktur Software Komputer

7 Sistem Operasi Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktifitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya. Operating system mengontrol semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan. Menurut Silberschatz/Galvin/Gagne (2003), Sistem Operasi adalah Suatu program yang bertindak sebagai perantara antara user dan hardware komputer. Dia juga menyatakan bahwa tujuan dari sistem operasi adalah Melaksanakan program user memudahkan dalam menyelesaikan masalah user.Membuat menjadi mudah sistem komputer untuk digunakanMenjadikan penggunaan hardware komputer menjadi lebih efisien.

8 Klasifikasi Sistem Operasi  Klasifikasi sistem operasi berdasarkan Pengguna:  Single-User Single-Tasking: Sistem operasi yang hanya mampu untuk melayani satu pengguna sekali waktu untuk satu instruksi dalam suatu siklus proses (misal MS-DOS)  Single-User Multi-Tasking: Sistem operasi yang hanya mampu untuk melayani satu pengguna sekali waktu dan mampu untuk mengeksekusi beberapa instruksi dalam satu waktu siklus proses  Multi-User Multi-Tasking: Sistem operasi yang mampu untuk melayani beberapa pengguna sekaligus dalam satu waktu dan juga mampu untuk menjalankan beberapa instruksi sekaligus dalam suatu siklus proses.

9 Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman (Programming language) adalah perangkat lunak bahasa yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan perintah program yang telah dibuat oleh pemrogram. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur tertentu (syntax) dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:  Bahasa pemrograman tingkat rendah (Low Level Language), bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isi programmnya berupa kode-kode mesin.  Bahasa Pemrograman tingkat menengah (Midle Level Language), merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti. Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler.  Bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language), merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh-contoh bahasa yang disebut diatas merupakan bahasa yang digunakan pada level ini. Contohnya : Basic, Pascal, Delphi, Visual Studio (Visual Basic, visual Foxpro, Visual Objeck), ORACLE, MS-SQL, Perl, Informix, C, C++ ADA, Java, PHP, ASP, XML dan lain sebagaianya. Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi.NET seperti Visual Basic.NET dan Delphi.NET yang merupakan bahasa program yang dikembangkan pada arah basis internet.

10 Compiler dan Intepreter Penerjemahan dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi kedalam instruksi mesin dilakukan dengan dua macam cara, yaitu kompilasi (compiler) dan interpretasi (interpreter). Penerjemahan dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi kedalam instruksi mesin dilakukan dengan dua macam cara, yaitu kompilasi (compiler) dan interpretasi (interpreter).  Compiler Adalah suatu program yang menterjemahkan bahasa program (source code) ke dalam bahasa objek (object code). Compiler menggabungkan keseluruhan bahasa program dikumpulkan kemudian disusun kembali. Compiler memerlukan waktu untuk membuat suatu program yang dapat dieksekusi oleh komputer.  Interpreter menganalisis dan mengeksekusi setiap baris dari program tanpa melihat program secara keseluruhan. Keuntungan dari Interpreter adalah dalam eksekusi yang bisa dilakukan dengan segera. Tanpa melalui tahap kompilasi, untuk alasan ini interpreter digunakan pada saat pembuatan program berskala besar.

11


Download ppt "SOFTWARE. Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google