Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 1. Pendahuluan Analisis dan disain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 1. Pendahuluan Analisis dan disain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 1

2 Pendahuluan Analisis dan disain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.

3 berorientasi objek berarti kita mengorganisasi perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.

4 Istilah-istilah objek Atribut : Data item yang menegaskan Objek Operasi : Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku kelas Metode : Pelaksanaan prosedur (badan dari kode yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain di dalam sistem).

5  Identitas berarti bahwa data yg diukur mempunyai nilai tertentu yang berbeda. Entitas disebut Objek.  Objek dapat kongkrit, seperti halnya arsip dalam sistem, atau konseptual seperti kebijakan penjadualan dalam multiprocessing dlm suatu sistem operasi.  Setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada identitasnya.  Dua objek dapat berbeda walaupun semua nilai atributnya identik. Karakteristik Objek

6 Konsep Objek 1.Objek adalah benda secara fisik dan konseptual yang ada di sekitar kita. Contoh: manusia, binatang, hardware, software, dokumen, dll. untuk kepentingan pemodelan, misalnya seorang teknisi mobil akan melihat ban, pintu, mesin, kecepatan tertentu dan banyaknya bahan bakar sebagai sebuah objek. sebuah objek mempunyai keadaan sesaat (state)

7 State adalah kondisi dari objek itu/ himpunan keadaan yang menggambarkan objek tsb. Contoh: state dari rekening tabungan, dapat memuat saldo yang berjalan, state dari bola lampu adalah suatu keadaan “nyala” atau “mati”. State dinyatakan dengan nilai dari atribut objeknya.

8 OBJECT Biasanya berupa benda atau sesuatu kejadian Benda konkrit: pesawat, lampu, buku Konsepsi : terbang, terang, kuliah Abstraksi: perusahaan, bisnis, sekolah

9 Objek dikenali dari keadaannya dan juga operasinya, contoh: mobil dikenali dari warnanya, bentuknya, sedangkan manusia dari suaranya. Ciri-ciri ini akan membedakan objek tersebut dengan objek yg lainya.

10 2.Atribut atribut adalah nilai internal suatu objek yg mencerminkan ciri2 objek, kondisi sesaat (state), koneksi dgn objek lain. Perubahan state dicerminkan oleh prilaku (behaviour) objek tersebut.

11 Nama objek: Mobil Atribut: -Merek: Toyota -Silinder: 2000 cc -Warna : Kuning -Status : Baru/ Jalan -Tahun: 2004 WarnaTipe Mesin Panjang

12 a.Behaviour mendefenisikan bagaimana suatu objek bertindak dan bereaksi dan berhubungan dengan fungsi diterapkan pada suatu atribut. b.Behaviour objek disebut metode atau operasi layanan (service)

13 Behaviour dari suatu objek dicerminkan oleh interface, service dan method dari objek tersebut. Interface adalah pintu untuk mengakses service dari objek. Service adalah fungsi yg dapat dikerjakan oleh objek. Method mekanisme internal objek yang mencerminkan perilaku (behaviour) objek tersebut.

14 Contoh Berenang Mobil bisa bergerak, Menyalakan lampu Dan membunyikan klason

15 3.Kelas (Class) adalah defenisi umum (pola, template) dari himpunan objek yg sejenis. Kelas menetapkan spesifikasi perilaku (behaviour) dan atribut- atribut dari objek tersebut. Atau class disebut juga dengan abstraksi dari entitas dalam dunia nyata. Sedangkan objek adalah contoh (instances) dari sebuah kelas. ex: atribut dari kelas binatang adalah berkaki empat dan mempunyai ekor. Perilakunya adalah makan dan tidur. Sedangkan instance untuk kelas binatang adalah kucing, gajah, kuda, dll.

16 Metodologi Berorientasi Objek Encapsulation (pengkapsulan) Inheritance (pewarisan) Polymorphism (polimorfisme)

17 Encapsulation (pengkapsulan) Pengkapsulan berarti mengemas beberapa item bersama-sama menjadi satu unit yang tertutup dalam rangka menyembunyikan struktur internal suatu objek dari lingkungan luar. Pengkapsulan sering dianggap sebagai penyembunyian informasi. Setiap kelas hanya menampakkan interface yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan dunia luar melalui message dan menyembunyikan (encapsulation) implemenyasi aktual di dalam kelas. Dengan pengkapsulan data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.

18 Inheritance (pewarisan) Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya.

19 Contoh: Sedan dan Sepeda Motor adalah subkelas dari Kendaraan Bermotor Kedua subkelas mewarisi sifat yang dimiliki oleh Kendaraan Bermotor, yaitu mempunyai mesin dan dapat berjalan Kedua subkelas mempunyai sifat masing- masing yang berbeda, misalnya jumlah roda, dan kemampuan untuk berjalan mundur yang tidak dimiliki oleh sepeda motor.

20 Polymorphism (polimorfisme) Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Artinya operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang sesuai dalam merespon pesan yang sama.

21 Contoh: Kita akan mengembangkan sistim berbasis grafis, saat pengguna mau menggambar sesuatu, seperti garis atau lingkaran, sistim akan memunculkan perintah gambar. Sistim akan mengenali berbagai bentuk gambar, masing- masing dengan perilakunya sendiri-sendiri.


Download ppt "Pertemuan 1. Pendahuluan Analisis dan disain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google