Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENDALIAN DENGAN “HURDLE CONCEPT”. PENGENDALIAN DENGAN KOMBINASI BEBERAPA METODA (HURDLE CONCEPT) xx Y Z a b a b b Lama penyimpanan Ketiga parameter.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENDALIAN DENGAN “HURDLE CONCEPT”. PENGENDALIAN DENGAN KOMBINASI BEBERAPA METODA (HURDLE CONCEPT) xx Y Z a b a b b Lama penyimpanan Ketiga parameter."— Transcript presentasi:

1 PENGENDALIAN DENGAN “HURDLE CONCEPT”

2 PENGENDALIAN DENGAN KOMBINASI BEBERAPA METODA (HURDLE CONCEPT) xx Y Z a b a b b Lama penyimpanan Ketiga parameter Salah satu parameter saja KRITERIA KERUSAKAN cfu/g (A)Skema yang menunjukkan bagaimana beberapa parameter (X,Y,Z) lebih efektif dalam mengendalikan kelompok mikrobia yang berbeda (a, b) (B)Hasilnya dapat mengurangi laju pertumbuhan, mencegah pertumbuhan atau membunuh mikrobia yg mungkin tidak bisa diperoleh hanya dengan satu parameter saja C1 C2 C3 x Y a A B

3 A.LOW HEAT PROCESSING Pemanasan pada suhu <100ºC tidak akan membunuh spora k akan bakteri patogen dan perusak, sehingga tetap akan tumbuh selama penyimpanan. Tetapi jika dikombinasi dengan penurunan pH menjadi 4,5 atau dengan penambahan nitrit dan NaCl spora tersebut tidak akan tumbuh B.LOW STORAGE TEMPERATURE Clostridium botulinum dapat tumbuh pada suhu 35ºC dan aw 0,95. Tetapi jika suhu penyimapan diturunkan menjadi 20ºC tidak akan tumbuh walaupun aw = 0,97 C. LOW pH Clostridium botulinum tumbuh pada pH 7,0; 37ºC dan aw 0,94, tetapi tidak akan tumbuh jika pH diturunkan menjadi 5,3 walaupun aw dinaikkan menjadi 0,97 BEBERAPA CONTOH PENERAPAN KONSEP “HURDLE”


Download ppt "PENGENDALIAN DENGAN “HURDLE CONCEPT”. PENGENDALIAN DENGAN KOMBINASI BEBERAPA METODA (HURDLE CONCEPT) xx Y Z a b a b b Lama penyimpanan Ketiga parameter."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google