Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : NANANG SANTOSO. 1. Pengertian Internet dan Intranet 1.1. Pengertian Internet Internet merupakan singkatan dari INTERCONNECTION NETWORK yang artinya;

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : NANANG SANTOSO. 1. Pengertian Internet dan Intranet 1.1. Pengertian Internet Internet merupakan singkatan dari INTERCONNECTION NETWORK yang artinya;"— Transcript presentasi:

1 Oleh : NANANG SANTOSO

2 1. Pengertian Internet dan Intranet 1.1. Pengertian Internet Internet merupakan singkatan dari INTERCONNECTION NETWORK yang artinya; terhubungkannya dua komputer atau lebih dengan membentuk sebuah jaringan komputer diseluruh penjuru dunia.

3 Internet bagaikan jaring laba-laba, karena; Sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung juga dengan semua komputer di seluruh penjuru dunia.

4 Ada dua peranan Internet yang sangat penting, yaitu; Sebagai sumber data dan informasi Sebagai sarana pertukaran data dan informasi Akses dan pertukaran informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.

5 Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya GLOBALISASI, karena telah menghilangkan batas-batas dunia, seperti; batas-batas negara, waktu, jarak dan hukum atau birokrasi sebuah negara.

6 1.2. Pengertian Intranet Intranet adalah jaringan komputer yang digunakan dalam lingkup terbatas (lokal). Di ibaratkan ber- internet-an pada lingkungan terbatas.

7 Perbedaan Intranet dengan Internet a. Berdasarkan akses data Intranet terbatas dalam lingkup jaringan lokal, sedangkan Internet jangkauannya global bahkan sampai seluruh penjuru dunia.

8 b. Berdasarkan penggunaan teknologi informasi Intranet melalui koneksi kabel antar kelompok dalam organisasi, sedangkan internet melalui saluran komunikasi Satelit/ Telepon

9 c. Berdasarkan pengguna/ orang pemakai Intranet yang menggunakan hanya orang-orang tertentu dalam organisasi atau perusahaan tersebut, sedangkan Internet yang menggunakan bebas siapa saja

10 2. Sejarah perkembangan internet 2.1. Sejarah awal adanya Internet di dunia Kekhawatiran Amerika Serikat akan kemungkinan perang nuklir, membuat Departemen Pertahanan Amerika Serikat memulai penelitian untuk menghubungkan semua unit komputer yang dimilikinya.

11 Maka pada tahun 1969 dimulailah program riset komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agency). Dan berhasil menghubungkan komputer-komputer yang ada di 4 tempat, yaitu; UCLA, UCSB, University of Utah dan SRI. Pada saat itulah jaringan internet online dengan nama ARPAnet. ARPAnet inilah cikal bakal adanya internet di dunia sekarang ini.

12 2.2. Perkembangan Internet di Indonesia IP (Internet Protokol) pertama dari Indonesia adalah UI-NETLAB. Disekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang merupakan Internet Service Provider (ISP) komersial pertama di Indonesia.

13 Lokasi IndoNet masih terbatas di daerah Rawamangun saja, dengan sambungan awal yang digunakan adalah dial-up, ini sebuah terobosan yang cukup nekat. Akses awal menggunakan model teks dengan shell account, browser lynx.

14 Kegunaan internet sampai saat ini 1.Sarana mendapatkan atau menyampaikan informasi cepat dan murah. 2.Biaya kertas dan distribusi terkurangi. 3.Media promosi dan periklanan. 4.Sarana komunikasi interaktif 5.Alat penelitian dan pengembangan. 6.Sarana pertukaran data

15

16 Ulangan harian ke-1 1.Apa kepanjangan dari internet …. 2.Sebutkan pengertian dari internet …. 3.Peristiwa apa yang melatar belakangi munculnya jaringan internet …. 4.Negara mana yang pertama kali menemukan system jaringan computer …. 5.Pada awalnya Internet bernama …. 6.Pada tahun berapa munculnya internet di dunia 7.Jelaskan mengapa internet di ibaratkan “Bagai jaring laba-laba” …. 8.Mengapa internet dianggap sebagai penyebab terjadinya globalisasi dunia … 9.Apa yang dimaksud dengan intranet ….. 10.Berdasarkan akses data, sebutkan perbedaan Internet dengan Intranet ….


Download ppt "Oleh : NANANG SANTOSO. 1. Pengertian Internet dan Intranet 1.1. Pengertian Internet Internet merupakan singkatan dari INTERCONNECTION NETWORK yang artinya;"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google