Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-BUSINESS Fithri Selva Jumeilah S.Kom. Definisi E-business “Penggunaan teknologi Internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses- proses bisnis, perdagangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-BUSINESS Fithri Selva Jumeilah S.Kom. Definisi E-business “Penggunaan teknologi Internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses- proses bisnis, perdagangan."— Transcript presentasi:

1 E-BUSINESS Fithri Selva Jumeilah S.Kom

2 Definisi E-business “Penggunaan teknologi Internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses- proses bisnis, perdagangan elektronis (electronic commerce atau e-commerce), dan komunikasi serta kolaborasi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra kerja bisnis elektronik lainnya.

3 Skema Aplikasi E-Business

4 Kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

5 Siklus Penerapan TI dalam Bisnis 1.Teknologi dipakai hnaya sekedar untuk proses otomatisasi dalam pengelolahan informasi. 2.Teknologi bergeser ke arah upaya membangun konfigurasi rantai bisnis yang terintegrasi. 3.Peran teknologi sudah secara nyata memperngaruhi perubahan model bisnis perusahaan.

6 MANAJEMEN PENGETAHUAN KERJA SAMA PENDUKUNG KEPUTUSAN KARYAWAN MANAJEMEN RANTAI PASOKAN PENCARIAN SUMBER. PROSES MENDAPATKAN ERP PROSES BISNIS INTERNAL MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN. PEMASARAN, PENJUALAN, LAYANAN PEMASOK PELANGGAN MANAJEMEN HUBUNGAN KEMITRAAN MENJUAL, DISTRIBUSI MITRA ARSITEKTUR APLIKASI LINTAS FUNGSI PERUSAHAAN

7 E-Business & E-Commerce E-Business tidak hanya menyangkut e-commerce. E-Commerce lebih merupakan sub bagian dari e- business, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk kegiatan pemasaran. Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet.

8 Proses-Proses Bisnis o Enterprise Resource Planning (ERP), o Supply Chain Management (SCM), o Client Relationship Management (CRM).

9 Enterprise Resource Planning (ERP) ERP sistem informasi pendukung keputusan e- business, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis.

10 KOMPONEN APLIKASI UTAMA DARI ERP PELANGGAN / KARYAWAN DISTRIBUSI PENJUALAN, MANAJEMEN PESANAN SUMBER DAYA MANUSIA AKUNTANSI DAN KEUANGAN LOGISTIK TERINTEGRASI PERENCANAAN PRODUKSI

11 Supply Chain Management (SCM) Banyak perusahaan kini menjadikan manajemen rantai pasokan (SCM) sebagai tujuan strategis utama dan usaha awal untuk pengembangan aplikasi e-business besar. SCM membantu perusahaan mendapatkan produk yg tepat pada tempat yang tepat dalam waktu yg tepat, dengan jumlah yg tepat serta biaya yang wajar.

12 Client Relationship Management (CRM) Tujuan CRM memiliki dua tujuan yang saling berkaitan: pertama, memberi organisasi dan semua karyawannya yang berhadapan dengan pelanggan, satu pandangan lengkap tentang setiap pelanggan di setiap hal dan di lintas semua saluran. Kedua, memberi pelanggan satu pandangan lengkap tentang perusahaan dan saluran-salurannya yang luas.

13 Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan E-Business Tidak ada komitmen yang utuh dari menajemen. Penerapan e-business tidak diikuti proses change management. Tidak profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis. Buruknya infrastruktur komunikasi. Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan. Adanya masalah keamaan dalam berinteraksi. Kurangnya dukungan finansial. Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang berinteraksi (cyberlaw). Menggunakan target jangka pendek sebagai pijakan investasi e-business.

14 Faktor Keberhasilan E-Business Kemampuan untuk menjamin bahwa e-business memnuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun. Validitas Kedua pihak dalam transaksi harus dapat menyatakan keaslian identitas keduanya untuk memastikan bahwa transaksi tersebut valid dan sah. Integritas Kedua pihak yakin bahwa informasi yang dipertukarkan akurat, dan tidak dapat diubah selama proses transaksi. Privasi Kerahasiaan transaksi bisnis dan informasi apapun yang dipertukarkan harus disimpan dengan baik.

15 Kiat Membangun E-Business Membenahi terlebih dahulu sistem pengelolahan sumber daya perusahaan. Membuat perencanaan investasi teknologi secara mendetail dan komprehensif. Menentukan arah investasi teknologi untuk menjawab kebutuhan jangka panjang. Membuat struktur organisasi yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan. Melakukan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis (vendor, pemasok barang, lembaga keuangan, dan lain sebagainya).


Download ppt "E-BUSINESS Fithri Selva Jumeilah S.Kom. Definisi E-business “Penggunaan teknologi Internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses- proses bisnis, perdagangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google