Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANAN PEMASARAN DALAM ORGANISASI. 1. Mengapa Pemasaran Penting? 2. Apa Ruang Lingkup Pemasaran? 3. Apa Peranan Pemasaran dalam Organisasi? Apa yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANAN PEMASARAN DALAM ORGANISASI. 1. Mengapa Pemasaran Penting? 2. Apa Ruang Lingkup Pemasaran? 3. Apa Peranan Pemasaran dalam Organisasi? Apa yang."— Transcript presentasi:

1 PERANAN PEMASARAN DALAM ORGANISASI

2 1. Mengapa Pemasaran Penting? 2. Apa Ruang Lingkup Pemasaran? 3. Apa Peranan Pemasaran dalam Organisasi? Apa yang dipelajari pada BAB ini ??

3 PENTINGNYA PEMASARAN Pemasaran ada dimana-mana. Secara formal atau informal, orang dan organisasi terlibat dalam sejumlah besar aktivitas yang dapat kita sebut pemasaran. Pemasaran yang baik telah menjadi elemen yang semakin vital untuk kesuksesan bisnis.

4 RUANG LINGKUP PEMASARAN 1. PENGERTIAN PEMASARAN Pemasaran adalah suatu proses SOSIAL dan MANAJERIAL dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

5 2. APA YANG DIPASARKAN ?? BarangTempat JasaProperti AcaraInformasi PengalamanOrganisasi OrangIde

6 3. SIAPA YANG MEMASARKAN ?? PEMASAR PROSPEK PEMASAR PROSPEK PASAR

7 Hubungannya dengan Organisasi hubungan antara pemasaran dan organisasi tidak bisa dipisahkan, pemasaran adalah bagian tubuh dari organisasi yang akan membawa organisasi itu ke permukaan, begitu juga organisasi yang harus selalu menampilkan citra yang baik dan kuat.

8

9 Peranan Pemasaran dalam OrganisasiASARAN DALAM ORGANISASI / PERUSAHAAN Konsep Inti Pemasaran

10 KEBUTUHAN, KEINGINAN DAN PERMINTAAN Kebutuhan : keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Keinginan : hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Permintaan : keinginan akan sesuatu produk yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan membeli. Keinginan menjadi permintaan bila didukung oleh daya beli.

11 PRODUK Produk : sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepemilikannya, tetapi pada jasa yang dapat diberikannya.

12 NILAI DAN KEPUASAN Nilai adalah kombinasi kualitas, pelayanan, dan harga. Kepuasan mencerminkan penilaian seseorang tentang kinerja produk anggapannya dalam kaitannya dengan ekspektasi.

13 Pertukaran : cara untuk mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.

14 Syarat pertukaran : 1. Terdapat sedikitnya 2 pihak 2. Setiap pihak memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya 3. Setiap pihak dapat berkomunikasi dan menyerahkan barang 4. Setiap pihak bebas menerima atau menolak penawaran yang ada 5. Setiap pihak memang menginginkan dan bersedia berurusan dengan pihak lainnya

15 Transaksi merupakan unit pertukaran terkecil. Beberapa aspek dalam transaksi: 1. Sedikitnya ada 2 barang yang memiliki nilai. 2. Terdapat syarat-syarat yang disetujui, waktu persetujuan dan tempat persetujuan. 3. Terdapat suatu sistem hukum yang menjamin bahwa pihak yang melakukan transaksi memenuhi kewajibannya.

16 Pemasaran transaksi merupakan bagian dari pemasaran berdasarkan hubungan. Pemasar yang baik akan mencoba membangun suatu hubungan jangka panjang, saling percaya, ”sama-sama menang” dengan para pelanggan, distributor, penyalur dan pemasoknya yang dia hargai.

17 PASAR Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu.

18 Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar Konsep Produksi Konsep Produk Konsep Penjualan Konsep Pemasaran Konsep Pemasaran Holistik

19 Pemasaran Holistik Pemasaran Hubungan Pemasaran Terintergrasi Pemasaran Internal Pemasaran Kinerja

20 TUGAS PEMASARAN mengembangkan strategi dan rencana pemasaran menangkap pemahaman pemasaran berhubungan dengan pelanggan membangun merek yang kuat membentuk penawaran pasar

21 SEKIAN


Download ppt "PERANAN PEMASARAN DALAM ORGANISASI. 1. Mengapa Pemasaran Penting? 2. Apa Ruang Lingkup Pemasaran? 3. Apa Peranan Pemasaran dalam Organisasi? Apa yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google