Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMANFAATAN FASILITAS INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Nama kelompok : 1.I Gede Arya Perbawa4538 2.I Gede Yogi Brahmanta4550 3.I Putu Oka Widana4552.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMANFAATAN FASILITAS INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Nama kelompok : 1.I Gede Arya Perbawa4538 2.I Gede Yogi Brahmanta4550 3.I Putu Oka Widana4552."— Transcript presentasi:

1 PEMANFAATAN FASILITAS INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Nama kelompok : 1.I Gede Arya Perbawa I Gede Yogi Brahmanta I Putu Oka Widana I Wayan Lantir Edi Saputra Ni Luh Emi Indrawati4566

2 Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebook sebagai Media Pembelajaran

3 PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Facebook merupakan situs jejaring sosial yang benar-benar sudah menyita perhatian banyak orang, khususnya di Indonesia.Situs ini digunakan oleh berbagai kalangan usia, tidak hanya kawula muda bahkan orang tua pun seakan tidak mau ketinggalan untuk menggunakan. Munculnya facebook telah memberikan banyak keuntungan maupun kerugian. Dapat dikatakan bahwa facebook telah membawa manfaat yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat modern tak terkecuali untuk pendidikan, walaupun terdapat beberapa efek samping negatif. Jadi yang perlu dibenahi adalah peraturannya dan budaya pemanfaatan facebook itu sendiri.

4 PENDAHULUAN Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Banyaknya pengguna facebook membuat facebook dijadikan ajang atau tempat untuk bertemu dengan teman-teman baru atau lama. Keberadaan fitur pendidikan seperti slideshare dan quiz masih belum banyak digunakan oleh facebooker sebagai sarana pembelajaran. Dominasi aplikasi hiburan menjadikan aplikasi pendidikan terabaikan dan terkesan facebook hanya sebagai aktifitas hiburan yang kurang bermanfaat.

5 Mengapa f acebook? Proses pembelajaran seharusnya dilaksanakan dengan cara yang efektif dan salah satu caranya adalah menyampaikan materi pembelajaran dengan media yang sering digunakan oleh para siswa. Perkembangan teknologi informasi dikuasai oleh generasi muda dan menjadi sesuatu yang dekat dengan kehidupan mereka. Contohnya adalah Facebook yang hampir semua siswa menggunakan situs ini. Dengan membuat hyperlink weblog dari facebook, guru dapat menceritakan secara tidak langsung bahan inti materi. facebook sebagai media pembelajaran tambahan memiliki banyak potensi dan keunggulan, terutama karena banyaknya pengguna facebook dari kalangan pelajar disamping kaya dengan fitur dan aplikasi yang dapat dikembangkan oleh guru, serta kemampuan web ini dapat diakses dari handphone.

6 Bentuk pemanfaatan Promosi Sharing Demonstrasi Chatting

7 Contoh pemanfaatan mensurving Facebook dalam kegiatan pendidikan adalah dengan cara menjalankan beberapa aplikasi fitur-fitur berikut ini,seperti : Facebook Share, Ini merupakan fitur dasar di facebook. Fitur ini pastinya juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membantu pembelajaran. Siapapun bisa men-share apapun (tulisan singkat, link, gambar, video dsb) ke semua teman-temannya. Facebook Quiz, Saat ini sudah banyak quiz-quiz yang beredar di facebook. Rata-rata hanya quiz yang dibuat untuk sekedar iseng. Fitur ini sejatinya bisa dipakai untuk melakukan quiz online. Sang guru bisa membuat quiz-nya dengan mudah kemudian menyuruh seluruh muridnya untuk mengerjakan quiz tersebut. Facebook Note, Dengan sarana ini sang guru bisa memancing murid-muridnya saling berdiskusi mengenai topik tertentu. Sang guru cukup membuat note disana kemudian men-tag seluruh muridnya untuk memancing diskusi. Facebook Apps, Dengan fitur ini hampir segalanya bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah game edutainment pada platform facebook Apps ini. Salah satu contoh Facebook Apps game edutainment yang cukup terkenal dan banyak dimainkan adalah Geo Challenge. Sebuah aplikasi game untuk menguji pengetahuan geografis dari pemain-pemainnya.

8 Contoh Seorang Guru Memnfaatkan Facebook Sebagai Media Pembelajaran Hampir semua fitur facebook dapat dimanfaat sebagai media pembelajaran Fitur seperti update status, bila guru sering mengupdate perubahan status tentang bahan belajar maka wall akan berisi koleksi bahan ajar serta memungkinkan guru dan siswa yang online dalam waktu yang sama untuk berinteraksi dan merespon atau memberi komentar tentang status atau tugas yang juga berhubungan dengan materi pembelajaran. Melalui fitur ini guru dapat meng-upload album dan foto yang mendukung materi pembelajaran. Lalu guru dapat menandai foto untuk siswa untuk membahas tentang hal itu. Guru juga dapat melakukan penilaian pada siswa dan mendeteksi pemahaman siswa. Catatan atau notes memungkinkan guru untuk berbagi banyak bahan pembelajaran dalam konten teks dan mengajak siswa untuk membacanya dan memberi komentar. Instant messenger memungkinkan kedua siswa dan guru untuk mengirim dan respon pesan online melalui Facebook.

9 Kesimpulan Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Facebook dapat dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog. Facebook memang memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan

10 TERIMA KASIH


Download ppt "PEMANFAATAN FASILITAS INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Nama kelompok : 1.I Gede Arya Perbawa4538 2.I Gede Yogi Brahmanta4550 3.I Putu Oka Widana4552."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google