Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELAYAKAN ASPEK FINANSIAL Pertemuan 9. MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS  Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELAYAKAN ASPEK FINANSIAL Pertemuan 9. MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS  Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan."— Transcript presentasi:

1 KELAYAKAN ASPEK FINANSIAL Pertemuan 9

2 MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS  Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan adalah (a) pemilik perusahaan, (b) para pemimpin perusahaan, (c) kreditur dan calon kreditur, (d) para investor, dan (e) pemerintah, Catatan : masing-masing pihak mempunyai kepentingan dan sudut pandang yang berbeda.

3 MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS  Suatu rencana penjualan harus didasarkan atas proyeksi pemasaran atau secara khusus melalui analisis aspek pemasaran.  Banyak metode proyeksi (forecasting) untuk meramalkan penjualan di masa-masa mendatang, gunakan yg sesuai.

4 MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS  Terdapat perbedaan yang berarti antara keuntungan dalam laporan akuntansi dengan kas,  Hal ini terjadi, apabila terdapat perbedaan antara saat pengakuan penerimaan dan pengeluaran secara akuntansi dengan saat terjadinya penerimaan dan pengeluaran kas.

5 MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS  Apabila investasi sebagian dibiayai dengan modal asing (utang) sehingga terdapat beban bunga, maka dalam perhitungan aliran kas masuk bersihnya harus diseusaikan dengan bunga setelah pajak.

6 MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS Formulasinya menjadi: Aliran kas masuk bersih =  laba setelah pajak  + depresiasi  + (1 – tarif pajak) bunga.

7 KONSEP NILAI WAKTU UANG DAN BERBAGAI KRITERIA INVESTASI Pertemuan 10

8 KONSEP NILAI WAKTU UANG DAN BERBAGAI KRITERIA INVESTASI  Terdapat beberapa metode penilaian investasi yang dapat dipergunakan SKB

9 KONSEP NILAI WAKTU UANG DAN BERBAGAI KRITERIA INVESTASI  Masing-masing metode penilaian invetasi mempunyai kelebihan dan kelemahan, oleh sebab itu didalam penggunaannya semua metode tersebut saling melengkapi.

10 KONSEP NILAI WAKTU UANG DAN BERBAGAI KRITERIA INVESTASI  Secara teoritis metode yang paling baik adalah net present value, karena disamping metodi ini mudah juga mempunyai asumsi yang lebih realistis dibanding dengan metode yang lain.

11 KONSEP NILAI WAKTU UANG DAN BERBAGAI KRITERIA INVESTASI  Apabila investasi dibiayai sebagian dengan utang atau modal asing maka di dalam meperkirakan aliran kas masuk bersih harus disesuaikan dengan bunga setelah pajak, hal ini agar tidak terjadi double counting.

12 KONSEP NILAI WAKTU UANG DAN BERBAGAI KRITERIA INVESTASI  Bagi para investor yang lebih relevan adalah kas yang benar- benar ada atau yang akan diterima, bukannya laba seperti apa yang dilaporkan oleh bagian akuntansi.  Karena dengan kas tersebut dapat dipenuhi kewajiban finansialnya

13 KONSEP NILAI WAKTU UANG DAN BERBAGAI KRITERIA INVESTASI  Karena dengan kas tersebut dapat dipenuhi kewajiban finansialnya


Download ppt "KELAYAKAN ASPEK FINANSIAL Pertemuan 9. MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DAN MENGHITUNG ALIRAN KAS  Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google