Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan IV Penyebaran Pengetahuan. Tahapan Penggunaan Pengetahuan Akuisisi Penggunaan bersama (sharing) Penggunaan (utilization)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan IV Penyebaran Pengetahuan. Tahapan Penggunaan Pengetahuan Akuisisi Penggunaan bersama (sharing) Penggunaan (utilization)"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan IV Penyebaran Pengetahuan

2 Tahapan Penggunaan Pengetahuan Akuisisi Penggunaan bersama (sharing) Penggunaan (utilization)

3 Know-What Know-How Know-Why Care-Why Yang didukung KM 4 tahapan intelektualitas profesional (JB Quinn) Tahap Pengungkitan (leverageability) AKUISISI

4 Contoh Know-What tanpa Know-How Saya tahu cara kerja mobil.

5 Contoh Know-How tanpa Know-Why Tukang reparasi radio Tukang pijat refleksi

6 Care-why. Kreatifitas yang didorong motivasi dari diri sendiri. Tidak didukung knowledge management. Know-why. Memahami hubungan sebab- akibat. Know-how. Tahu bagaimana melakukan sesuatu. Kemampuan menterjemahkan pengetahuan yang ada di buku menjadi suatu hasil. Know-what. Pengetahuan kognitif.

7 BERBAGI PENGETAHUAN (Knowledge Sharing) dan PENGGUNAAN PENGETAHUAN (Knowledge Utilisation) Perbedaan aset informasi dan pengetahuan. Pengetahuan umumnya dibangun melalui kerjasama penyelesaian masalah, percakapan dan kerja kelompok.

8 Sosialisasi Eksternalisasi Internalisasi Kombinasi NGOBROL TASIT TACIT EKSPLISIT

9 Contoh SECI pada Pengembangan Piranti Lunak SOSIALISASI Obrolan antar pemrogram, atau antara analis sistem dengan klien: “Saya tidak tahu persis sistem apa yang kami inginkan. Tetapi, sistem ini harus mendukung kerjasama tim di tempat yang berjauhan.”

10 Pembuatan dokumen oleh analis sistem setelah melakukan wawancara dengan klien. Contoh SECI pada Pengembangan Piranti Lunak EKSTERNALISASI

11 Contoh SECI pada Pengembangan Piranti Lunak KOMBINASI Kerjasama dan pertukaran informasi antara analis sistem, pemrogram, dan klien selama proses pengembangan sistem

12 Contoh SECI pada Pengembangan Piranti Lunak INTERNALISASI Keterlibatan tiap orang dalam proyek, akan meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan tasit.

13 Aset-aset Intangible lainnya Merek yang populer (Nike) Visi yang menggerakkan industri Paten (CD Philips) dan terobosan baru (Walkman Sony) Kesetiaan pelanggan (Harley Davidson) Ide inovatif (Program afiliasi dari Amazon) Anticipated future products (Microsoft vs Lotus) Prestasi masa lalu (BCA saat dijual, Apple saat diambang kebangkrutan) Ground-breaking strategies (BCA ketika membuka cabang dan ATM di mana-mana)


Download ppt "Pertemuan IV Penyebaran Pengetahuan. Tahapan Penggunaan Pengetahuan Akuisisi Penggunaan bersama (sharing) Penggunaan (utilization)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google