Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Internet & Internetworking. Internet Internet Protocol Address (IP Address) Terdiri 32 bit dengan 4 segmen. Msg2 segmen terdiri dari 8 bit dg nilai decimal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Internet & Internetworking. Internet Internet Protocol Address (IP Address) Terdiri 32 bit dengan 4 segmen. Msg2 segmen terdiri dari 8 bit dg nilai decimal."— Transcript presentasi:

1 Internet & Internetworking

2 Internet Internet Protocol Address (IP Address) Terdiri 32 bit dengan 4 segmen. Msg2 segmen terdiri dari 8 bit dg nilai decimal 0 – 255. IP Address terbagi dlm 2 bagian : 1. Network (bit2 network) 2. Host (bit2 host)

3 IP Address Network (bit2 network) Berperan dlm identifikasi suatu network dari network. Host(Bit2 host) Berperan dlm identifikasi suatu host dlm network.

4 IP Address Ada 3 kelas utama pemberian IP Address pada TCP/IP yakni : 1. Kelas A Bit pertama dari address adl 0, maka 8 bit pertama merupakan bit network dan sisanya adalah bit host nnnnnnnhhhhhhhh Bit Network Bit Host

5 IP Address 2. Kelas B Jika kedua bit pertama 10, maka 16 bit berikutnya adl bit network dan sisanya adl bit host. 10nnnnnnnnnnnnnnhhhhhhhh Bit Network Bit Host

6 IP Address 3. Kelas C Jika 3 bit pertama adalah 110, maka 24 bit berikutnya adalah bit network dan sisanya adalah bit host. 110nnnnnnnnnnnnn hhhhhhhh Bit Network Bit Host

7 Aplikasi pada Internet Ada beberapa aplikasi pada internet : (surat elektronik) WWW mendapatkan informasi tidak hanya teks tapi gambar atau multimedia. FTP (File Transfer Protocol) Salah satu aplikasi utk mendownload atau up load suatu file di FTP server shg dpt bertukar file dg cepat.

8 Aplikasi pada Internet Newsgroup Forum yg digunakan utk diskusi Telnet Mengakses komputer yg letaknya jauh dr komputer kita. Ct, mengakses database. Gopher Aplikasi utk mencari informasi yg ada di internet tapi hanya bebasiskan teks.

9 Aplikasi pada Internet Chat Program aplikasi internet yg memungkinkan kita berbicara scr langsung dg lawan bicara. Ping (Packet Internet Gopher) Utk melihat apakah ada hubungan antara komputer yg satu dg komputer yg lain dg cara mengirimkan sejumlah packet data.

10 Cara ke internet Ada beberapa cara utk menghubungkan ke internet : Menghubungkan internet lewat penyedia jasa internet Menghubungkan internet lewat jasa informasi Menghubungkan internet secara langsung.

11 Internetworking Adalah suatu cara yg dipakai apabila lebih dari 1 network yg terintegrasi dalam jaringan, yaitu antar sistem yang berdekatan dg subnetwork.

12 Internetworking Network 3 Network 1 Network 2 B GG ss s s s s

13 Internetworking Tujuan dari internetworking : Menyediakan hubungan (link) dari suatu jaringan ke jaringan lainnya dan diperlukan physical dan datalink kontrol. Menyediakan fasilitas routing ke jaringan lainnya utk pengiriman data antar proses pada network yg berbeda. Menjaga dan melindungi data dari suatu jaringan ke jaringan yg lainnya.

14 Macam Intermediate Switching: Bridge Berada pada layer Phisycal. Karakteristik Bridge : - Koneksi 2 LAN yg sama atau berbeda pada layer data link. - Membagi network besar ke dalam subnet - Mengimplementasikan layer 1 & 2

15 Bridge Cara kerja Bridge : B AX19 2 bridge Network 1 Network 2

16 Bridge Cara kerjanya : Baca semua frame yg dikirimkan oleh A dan baca juga tujuannya station 1 di network 2. Dgn menggunakan jaringan yg ada di network 2 maka bridge akan meneruskan data dari A ke station 1. Bridge hrs mempunyai buffer yg cukup utk menampung data2 dr kedua network

17 Bridge Cara kerjanya : Bridge tidak melakukan modifikasi format frame yg diterimanya. Bridge hrs mempunyai kemampuan routing dan addressing ke msg2 network sebab bridge hrs mempunyai table semua station yg terhubung padanya (station A-Z pada network I dan station 1-9 pada network 2).

18 Gateway Karakteristik gateway : Menghubungkan 2 network yg berbeda Konverter protocol Mengimplementasikan layer 1 sampa 7.

19 Tingkat Keamanan Ada 4 tingkat keamanan yang utama yaitu : Passwords Trustee rights Directory Rights File attributess

20 Passwords Adalah string karakter yg diketik pemakai waktu ia melakukan log in. Hal yg perlu dilakukan dlm hal ini : 1. Panjang Passwords Panjang minimum adl 5 karakter & maximum adl 128 karakter. Pemakai dpt memodifikasi karakter sebaik mungkin.

21 Passwords 2. Perubahan passwords Perubahan sebaiknya secara periodik shg keamanan dari data kita lebih terjamin.

22 Trustee Rights Kepercayaan yg diberikan kepada pemakai adl sbg berikut : Read Memungkinkan pemakai utk membaca dari file dlm directory. Write Memungkinkan pemakai utk menulis ke file dlm directory

23 Trustee Rights Open Memungkinkan pemakai utk membuka file yg telah ada dlm directory. Create Memungkinkan pemakai utk menciptakan file baru dlm directory Delete Memungkinkan pemakai utk menghapus file yg telah ada.

24 Trustee Rights Modify Memungkinkan pemakai utk mengubah nama file yg ada dan atributnya.

25 Trustee Directory Directory rights dipasangkan ke directory dan digunakan utk membatasi akses pemakai ke direktori tersebut. Rightsnya sama dg trustee rights tetapi jika supervisor mengeluarkan Delete dr directory maka pamakai tidak dapat lagi menghapus file dlm directory walau Delete masih terdaftar dlm trustee rightsnya.

26 File Attributes File ini bisa mempunyai berbagai atribut yg berbeda, dimana pengaksesan atribut oleh pemakai juga dibatasi.


Download ppt "Internet & Internetworking. Internet Internet Protocol Address (IP Address) Terdiri 32 bit dengan 4 segmen. Msg2 segmen terdiri dari 8 bit dg nilai decimal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google