Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A. Pengertian Secara bahasa, berasal dari bahasa arab yang berarti Qi-Ni (peliharalah aku). Mengambil makna dari spirit al Quran surat at tahriim [66]:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A. Pengertian Secara bahasa, berasal dari bahasa arab yang berarti Qi-Ni (peliharalah aku). Mengambil makna dari spirit al Quran surat at tahriim [66]:"— Transcript presentasi:

1 A. Pengertian Secara bahasa, berasal dari bahasa arab yang berarti Qi-Ni (peliharalah aku). Mengambil makna dari spirit al Quran surat at tahriim [66]: 6     ِ   Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka Adapun secara istilah: Kegiatan Qini merupakan nama salah satu program al-idrisiyyah yang mengandung peningkatan wawasan keislaman dan praktek amaliyah yang diselenggarakan di tempat Guru Mursyid selama 5 (lima) hari, pada bulan Dzulhijjah, Robi’ul awal dan Rajab

2 B. Maksud dan Tujuan 1. Meningkatkan hubungan antara Guru Mursyid dengan seluruh jama’ah Al-Idrisiyyah 2. Meningkatkan hubungan antar sesama murid 3. Membangun Ukhuwah Islamiyah C. Bentuk Kegiatan Qini 1. Kuliah kajian keislaman yang komprehensif dengan meng-kombinasikan Konsep Iman (Tauhid), Islam (Fiqih) Ihsan (Tashawuf) beserta praktek-praktek dan aplikasi (penerapannya); 2. Kegiatan bimbingan shalat berjama’ah beserta aurod; 3. Bimbingan Dzikrullah; 4. Bimbingan Teknis, seperti; kegiatan ekonomi, Kajian Dakwah, Pendidikan dan lain-lain 5. Kegiatan yang bersifat temporer (kondisional) dan lain-lain

3 D. Manfaat dari Kegiatan PQN 1. Di Tinjau dari Asfek Hubungan Guru dengan Murid ; a) Meningkatkan Efektivitas bimbingan guru kepada murid; - Fungsi guru yang berkedudukan sebagai pewarits para nabi - Membacakan ayat-ayat Allah SWT - Membersihkan jiwa ummat - Mengajarkan al Kitab dan sunnah-sunnahnya b) Menumbuhkan kecintaan murid kepada Guru, sehingga murid mampu meningkatkan seluruh kegiatan ibadah dibawah bimbingannya. 2. Manfaat ditinjau dari segi Tempat; a) Tempat guru adalah tempat berkumpulnya seluruh murid yang memiliki cita-cita dan harapan yang sama, yaitu; mendapatkan ridlo Allah SWT. Dengan harapan tersebut akan menjadi kekuatan, motivasi (spirit) dalam beribadah; b) didalamnya terdapat makam guru-guru terdahulu, yang dapat mengandung inspirasi dan membangkitkan serta melahirkan nilai-nilai spiritualitas.

4 3. Manfaat ditinjau dari Asfek Hubungan Antar Murid dan Umat Islam - Media ta’aruf, tawaddud, tarohim dan ta’awun; Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (Q.S. As Shoff [61 ]: 4)

5 E. Manfaat Pelaksanaan Qini Nasional 1. Dzulhijjah Didalamnya terdapat sejarah pengorbanan keluarga Ibrahim,sehingga diharapkan setiap pribadi jama’ah mampu mengartikulasikan moment bersejarah tersebut, dengan cara mengambil pembelajaran spirit dalam pengorbanan di berbagai dimensi ibadah. 2. Robiul awwal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhamad Saw, sehingga setiap pribadi jama’ah diharapkan mampu mengartikulasikan moment bersejarah tersebut dengan mempelajari, menghayati sekaligus meneladani (mencontoh) seluruh asfek kepribadian hidup dan kehidupannya (life style) serta sunnah (kebijakannya). 3. Rajab Terdapat peristiwa yang agung (isra’ mi’raj) Rasululloh SAW. Diharapkan setiap jama’ah mampu mengartikulasikan dengan meningkatkan kualitas penghambaan secara totalitas kepada sang kholik agar tersingkap hijab (tabir) kerohanian dengan merasakan kebesaran ayat – ayat Allah.


Download ppt "A. Pengertian Secara bahasa, berasal dari bahasa arab yang berarti Qi-Ni (peliharalah aku). Mengambil makna dari spirit al Quran surat at tahriim [66]:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google