Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH PELAKSANAAN SHALAT BERJAMA’AH TERHADAP PERILAKU SOSIAL Created By :  Dwi Mega Yulianingrum  Hananto Wicaksono.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH PELAKSANAAN SHALAT BERJAMA’AH TERHADAP PERILAKU SOSIAL Created By :  Dwi Mega Yulianingrum  Hananto Wicaksono."— Transcript presentasi:

1 PENGARUH PELAKSANAAN SHALAT BERJAMA’AH TERHADAP PERILAKU SOSIAL Created By :  Dwi Mega Yulianingrum  Hananto Wicaksono

2 HAL YANG AKAN DIBAHAS 1. Shalat 2. Shalat berjamaah 3. Prilaku sosial 4. Impikasi shalat berjmaah terhadap prilaku sosial

3 Shalat Shalat adalah tiang agama dan merupakan perbuatan yang pertama kali di hisab oleh Allah SWT kelak. Secara ma’quli (pandangan akal). Statemen itu dapat dibenarkan, sebab aktifitas shalat mencerminkan kepribadian secara kafah. Shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar dan sesungguhnya dengan shalat kita dapat selalu mengingat Allah dan shalat merupakan ibadah yang keutamaannya lebih besar daripada ibadah yang lainnya.

4 Hal ini dijelaskan dalam QS. al-Ankabut: 45 yang berbunyi : Artinya: “Bacalah al-Quran yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu al-kitab(Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.(QS. al-Ankabut: 45).

5 Shalat berjamaah Menurut bahasa shalat adalah do'a. Kata “shalat” menurut pengertian bahasa mengandung dua pengertaian, yaitu “ berdo’a” dan “bershalawat”. Al-Qur’an menyebutkan shalat pada banyak ayat, tidak kurang dari 90 ayat, Shalat dalam arti do’a di jelaskan dalam al-Qur’an surat At- Taubah, ayat 103 yang memerintahkan Nabi untuk mendo’akan bagi orang-orang yang membayar zakat harta benda mereka; sebab do’a Nabi membawa ketenangan hati mereka.

6 Dapat ditarik kesipulan, Shalat berjama’ah merupakan suatu tindakan ibadah shalat yang dikerjakan bersama-sama, dimana salah seorang di antaranya sebagai imam dan yang lainnya sebagai makmum. Shalat Jama’ah selain sarana ibadah kita kepada Allah SWT juga terdapat keutamaan dan aspek-aspek psikologis yang dapat memberikan motivasi sehingga akan membantu membentuk perilaku sosial seseorang.

7 Fungsi Shalat berjaah Fungsi dan Tujuan Shalat Berjama’ah 1. Sebagai tiang agama 2. Sebagai sumber tumbuhnya unsur-unsur pembentuk akhlak yang mulia 3. Sebagai satu cara untuk persatuan dan persaudaraan antar sesama muslim

8 Sebagaimana Sabda Nabi SAW: “Sesungguhnya imam itu dijadikan untuk diikuti, maka janganlah kalian menyelisihinya. Jika ia bertakbir maka bertakbirlah. Jika ia rukuk maka rukuklah.. Jika ia sujud maka sujudlah.” Dalam hadis tersebut jelas bahwa Shalat berjama’ah mempunyai Fungsi sebagai tempat untuk berlatih disiplin dan pengendalian jiwa yaitu dengan cara selalu mngikuti imam dalam semua takbir atau gerakannya dalam shalat, dan tidak mendahuluinya, memperlambat dari darinya, bersamaan dengan atau berlomba-lomba dengannya.

9 Perilaku sosial Menurut bahasa perilaku adalah “Tanggapan atau reaksi individual terhadap rangsangan atau lingkungan. Perilaku biasanya juga disamakan dengan istilah sikap (attitude).

10 aspek Perilaku sosial a.Toleransi b.Menghargai pendirian atau pendapat orang lain c.Kerukunan d.Kebersamaan e.Persatuan atau kekompakan f.Kerjasama g.Tolong menolong h.Persaudaraan

11 hikmahyang ada dalam shalat berjama’ah a.Membiasakan bersatu dan tolong menolong b.Menyempurnakan shalat orang-orang yang kurang ibadatnya c.Kebaikan dunia c.Menghidupkan rasa merdeka, persamaan dan persaudaraan d.Membiasakan ummat mentaati pemimpin-pemimpinnya e.Kebaikan agama f.Menolong orang-orang yang sama bershalat g.Dapat membantu konsentrasi pikiran menurut Hasbi Ash Shiddiqy dan juga Zakiyah Darajat

12


Download ppt "PENGARUH PELAKSANAAN SHALAT BERJAMA’AH TERHADAP PERILAKU SOSIAL Created By :  Dwi Mega Yulianingrum  Hananto Wicaksono."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google