Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASALAH POKOK DALAM ORGANISASI PERUSAHAAN LAILI FAIZA ULFA, SE, MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASALAH POKOK DALAM ORGANISASI PERUSAHAAN LAILI FAIZA ULFA, SE, MM."— Transcript presentasi:

1 MASALAH POKOK DALAM ORGANISASI PERUSAHAAN LAILI FAIZA ULFA, SE, MM

2 Masalah Pokok Dalam Organisasi Perusahaan 1. Bentuk perusahaan manakah yang dipilih ? 1. Bentuk perusahaan manakah yang dipilih ? 2. Dimanakah perusahaannya itu akan didirikan ? 2. Dimanakah perusahaannya itu akan didirikan ? 3. Apakah lapangan pekerjaan yang akan didirikan, umum/khusus ? 3. Apakah lapangan pekerjaan yang akan didirikan, umum/khusus ? 4. Sistem perekonomian yang bagaimana perusahaan tersebut berada ? 4. Sistem perekonomian yang bagaimana perusahaan tersebut berada ? 5. Siapakah yang akan memimpin perusahaan ? 5. Siapakah yang akan memimpin perusahaan ? 6. Bagaimanakh perencanaan & pengawasan produksinya ? 6. Bagaimanakh perencanaan & pengawasan produksinya ? 7. Siapakah personalianya ? 7. Siapakah personalianya ?

3 Bentuk-Bentuk Badan Usaha 1) Perusahaan perseorangan (Po) 1) Perusahaan perseorangan (Po) 2) Persekutuan firma (Fa) 2) Persekutuan firma (Fa) 3) Persekutuan komanditer (CV) 3) Persekutuan komanditer (CV) 4) Perseroan terbatas (PT) 4) Perseroan terbatas (PT) 5) Koperasi 5) Koperasi 6) Perusahaan Negara 6) Perusahaan Negara 7) Perusahaan Daerah 7) Perusahaan Daerah

4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Bentuk Badan Usaha: 1. Besarnya modal 1. Besarnya modal 2. Kelangsungan hidup Badan Usaha 2. Kelangsungan hidup Badan Usaha 3. Tanggung jawab terhadap hutang- piutang badan usaha 3. Tanggung jawab terhadap hutang- piutang badan usaha 4. Persoalan siapa yang akan memimpin usaha tersebut. 4. Persoalan siapa yang akan memimpin usaha tersebut.

5 Persekutuan Firma Fa adalah persekutuan untuk menjalankan usaha dengan memakai nama bersama. Fa adalah persekutuan untuk menjalankan usaha dengan memakai nama bersama. Kebaikan Fa: Kebaikan Fa: 1. Kebutuhan akan modal lebih mudah dapat dipenuhi 1. Kebutuhan akan modal lebih mudah dapat dipenuhi 2. Tergabungnya alasan-alasan rasional 2. Tergabungnya alasan-alasan rasional 3. Perhatian sekutu yang sungguh- sungguh terhadap perusahaan. 3. Perhatian sekutu yang sungguh- sungguh terhadap perusahaan.

6 Lanjutan Keburukan Fa: Keburukan Fa: 1. Tanggung jawab yang tidak terbatas dari para sekutu. 1. Tanggung jawab yang tidak terbatas dari para sekutu. 2. Pimpinan dipegang oleh lebih dari seorang. 2. Pimpinan dipegang oleh lebih dari seorang. 3. Fa berakhir karena : 3. Fa berakhir karena : - kematian/jatuh pailitnya seorang sekutu. - kematian/jatuh pailitnya seorang sekutu. - dibubarkan oleh hakim karena alasan- alasan sah - dibubarkan oleh hakim karena alasan- alasan sah - masa persekutuan habis - masa persekutuan habis - seorang sekutu menarik diri - seorang sekutu menarik diri

7 Persekutuan Komanditer CV adalah persekutuan atas dasar kepercayaan dimana perusahaan dijalankan oleh sekutu komplimenter yang bertanggung jawab terhadap kerugian pengelolaan perusahaan dan ada sukutu komanditer yang hanya menyerahkan modalnya saja. CV adalah persekutuan atas dasar kepercayaan dimana perusahaan dijalankan oleh sekutu komplimenter yang bertanggung jawab terhadap kerugian pengelolaan perusahaan dan ada sukutu komanditer yang hanya menyerahkan modalnya saja.

8 Lanjutan Kebaikan CV: Kebaikan CV: 1. Kemudahan mendapatkan modal 1. Kemudahan mendapatkan modal 2. Tanggung jawab sekutu komanditer terbatas. 2. Tanggung jawab sekutu komanditer terbatas. Keburukan CV: Keburukan CV: 1. Terdapat lebih dari satu pimpinan perusahaan. 1. Terdapat lebih dari satu pimpinan perusahaan. 2. Tanggung jawab sekutu komplimenter tidak terbatas. 2. Tanggung jawab sekutu komplimenter tidak terbatas.

9 Perseroan Terbatas PT adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang modalnya terbagi atas saham-saham. PT adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang modalnya terbagi atas saham-saham. Kebaikan PT: Kebaikan PT: 1. Tanggung jawab yang terbatas dari pemegang saham. 1. Tanggung jawab yang terbatas dari pemegang saham. 2. Pemilik & pengusaha adalah terpisah satu sama lain. 2. Pemilik & pengusaha adalah terpisah satu sama lain. 3. Mudah mendapatkan modal. 3. Mudah mendapatkan modal.

10 Lanjutan 4. Kelangsungan usaha lebih terjamin 4. Kelangsungan usaha lebih terjamin 5. Terdapat efisiensi di dalam pimpinan 5. Terdapat efisiensi di dalam pimpinan Keburukan PT: Keburukan PT: 1. Pajak yang besar 1. Pajak yang besar 2. Ongkos organisasi sangat besar 2. Ongkos organisasi sangat besar 3. Ongkos pendirian besar 3. Ongkos pendirian besar 4. Tidak terjaminnya rahasia 4. Tidak terjaminnya rahasia

11 Koperasi Koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama atas dasar kekeluargaan. Koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama atas dasar kekeluargaan. Alat perlengkapan organisasi koperasi: Alat perlengkapan organisasi koperasi: 1. Rapat anggota 2. Pengurus 1. Rapat anggota 2. Pengurus 3. Badan Pemeriksa 3. Badan Pemeriksa

12 Lanjutan Koperasi biasanya mempunyai faktor- faktor sbb: Koperasi biasanya mempunyai faktor- faktor sbb: 1. Para pemilik disebut anggota. Mereka adalah juga pengguna jasa-jasa koperasi. 1. Para pemilik disebut anggota. Mereka adalah juga pengguna jasa-jasa koperasi. 2. Ada suatu batas jumlah modal yang bisa diserahkan oleh seorang anggota. 2. Ada suatu batas jumlah modal yang bisa diserahkan oleh seorang anggota. 3. Setiap anggota hanya mempunyai satu hak memilih walaupun ia dapat memiliki beberapa saham. 3. Setiap anggota hanya mempunyai satu hak memilih walaupun ia dapat memiliki beberapa saham.

13 Lanjutan 4. Pembayaran dividen langganan adalah sebanding dengan jumlah barang yang telah dibeli/dijual oleh seorang anggota. 4. Pembayaran dividen langganan adalah sebanding dengan jumlah barang yang telah dibeli/dijual oleh seorang anggota. 5. Para direktur tidak menerima gaji, hanya para manajer & karyawan yang dibayar. 5. Para direktur tidak menerima gaji, hanya para manajer & karyawan yang dibayar. 6. Bunga dari investasi mereka dibayarkan kepada anggota. 6. Bunga dari investasi mereka dibayarkan kepada anggota.

14 Perusahaan Negara 1. PERJAN: 1. PERJAN: A. pengabdian & pelayanan kepada masyarakat. A. pengabdian & pelayanan kepada masyarakat. B. merupakan bagian dari departemen, dirjen, direktorat/pemda. B. merupakan bagian dari departemen, dirjen, direktorat/pemda. C. dipimpin oleh seorang kepala yang langsung bertanggung jawab kepada atasannya dalam hirarki pemerintah yang biasa. C. dipimpin oleh seorang kepala yang langsung bertanggung jawab kepada atasannya dalam hirarki pemerintah yang biasa.

15 Lanjutan D. memperoleh fasilitas dari negara & pegawainya adalah pegawai negeri. D. memperoleh fasilitas dari negara & pegawainya adalah pegawai negeri. E. pengawasan langsung dari atas sebagai lazimnya pejabat pegawai negeri. E. pengawasan langsung dari atas sebagai lazimnya pejabat pegawai negeri.

16 2. PERUM Perum (Perusahaan Negara Umum ), ciri: Perum (Perusahaan Negara Umum ), ciri: A. melayani kepentingan umum A. melayani kepentingan umum B. memupuk keuntungan B. memupuk keuntungan C. berstatus Badan Hukum C. berstatus Badan Hukum D. umumnya bergerak di bidang jasa-vital D. umumnya bergerak di bidang jasa-vital E. mempunyai nama & kekayaan sendiri serta kebebasan bergerak seperti perusahaan swasta. E. mempunyai nama & kekayaan sendiri serta kebebasan bergerak seperti perusahaan swasta.

17 Lanjutan F. hubungan hukumnya diatur secara hubungan hukum perdata F. hubungan hukumnya diatur secara hubungan hukum perdata G. modal seluruhnya dimiliki oleh negara dari kekayaan negara yang dipisahkan. G. modal seluruhnya dimiliki oleh negara dari kekayaan negara yang dipisahkan. H. dipimpin oleh suatu direksi H. dipimpin oleh suatu direksi i. pegawainya adalah pegawai perusahaan negara. i. pegawainya adalah pegawai perusahaan negara. J. laporan tahunan perusahaan, disampaikan kepada pemerintah. J. laporan tahunan perusahaan, disampaikan kepada pemerintah.

18 3. PERSERO PERSERO, cirinya: PERSERO, cirinya: A. memupuk keuntungan A. memupuk keuntungan B. sebagai badan hukum perdata ( yang berbentuk PT) B. sebagai badan hukum perdata ( yang berbentuk PT) C. hubungan usahanya diatur menurut hukum perdata C. hubungan usahanya diatur menurut hukum perdata D. modal seluruh/sebagian merupakan kekayaan negara yang dipisahkan D. modal seluruh/sebagian merupakan kekayaan negara yang dipisahkan

19 Lanjutan E. Tidak memiliki fasilitas-fasilitas negara. E. Tidak memiliki fasilitas-fasilitas negara. F. Dipimpin oleh direksi. F. Dipimpin oleh direksi. G. pegawainya status sebagai perusahaan swasta biasa. G. pegawainya status sebagai perusahaan swasta biasa. H. Peranan pemerintah : sebagai pemegang saham. H. Peranan pemerintah : sebagai pemegang saham.

20 Perusahaan Daerah Adalah perusahaan yang didirikan dengan suatu Peraturan Daerah dalam mana modalnya untuk seluruhnya/ untuk sebagian merupakan kekayaan Daerah yang dipisahkan kecuali ditentukan lain dengan / berdasarkan UU. Adalah perusahaan yang didirikan dengan suatu Peraturan Daerah dalam mana modalnya untuk seluruhnya/ untuk sebagian merupakan kekayaan Daerah yang dipisahkan kecuali ditentukan lain dengan / berdasarkan UU.


Download ppt "MASALAH POKOK DALAM ORGANISASI PERUSAHAAN LAILI FAIZA ULFA, SE, MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google