Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ATIKA ERDYAH S IRFAN ADITYA MADE NURULITA MUHAMMAD RIANDI NINDIRA RADITYARA NINDITA FITRIANA THE IMMORTAL XI IIS 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ATIKA ERDYAH S IRFAN ADITYA MADE NURULITA MUHAMMAD RIANDI NINDIRA RADITYARA NINDITA FITRIANA THE IMMORTAL XI IIS 3."— Transcript presentasi:

1 ATIKA ERDYAH S IRFAN ADITYA MADE NURULITA MUHAMMAD RIANDI NINDIRA RADITYARA NINDITA FITRIANA THE IMMORTAL XI IIS 3

2 DARI KATA “RENAITE” (LATIN) YANG BERARTI “ HIDUP KEMBALI” ATAU “LAHIR KEMBALI” Renaissance

3 Pengertian Renaissance Renaissance adalah menyangukut kelahiran atau hidupnya kembali kebudayaan klasik Yunani dan Romawi dalam kehidupan masyarakat barat

4 Pengertian spesifik Periode sejarah dimana dalam semua aspek kehidupan manusia, seperti ilmu-ilmu pengetahuan, teknologi, seni dalam semua cabang, perkembangan system kepercayaan, perkembangan system politik, instutisional, bentuk-bentuk system kepercayaan yang baru dan lain-lain.

5 Pengertian Historis Suatu gerakan yang meliputi suatu zaman ketika seseorang merasa dirinya telah dilahirkan kembali dalam suatu beradaban.

6 KARYA SEJARAWAN PRANCIS BERNAMA JULES MICHELET PADA ABAD KE-19 YANG PERTAMA KALI MENGEMUKAKAN ISTILAH REINAISSANCE “History of France” HISTORY OF FRANCE MENEKANKAN BAHWA MASA ROMATIK ABAD PERTENGAH BUKANLAH SAMA SEKALI TIDAK BERGUNA BAGI PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN BARAT

7 Dalam History of France kata Renaissance digunakan untuk menyebut zaman setelah Abad Pertengahan. Menurut Jules Michelet, Abad Pertengahan ditandai oleh faktor Dogmatis, sedangkan manusia Renaissance ditandai oleh faktor Humanis

8 LATAR BELAKANG TIMBULNYA RENAISSANCE JIKA DILIHAT DARI BEBERAPA ASPEK ADALAH KONDISI SOSIAL, BUDAYA, POLITIK, DAN EKONOMI ABAD PERTENGAHAN.RENAISSANCE Latar belakang Munculnya Renaissance

9 Kondisi Sosial Saat itu kehidupan masyarakat Eropa sangat terikat pada doktrin gereja. Segala kegiatan kehidupan ditujukan untuk akhirat. Masyarakat kehilangan kebebasan untuk menentukan pribadinya, dan kehilangan harga dirinya. Kehidupan manusia tidak tenteram karena senantiasa diintip oleh intelijen gereja, sehingga menimbulkan sikap saling mencurigai dalam masyarakat.

10 Kondisi Budaya Terjadi pembatasan kebebasan seni dalam arti bahwa seni hanya tentang tokoh-tokoh Injil dan kehebatan gereja. Semua kreasi seni ditujukan kepada kehidupan akhirat sehingga budaya tidak berkembang. Demikian pula dalam bidang ilmu pengetahuan karena segala kebenaran hanya kebenaran gereja.

11 Kondisi Politik Raja yang secara teoritis merupakan pusat kekuasaan politik dalam negara, kenyataannya hanya menjadi juru damai. Kekuasaan politik ada pada kelompok bangsawan dan kelompok gereja. Keduanya memiliki pasukan militer yang sewaktu- waktu dapat digunakan untuk melancarkan ambisinya. Adakalanya kekuatan militer kaum bangsawan dan kaum gereja lebih kuat dari kekuatan militer milik raja.

12 Kondisi Ekonomi Berlaku sistem ekonomi tertutup, yang menguasai perekonomian hanya golongan penguasa.

13 Upaya-Upaya untuk Keluar dari Keadaan Tersebut

14  Kehidupan sosial masyarakat Eropa yang tidak lagi mau terbelenggu oleh ikatan gereja. Mereka memalingkan diri dari kehidupan akhirat kepada keduniaan sehingga pengaruh gereja merosot. Kehidupan materialistis semakin berkembang mendesak kehidupan keagamaan.

15  Masyarakat berlomba-lomba memasuki kawasan kota dagang dan kota industri, menjadi buruh dengan tujuan berusaha merubah kehidupan ekonomi ke arah yang lebih baik. Petani-petani yang pada Abad Pertengahan setia mengerjakan tanah para bangswan feodal, kini hilang berganti dengan golongan masyarakat baru yang disebut buruh pabrik.

16  Seiring dengan laju urbanisasi, berubah pula fungsi kota dari fungsi politis menjadi juga pusat perdagangan dan industri.

17  Munculnya kaum borjuis sebagai kelompok baru yang kaya dan mampu menyaingi kaum bangsawan. Kelompok borjuis yang menguasai perdagangan tidak suka pada kelompok bangsawan dan gereja, sehingga hanya mau membayar pajak kepada raja. Akhirnya raja kembali memegang kekuasaan politik tertinggi yang ditaati perintahnya oleh seluruh lapisan masyarakat.

18  Naskah-naskah ilmu pengetahuan Yunani dan Romawi Kuno dijumpai kembali oleh masyarakat Barat, dibawa oleh ilmuwan yang lari dari Konstantinopel ke Italia setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Turki.

19 Timbulnya kota-kota dagang yang makmur akibat perdagangan mengubah perasaan pesimistis (zaman Abad Pertengahan) menjadi optimistis. Hal ini juga menyebabkan dihapuskannya sistem stratifikasi sosial masyarakat agraris yang feodalistik. Maka kebebasan untuk melepaskan diri dari ikatan feodal menjadi masyarakat yang bebas. Termasuk kebebasan untuk melepaskan diri dari ikatan agama sehingga menemukan dirinya sendiri dan menjadi fokus pada kemajuan diri sendiri.

20 Antroposentrisme menjadi pandangan hidup dengan humanisme menjadi pegangan sehari-hari. Selain itu adanya dukungan dari keluarga saudagar kaya semakin menggelorakan semangat Renaissance sehingga menyebar ke seluruh Italia dan Eropa.

21 1. PENGARUH PADA MASA LALU 2. PENGARUH PADA MASA KINI 3. PENGARUH PADA BANGSA INDONESIA Dampak dari Zaman Renaissance

22 Dampak Pada Masa Lalu Kemunculan aliran pemikiran yang mementingkan kebebasan akal seperti aliran baru Eropa hingga abad ke 18 seperti Humanisme, rasionalisme, nasionalisme dan absolutisme berani mempersoalkan kepercayaan dan cara pemikiran lama yang diamalkan selama ini secara langsung melemahkan kekuasaan golongan feudal.

23 Itali telah menjadi pusat ilmu yang terkenal di Eropa pada abad ke 15. Hal ini terjadi apabila Kota constntinople dikuasai oleh Islam telah jatuh ke tangan orang Barat pada tahun Keadaan ini telah menyebabkan ramai para ilmuan Islam berhijrah ke pusat-pusat perdagangan di Itali. Ini menyebabkan Itali menjadi pusat intelektual terkenal di Eropa pada masa itu.

24 Renaissance telah membentuk masyarakat perdagangan yang berdaya maju.Keadaan ini telah melemahkan kedudukan dn kekuasaan golongan feudal yang sentiasa berusaha menyekat perkembangan ilmu dan masyarakat di Eropah.

25 Melahirkan tokoh-tokoh pemikir seperti Leonardo de Vinci yang terkenal sebagi pelukis, pemusik dan ahli falsafah serta jurutera. Michelangelo merupakan tokoh seni, arkitek, jurutera, penyair dan ahli anotomi. Melahirkan ahli-ahli sains terkenal seperti Copernicus dan Galileo.

26 Melahirkan ahli matematik seperti Tartaglia dan Cardan yang berusaha menghuraikan persamaan ganda tiga. Tartaglia orang pertama yang menggunakan konsep matematik dalam ketenteraan yaitu mengukur tembakan peluru mariam. Cardan terlibat dalam penghasilan ilmu algebra. Selain itu, Renaissance telah melahirkan tokoh- tokoh perubahan di Eropa. Antara tokoh perubahan terkenal iaitu William Harvey yang telah memberi sumbangan dalam kajian peredaran darah.

27 Renaissance telah melahirkan masyarakat yang lebih progresif dan wujud semangat inquiri sehingga membawa kepada aktiviti penjelajahan dan penerokaan.

28 Dampak Pada Masa Kini  Adanya perubahan dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan. Dimana terjadi pembagian dalam ilmu pengetahuanseperti ilmu lain mulai lepas dari ilmu agama dan falsaafahnya,misalnya ilmu sosial : ilmu bumi,ilmu sejarah dll. Begitu juga dengan ilmu eksak seperti ilmu alam.  Tumbuhnya kebebasan, kemerdekaan, dan kemandirian individu

29 Renaissance telah melahirkan tokoh-tokoh perubahan di Eropa. Antara lain tokoh perubahan terkenal itu adalah William Harvey yang telah memberi sumbangan dalam kajian peredaran darah. Renaissance telah melahirkan masyarakat yang lebih progresif dan wujud semangat mandiri sehingga membawa kepada aktivitis penjelajahan dan kemajuan

30 Dampak Bagi Bangsa Indonesia Secara tidak langsung Indonesia merasakan dampaknya karena bangunan yang dibangun oleh bangsa Portugis dan Belanda memiliki gaya Eropa klasik. Selain itu mereka juga menyebarkan seni rupa modern di Indonesia


Download ppt "ATIKA ERDYAH S IRFAN ADITYA MADE NURULITA MUHAMMAD RIANDI NINDIRA RADITYARA NINDITA FITRIANA THE IMMORTAL XI IIS 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google