Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Paket pada GNU/Linux. Sistem Manajemen Paket pada Linux Sebuah package manager (package management system atau sistem manajemen paket) adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Paket pada GNU/Linux. Sistem Manajemen Paket pada Linux Sebuah package manager (package management system atau sistem manajemen paket) adalah."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Paket pada GNU/Linux

2 Sistem Manajemen Paket pada Linux Sebuah package manager (package management system atau sistem manajemen paket) adalah kumpulan perangkat untuk mengotomatisasi proses instalasi, upgrade (perbaikan), konfigurasi, atau menghapus paket perangkat lunak dari sebuah komputer menggunakan cara tertentu. Package manager biasanya menangani basis data dari ketergantungan perangkat lunak dan informasi versi untuk mencegah ketidakcocokan perangkat lunak dan kekurangan prasyarat perangkat lunak. Linux dan sistem Unix lainnya biasanya mengelola ribuan paket berlainan. Paket adalah perangkat lunak berikut metadatanya seperti nama lengkap perangkat lunak yang bersangkutan, keterangan mengenai kegunaannya, nomor versi, pemasok (vendor), checksum, dan daftar dependensi yang diperlukan untuk menjalankan perangkat lunak tersebut dengan benar. Setelah instalasi, metadata disimpan dalam database paket lokal. Sebuah sistem manajemen paket menyediakan metode instalasi perangkat lunak yang konsisten, dirancang untuk memiliki teknologi yang memudahkan dalam instalasi manual dan update.

3 Sistem Manajemen Paket pada Linux Ada beberapa sistem manajemen paket yang tersedia di GNU/Linux. Sebagian besar distribusi yang beredar memiliki sistem tersendiri dalam manajemen paketnya, beberapa diantaranya adalah yang sudah sangat populer sebagai berikut: Debian Package Management System, paketnya berformat.deb (paket debian). Sistem toolnya adalah dpkg dan dikembangkan pula sistem manajemen paket yang sangat memudahkan end user yakni APT (Advanced Packaging Tool). Teknologi sistem APT ini banyak di adopsi ke distribusi GNU/Linux lain, karena kemudahan dan kemampuannya yang teruji powerfull.

4 Sistem Manajemen Paket pada Linux Redhat Package Manager (RPM). Format rpm ini dikembangkan oleh distribusi Redhat Linux. Umumnya rpm ini digunakan di distribusi linux turunan Redhat, didistribusi turunan Redhat yang menggunakan rpm sebagai format paketnya semacam Fedora, Centos, Mandriva dan masih banyak lainnya. Teknologi APT juga sudah diterapkan, walaupun ada perbedaan. Di Fedora ada yum, di OpenSuse ada zypper dan di Mandriva ada urpmi.

5 Sistem Manajemen Paket pada Linux Kemudian di Slackware dan turunannya biasanya menggunakan format tar.gz (.tgz) untuk paket-paketnya dan menggunakan tool pkgtool untuk manajemen paketnya. Pkgtool merupakan salah satu sistem managemen paket tertua yang masih ada dan dipertahankan. Pada saat ini, di slackware telah disertakan sistem manajemen paket slackpkg memiliki kemampuan seperti APT, bahkan di Vector Linux telah mengadopsi APT dengan toolnya slapt-get. Tentunya masih banyak lagi semacam Pacman, PISI di Pardus linux, Portage di Gentoo Linux dan lainnya.

6 Dependensi

7  Dependency (dependensi) bisa diartikan ketergantungan. Di Linux, dependensi berarti paket lain yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah paket.  Misalnya, paket d memiliki dependensi terhadap paket a, paket b, dan paket c. Paket d akan berjalan dengan baik jika kita menginstall paket a, paket b, dan paket c. Ketiga paket tersebut harus diinstall agar paket d berfungsi baik dan maksimal. Dependensi

8 Remove dan Purge

9  remove berarti meremove file yang bersangkutan tetapi tetap menyimpan file konfigurasi (dan beberapa log tentang file atau program tersebut).  Sedangkan purge berarti menghapus semua yang berhubungan dengan aplikasi yang akan dihapus.

10 Install Paket Ada berbagai macam perintah untuk install paket, diantaranya : aptitude apt Biasa ditemukan di OS Debian dan turunanya. dpkg yum Biasa ditemukan di OS Fedora dll

11 Install Paket dengan “aptitude” Kali ini saya akan meng-install “FileZilla”. FileZilla adalah aplikasi Transfer Data gratis (FTP) yang digunakan untuk memindahkan data/file dari komputer lokal ke server/hosting.. Dapat dilihat, disana belum terdapat aplikasi FileZilla.

12 Install Paket dengan “aptitude” Sekarang saya akan mulai install FileZilla dengan perintah “ aptitude install ”. Kita dapat lihat disana (yang digaris bawahi) terdapat Paket Baru yang akan diinstall, ketik “ Y ” untuk melanjutkan alias menginstallnya. Jika paket itu tidak di install maka proses install FileZilla akan gagal.

13 Install Paket dengan “aptitude” Ini adalah proses install FileZilla, tunggu hingga selesai.

14 Install Paket dengan “aptitude” Install sudah selesai, lihat di Applications => Internet

15 Menghapus paket dengan “aptitude” Menghapus FileZilla dengan perintah “ aptitude purge ” Do you want to countinue? [Y/n/?]. Ketik “ Y ” untuk melanjutkan.

16 Menghapus paket dengan “aptitude” Proses membersihkan FileZilla. Tunggu hingga selesai.

17 Menghapus paket dengan “aptitude” Sudah berhasil terhapus.

18 Menghapus paket dengan “aptitude” Menghapus FileZilla dengan perintah “ aptitude remove ” Do you want to countinue? [Y/n/?]. Ketik “ Y ” untuk melanjutkan.

19 Menghapus paket dengan “aptitude” Proses membersihkan FileZilla. Tunggu hingga selesai.

20 Menghapus paket dengan “aptitude” Sudah berhasil terhapus.

21 Penggunaan aptitude yang lainnya aptitude search nama_paket Perintah ini berfungsi untuk mencari nama paket yang akan di install ke dalam sistem. aptitude show nama_paket Informasi paket yang akan diinstalasi dapat diketahui secara detil seperti versi, depedensi, deskripsi hingga versi paket.

22 Penggunaan aptitude yang lainnya man aptitude Mengetahui informasi tentang aptitude

23 Install Paket dengan “apt” Berikutnya saya masih akan menginstall FileZilla, namun dengan perintah “ apt-get install ”

24 Install Paket dengan “apt” Sekarang saya akan mulai install FileZilla dengan perintah “ apt-get install ”. Kita dapat lihat disana (yang digaris bawahi) terdapat Paket Baru yang akan diinstall, ketik “ Y ” untuk melanjutkan alias menginstallnya. Jika paket itu tidak di install maka proses install FileZilla akan gagal.

25 Install Paket dengan “apt” Proses install, tunggu hingga selesai.

26 Install Paket dengan “apt” Install sudah selesai, lihat di Applications => Internet

27 Menghapus paket dengan “apt” Menghapus FileZilla dengan perintah “ apt-get purge ” Do you want to continue [Y/n] ?, ketik “ Y ” untuk melanjutkan.

28 Menghapus paket dengan “apt” Proses membersihkan FileZilla. Tunggu hingga selesai. Telah dibersihkan

29 Menghapus paket dengan “apt” Menghapus FileZilla dengan perintah “ apt-get remove ” Do you want to continue [Y/n] ?, ketik “ Y ” untuk melanjutkan.

30 Menghapus paket dengan “apt” Proses membersihkan FileZilla. Tunggu hingga selesai. Telah dibersihkan

31 Penggunaan apt yang lainnya apt-cache search nama_paket Mencari program yang akan di install beserta deskripsinya. apt-cache policy nama_paket Perintah ini berfungsi untuk melihat versi packages yang akan di install dan prioritasnya

32 Penggunaan apt yang lainnya apt-cache show nama_paket Perintah ini akan menampilkan semua informasi dari package yang akan diinstall, mulai dari nama package, prioritas, versi, arsitektur, sampai besar file.

33 Penggunaan apt yang lainnya apt-cache showpkg nama_paket Perintah ini akan menampilkan dependencies yang dibutuhkan oleh sebuah package.

34 Install paket dengan dpkg Pertama download terlebih dahulu Google Chrome.

35 Install paket dengan dpkg Mulai install dengan perintah “ dpkg –i "

36 Install paket dengan dpkg Telah terinstall

37 Menghapus paket dengan dpkg Menghapus FileZilla dengan “ dpkg --purge ”

38 Menghapus paket dengan dpkg Proses penghapusan. Tunggu hingga selesai.

39 Menghapus paket dengan dpkg Telah terhapus.

40 Menghapus paket dengan dpkg Proses penghapusan. Tunggu hingga selesai. Menghapus FileZilla dengan “ dpkg -r ”

41 Menghapus paket dengan dpkg Telah terhapus.

42 Penggunaan dpkg yang lainnya dpkg –s nama_paket Perintah ini berfungsi untuk melihat status paket, versi, dependensi, homepage, dan yang lainnya tentang paket yang di install.

43 Penggunaan dpkg yang lainnya dpkg –L nama_paket Perintah ini berfungsi untuk melihat “dimana paket yang di install di letakkan”.

44 Penggunaan dpkg yang lainnya dpkg –p nama_paket Perintah ini berfungsi untuk melihat informasi tentang paket yang di install.

45 Kesimpulan Install dan Hapus Aplikasi

46  Setelah praktek install dan menghapus aplikasi telah dilakukan, saya menyimpulkan bahwa :  Terdapat perbedaan di antara 3 perintah install.  Terdapat perbedaan penulisan Dependensi  Terdapat perbedaan menghapus menggunakan remove dan purge

47 Kesimpulan Install dan Hapus Aplikasi Perbedaan Perintah install Aplikasi 1.apt (tidak cocok untuk install aplikasi berextensi) 2.aptitude (tidak cocok untuk install aplikasi berextensi)

48 Kesimpulan Install dan Hapus Aplikasi 3. dpkg (tidak cocok untuk install aplikasi tak berextensi)

49 Kesimpulan Install dan Hapus Aplikasi Perbedaan penulisan Dependensi dari Perintah Install apt, aptitude, dan dpkg 1.Apt

50 Kesimpulan Install dan Hapus Aplikasi 2. aptitude

51 Kesimpulan Install dan Hapus Aplikasi 3. dpkg

52 Kesimpulan Install dan Hapus Aplikasi remove purge

53


Download ppt "Manajemen Paket pada GNU/Linux. Sistem Manajemen Paket pada Linux Sebuah package manager (package management system atau sistem manajemen paket) adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google