Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIM_91 SIM Definisi sim: Sim didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIM_91 SIM Definisi sim: Sim didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang."— Transcript presentasi:

1 SIM_91 SIM Definisi sim: Sim didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal- perusahaan atau subunit dibawahnya.

2 SIM_92 KONSEP SUBSISTEM INFORMASI ORGANISASI. Ketika perusahaan semakin berpengalaman dalam menerapkan rancangan sim yang mencakup seluruh perusahaan, manajer di area-area tertentu mulai menerapkan konsep sesuai kebutuhan mereka.

3 SIM_93 MODEL SIM MEMILIKI DUA JENIS 1.Perangkat lunak yang menghasilkan informasi-penulis laporan 2.Pembuat model matematik. 1.PERANGKAT LUNAK PENULIS LAPORAN MENGHASILKAN: A LAPORAN PERIODEK B.Laporan khusus. Yang membedakannya adalah cara terpicunya.

4 SIM_94 A LAPORAN PERIODIK DISIAPKAN SESUAI JADWAL TERTENTU. Contoh : Analisis penjualan bulanan menurut pelanggan. B.Laporan khusus disiapkan bila sesuatu yang luar biasa terjadi. Contoh : Laporan kecelakaan.

5 SIM_95 Isi dari laporan periodik dan khusus dapat ditingkatkan dengan menyatukan konsep management by exception. Management by exception dapat disatukan ke dalam laporan melalui 4 cara yaitu :

6 SIM_96 1.Menyiapkan laporan hanya jika terjadi perkecualian. Contoh : Jika terjadi pegawai yang kerja lembur, maka laporan tersebut baru dicetak. 2.Menggunakan urutan laporan untuk menyoroti perkecualian Contoh : Laporan catatan penjualan pelanggan dapat diurutkan menjadi urutan menurun berdasarkan jumlah penjualan bulan ini.

7 SIM_97 3.Mengelompokkan perkecualian bersama-sama. Laporan yang dirancang sehingga manajer dapat mencari perkecualian pada area – area tertentu. Contoh : Membuat laporan umur piutang dalam beberapa kolom. NAMA30 – 6060 – SARI10000 JACK20000

8 SIM_98 4.Menunjukkan varians dari normal kegiatan actual dibandingkan dengan rencana / target kegiatan dan perbedaannya ditampilkan sebagai varians. Contoh laporan penjualan per sales.

9 SIM_99 Sim awal menghasilkan laporan hanya dalam bentuk tercetak, atau hardcopy. Popularitas terminal dan wokrstation dengan cathode ray tube (crt) memberikan pilihan dalam menampilkan isi laporan. Tampilan layar lebih disukai karena kecepatan dan warnanya. Bila pemakai ingin salinan permanen dari tampilan, laporan hardcopy dpt dicetak.

10 SIM_910 2.Jenis kedua perangkat lunak model matematika. Model adalah penyederhanaan dari sesuatu;model menggambarkan suatu objek atau suatu kegiatan. Model matematika dapat dikelompokkan dalam tiga dimensi : 1. Pengaruh waktu 2. Tingkat keyakinan 3. Kemampuan mencapai optimasi.

11 SIM_911 Model statis dan dinamis Model statis tidak menyertakan waktu sebagai variabel. Contoh : Suatu foto Model statis model yang menyertakan waktu. Menggambarkan entitas dari waktu ke waktu. Contoh : Suatu film

12 SIM_912 Model Probabilistik atau Deterministik Probabilita adalah peluang terjadinya sesuatu. Model yang mencakup probabilita (tak tentu) disebut model probabilistik. Model yang sebaliknya model determenistik.

13 SIM_913 Model optimasi atau suboptimasi. Model optimasi adalah model yang memilih solusi terbaik dari berbagai alternatif. Model sub optimasi memungkinkan manajer memasukkan serangkaian keputusan dan model akan memproyeksikan hasilnya.

14 SIM_914 SIM DAN PEMECAHAN MASALAH : Sim dan subsistem-subsistem organissi berkontribusi pada pemecahan masalah dalam dua cara : sumber daya informasi seorganisasi. Sim adalah suatu usaha seorganisasi untuk menyediakan informasi pemecahan masalah.

15 SIM_915 Identifikasi dan pemahaman masalah. Ide utama di balik sim adalah menjaga agar pasokan informasi terus mengalir ke manajer. Manajer menggunakan sim terutama untuk menandai masalah atau mendekati masalah, kemudian memahaminya dengan menentukan lokasi dan penyebabnya,


Download ppt "SIM_91 SIM Definisi sim: Sim didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google