Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan ke-6. Citra (image) adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan ke-6. Citra (image) adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan ke-6

2 Citra (image) adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus (continue) dari intensitas cahaya pada bidang dwimatra. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut.

3 Pantulan cahaya ini ditangkap oleh oleh alat-alat optik, misalnya mata pada manusia, kamera, pemindai, dan sebagainya, sehingga bayangan objek yang disebut citra tersebut terekam. Citra sebagai keluaran dari suatu sistem perekaman data dapat bersifat [MUR92]: 1. optik berupa foto. 2. analog berupa sinyal video seperti gambar pada monitor televisi 3. digital yang dapat langsung disimpan pada suatu pita magnetik. Citra yang dimaksudkan di dalam keseluruhan isi buku ini adalah "citra diam" (still images).

4 Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video digital pada dasarnya tersusun atas serangkaian frame yang ditampilkan dengan kecepatan tertentu (frame / detik).

5 Untuk mendigitalkan dan menyimpan klip video full- motion selama 10 menit ke dalam komputer, harus mentransfer data dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat. Untuk mereproduksi satu frame dari komponen video digital 24 bit, diperlukan data komputer 1 MB. Video tidak terkompresi dengan layar pernuh selama 30 detik akan memenuhi harddisk bermuatan gigabyte.

6 Di dalam video ada 2 hal yang dapat dikompresi yaitu frame (image) dan audionya. Proses kompresi file menyebabkan kualitas dari file video tersebut mengalami penurunan kualitas di berbagai frame yang ada, seperti timbulnya noise pada bagian bagian tertentu, frame yang hilang dan juga kualitas warna gambar yang berbeda dengan versi asli nya, hal itu disebabkan karena adanya perubahan data ataupun data yang hilang karena proses kompresi data yang dilakukan pada file yang asli.

7 Pada format berkas (file) terdapat : RAW, BMP, PNG, JPEG, JPEG2000, AVI, MPEG, MJPEG, MJPEG2000).

8  RAW secara arti tradisional baku, berarti sesuatu yang belum diolah, mentah, dan dalam kondisi alami.  BMP merupakan file gambar yang tidak terkompresi. Dan karena itu ukuran file BMP biasanya besar. File berukuran besar tidak tepat untuk transfer di internet karena akan memenuhi bandwidth dan menjadi lambat.

9  JPEG (Joint Photographic Expert Group) Merupakan teknik dan standar universal untuk kompresi dan dekompresi citra tidak bergerak untuk digunakan pada kamera digital dan system pencitraan menggunakan komputer yang dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Group.  PNG (Portable Network Graphics) adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut.

10  MPEG adalah format kompresi yang distandarisasi oleh moving picture experts group yang terbentuk oleh 350 perusahaan dan organisasi. ukuran format MPEG lebih kecil dari ukuran format AVI.

11  AVI (Audio Video Interleave) merupakan format berkas video buatan Microsoft.  Format ini merupakan salah satu format video tertua yang diperkenalkan Microsoft sejak dirilisnya Windows.  Sebagian besar camcorder (baik itu analog maupun digital) menjadikan format ini sebagai format baku saat capture video.

12  Pada MJPEG merupakan proses yang sama dan menambahkan hal-hal lain dalam streaming setiap gambar atau frame bersama. Hasil akhirnya menyebabkan penggunaan CPU yang lebih rendah dibandingkan format lain, namun ukuran file yang lebih tinggi yang mengarah ke peningkatan bandwidth yang diperlukan untuk streaming.  MJPEG (Motion JPEG 2000) adalah format file untuk urutan gerak JPEG 2000 gambar dan audio yang berkaitan.


Download ppt "Pertemuan ke-6. Citra (image) adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google