Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH LATIHAN KETEPATAN MELEMPAR BOLA KASTI DARI BAWAH TERHADAP KETERAMPILAN SERVISE PANJANG BULUTANGKIS Oleh : TOFIK TRIANTARA 10604224017 PGSD PENJAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH LATIHAN KETEPATAN MELEMPAR BOLA KASTI DARI BAWAH TERHADAP KETERAMPILAN SERVISE PANJANG BULUTANGKIS Oleh : TOFIK TRIANTARA 10604224017 PGSD PENJAS."— Transcript presentasi:

1 PENGARUH LATIHAN KETEPATAN MELEMPAR BOLA KASTI DARI BAWAH TERHADAP KETERAMPILAN SERVISE PANJANG BULUTANGKIS Oleh : TOFIK TRIANTARA PGSD PENJAS FIK UNY 2010

2 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG MASALAH Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang perlu mendapat perhatian, pembinaan, dan pengembangan serta peningkatan prestasi. Pukulan servis (service) merupakan pukulan pertama yang mengawali suatu permainan bulutangkis. Pukulan ini boleh dilakukan baik dengan forehand maupun dengan backhand.

3 B. Identifikasi Masalah 1.Belum semua siswa khususnya kelas IV, V dan VI tertarik mengikuti ekstrakurikuler olahraga bulutangkis. 2.Belum diketahuinya melempar bola pada siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SD Muhamadiyah Jogodayoh 3.Belum diketahuinya dalam kaitannya dengan ketepatan melempar bola peserta ekstrakurikuler bulutangkis SD Muhamadiyah Jogodayoh 4.Belum diketahuinya hubungan antara ketepatan melempar bola kasti dari bawah dengan kemampuan servis panjang pada permainan bulutangkis peserta ekstrakurikuler bulutangkis SD Muhamadiyah Jogodayoh.

4 C. Batasan Masalah Ketepatan melempar bola kasti dan kemampuan servis panjang pada permainan bulutangkis peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SD Muhamadiyah Jogodayoh. D. Rumusan Masalah “Adakah hubungan yang signitif antara ketepatan melempar bola kasti dari bawah dan kemampuan servis panjang pada permainan bulutangkis peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SD Muhamadiyah Jogodayoh ?”

5 E. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui hubungan antara ketepatan melempar bola kasti dari bawah dengan kemampuan servis panjang pada permainan bulutangkis peserta ekstrakurikuler bululangkis di SD Muhamadiyah Jogodayoh. F. Manfaat Penelitian 1.Manfaat teoritis Dapat memberikan masukan tentang hubungan antara ketepatan melempar bola kasti dari bawah dengan servis panjang bagi guru penjas dan para pelatih khususnya dalam permainan bulutangkis, sehingga dapat dijadikan referensi bagi pengembangan pendidikan jasmani. 2. Manfaat Praktis a.Sebagai dasar dan bahan pertimbangan bagi Pembina dan olahragawan dalam usaha peningkatan prestasi bulutangkis. b.Sebagai bahan pertimbangan bagi pelatih untuk memilih olahragawan bulutangkis yang baik. c.Akan didapatkan suatu masukan mengenai hubungan antara ketepatan melempar bola kasti dari bawah dan kemampuan servis panjang pada permainan bulutangkis.

6 BAB II KAJIAN PUSTAKA A.KAJIAN PUSTAKA 1.Tinjauan Tentang Ketepatan Melempar Bola Kasti Beberapa teknik dalam permainan bola kasti antaralain seperti, melabungkan bola kedepan,langkah- langkahnya adalah sebagai berikut: (1) Berdiri dengan kaki kiri didepan. (2) Tangan kanan memegang bola.(3)Tangan kanan yang memegang bola lurus berada di samping paha.(4)Posisi bola terletak pada pangkal jari-jari dan telapak tangan membuat cekungan. (5) Selanjutnya tarik tangan kanan lurus kebelakang.(6)Tekuk kedua lutut dan berada condong kedepan (badan tidak membungkuk).(7) Ayunkan tangan yang memegang bola kearah depan bola, langkahkan kaki kanan dan luruskan lutut kiri.

7 Dalam buku yang disusun oleh Sunardianta, dkk (1994 : 18) menjelaskan bahwa intrumen dan pedoman pelaksanaan tes melempar bola adalah : 1.Lapangan Ketepatan melempar bola kasti dapat ditentukan oleh daya eksplosif, ketepatan melempar bola, dan kelentukan melempar bola maka dari itu lapangan tes melempar bola dengan ukuran panjang lapangan 11 meter, lebar 2 meter, pada jarak 6 meter pada garis panjang dipasang pancang setinggi 2 meter pada kedua sisi panjang yang dibagi menjadi dua yaitu 1,25 meter bagian bawah dan 0.75 meter bagian atas. Dalam penelitian ini. Sedangkan luas lapangan sesuai dengan sumber pustaka ini.

8 2. Peralatan Untuk melakukan tes melempar bola kasti diperlukan peralatan berupa bola rounders / kasti sebanyak 10 biji, peluit, alat pencatat skor, pancang setinggi 2 meter lebih sebanyak 2 buah, tali rafia dan kapur secukupnya 3. Petugas Pemberi aba-aba, penghitung dan pencatat hasil 4. Pelaksanaan Testee berdiri di belakang garis melakukan lemparan dari bawah dan bola harus melewati daerah sasaran dan masuk kedalam sasaran yang sudah ditentukan, sebanyak sepuluh kali kesempatan melempar bola. 5. Penyekoran Testee memperoleh skor satu jika lemparan benar dan skor nol jika lemparan salah.

9 Yang harus dikuasai oleh para pemain antara lain : 1.Cara memegang raket Di dalam permainan bulutangkis ada beberapa macam cara memegang raket, ialah : Pegangan American Grip pegangan Forehand Grip Pegangan Backhand Grip Pegangan Combination Grip Dalam bulutangkis ada bermacam-macam jenis pukulan yang sering digunakan, jenis-jenis pukulan tersebut adalah : 1.Pukulan Servis 2.Pukulan Overhead : Fore Hand dan Back Hand 3.Pukulan Clear : Tinggi dan Panjang 4.Pukulan Drop : Rendah dan Pelan 5.Pukulan Smash : Cepat dan Tajam 6.Pukulan Drive : Datar dan Menyamping

10 BAB III METODE PENELITIAN A.Desain Penelitian Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode survei yang pengambilan datanya dilakukan dengan tes pengukuran B.Tempat dan Waktu Penelitian 1.Tempat Penelitian Gedung Bulutangkis belakang SD Muhamadiyah Jogodayoh. 2. Waktu Kegiatan 28 Januari 2013 C. Definisi Operasional Variabel 1.Ketepatan melempar bola kasti dari bawah adalah nilai hasil ketepatan lemparan pada target yang telah ditentukan, baik jarak lempar maupun letak sasarannya yang diukur dengan ketepatan melakukan lemparan bola sebanyak 10 kali. 2.Kemampuan servis panjang adalah nilai hasil ketepatan memukul shutle cock ke arah sasaran tertentu dengan teknik servis panjang, yang diukur dengan ketepatan melakukan servis bawah sebanyak 20 kali.

11 D. Subyek Penelitian SD Muhamadiyah Jogodayoh sebanyak 32 siswa putra yang kesemuanya akan dijadikan subyek penelitian. E. Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian 1.Metode Pengumpulan Data Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode survey, dan tes untuk mengetahui ketepatan melempar bola dari bawah dan kemampuan siswa dalam melakukan kemampuan servis panjang. 2. Instrumen Penelitian Ketepatan Melempar Bola Kasti Kemampuan servis panjang Pada Permainan Bulutangkis B A net Lapangan Tes Servis Panjang (Sumber : Nurhasan, 2001 : 182)


Download ppt "PENGARUH LATIHAN KETEPATAN MELEMPAR BOLA KASTI DARI BAWAH TERHADAP KETERAMPILAN SERVISE PANJANG BULUTANGKIS Oleh : TOFIK TRIANTARA 10604224017 PGSD PENJAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google